Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Cara Mencegah Bekas Cacar Air agar Kulit Tetap Cantik

    Cara Mencegah Bekas Cacar Air agar Kulit Tetap Cantik

    Selain rasa gatal, masalah lain yang harus dihadapi saat sakit cacar air yaitu bekas luka pada kulit. Bekas luka tersebut sering kali mengurangi kepercayaan diri pengidapnya ketika berada di depan umum. Lantas, bagaimana cara mencegah bekas cacar air?

    Cara mencegah bekas cacar air

    menggaruk cacar air

    Cacar air atau varicella adalah penyakit infeksi virus varicella-zoster, yang menyebabkan sekujur tubuh dipenuhi dengan lenting berisi air. Lenting ini mirip jerawat atau gigitan serangga.

    Biasanya, lenting akan muncul dalam 2 sampai 4 hari setelah Anda terinfeksi. Kemudian, lenting akan melepuh, meninggalkan luka, mengering, dan membuat kulit keropeng.

    Banyak cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas cacar air. Namun, tidak semua cara yang mudah akan ampuh.

    Pada beberapa kasus, Anda perlu mengikuti prosedur kecantikan yang memakan biaya mahal. Jadi, tindakan pencegahan merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

    Berikut sejumlah cara mencegah munculnya bekas cacar air.

    1. Tidak menggaruk lenting cacar air

    Bukan hanya cacar air, kulit gatal yang disebakan oleh penyakit apa pun sebaiknya tidak digaruk. Pasalnya, menggaruk bisa memperburuk kondisi kulit Anda.

    Saat Anda terkena cacar air, kulit yang melenting ini sangat tipis. Sedikit saja gesekan dari kuku akan merobek kulit dan lenting bisa pecah.

    Pada anak-anak yang sulit untuk menahan keinginan menggaruk, Anda bisa memanfaatkan sarung tangan. Dengan begitu, risiko lenting pecah setidaknya akan berkurang.

    2. Jaga kebersihan kuku dan tubuh

    Jaga kuku tetap pendek supaya tidak melukai lenting. Anda juga harus selalu memastikan tangan selalu dalam keadaan bersih.

    Anda mungkin sering mendengar bahwa orang yang cacar tidak boleh mandi. Sebenarnya, pantangan tersebut salah karena tidak mandi akan menumpuk keringat dan kotoran pada kulit.

    Hal ini bisa meningkatkan rasa gatal pada kulit Anda. Jadi, Anda tetap harus mandi meskipun kulit dipenuhi lenting.

    Hanya saja, Anda perlu berhati-hati saat membersihkan kulit dengan sabun. Hindari gerakan menggosok kulit dengan sabun. Lebih baik Anda mengusapnya perlahan supaya lenting tidak pecah.

    Salah satu cara alami untuk mengurangi rasa gatal yaitu mandi dengan campuran air hangat dan oatmeal koloid. Kemudian, bilas dengan air bersih mengalir dan keringkan tubuh dengan handuk yang lembut.

    3. Gunakan pakaian yang tepat

    Lenting cacar air bisa pecah karena gesekan dan tekanan. Selain tidak menggaruk, Anda juga harus memperhatikan pilihan pakaian untuk mencegah pecahnya lenting cacar.

    Hindari memakai pakaian yang ketat, berbahan kasar, atau menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak. Pakaian-pakaian tersebut meningkatkan risiko lenting pecah dan gatal.

    Sebaiknya, pilih model pakaian yang berkancing sehingga lebih mudah untuk dilepaskan. Pada kondisi seperti ini, baju tidur biasanya merupakan pilihan terbaik.

    Apa yang harus dilakukan saat gatal?

    Losion untuk gatal

    Gatal yang disebabkan oleh cacar air sering kali memunculkan perasaan untuk menggaruk. Ketika digaruk, lenting akan pecah dan berubah menjadi keropeng.

    Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal saat cacar.

    2. Mengoleskan losion calamine

    Losion calamine mengandung zinc oxide yang menenangkan kulit dari rasa gatal. Saat pemakaian, gunakan jari tangan yang bersih atau cotton bud untuk mengolesnya.

    Namun, hindari penggunaan losion ini pada lenting cacar di sekitar mata. Ini karena mata yang terkena calamine berisiko mengalami iritasi.

    3. Pakai losion aloe vera

    Sensasi dingin dari losion lidah buaya bisa meringankan rasa gatal. Oleskan losion setelah Anda mandi atau sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal.

    4. Minum obat pereda gatal

    Selain obat oles, ada juga obat minum yang bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal. Biasanya, obat ini mengandung antihistamin dan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

    Meskipun begitu, pastikan Anda mengonsumsi obat sesuai rekomendasi dokter. Hal ini berguna untuk mencegah reaksi alergi saat minum obat.

    Jika gatal yang Anda rasakan tak kunjung hilang, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, nantinya dokter akan memberikan penanganan yang sesuai kondisi Anda.

    Bagaimana jika cacar air terlanjur meninggalkan bekas?

    Ketika cacar air terlanjur meninggalkan bekas, Anda bisa menghilangkannya dengan:
    • mengoleskan krim retinol,
    • melakukan eksfoliasi,
    • menggunakan krim penghilang luka,
    • filler,
    • microneedling,
    • mikrodermabrasi, atau
    • terapi laser.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Varicella (Chickenpox): Question and Answers. (2022). Retrieved 7 September 2022, from https://www.immunize.org/catg.d/p4202.pdf

    Acne scars: What’s the best treatment?. (2022). Retrieved 7 September 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/expert-answers/acne-scars/faq-20058101

    Discovery, W. (2022). Ways to prevent and treat scars that actually work. Retrieved 7 September 2022, from https://health.osu.edu/health/skin-and-body/ways-to-prevent-and-treat-scars-that-actually-work

    Scars: Diagnosis and treatment. (2022). Retrieved 7 September 2022, from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/scars-treatment

    Pour Mohammad, A., & Ghassemi, M. (2021). Varicella-Zoster Scar Treatments: A Tertiary Review. Medical Journal Of The Islamic Republic Of Iran. doi: 10.47176/mjiri.35.136

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Bayu Galih Permana Diperbarui 3 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
    Next article: