Serba-serbi Lipase, Enzim yang Penting bagi Pencernaan

    Serba-serbi Lipase, Enzim yang Penting bagi Pencernaan

    Enzim pada organ pencernaan berperan penting dalam memecah makanan yang Anda konsumsi. Dengan begitu, nutrisi di dalam makanan bisa diserap oleh saluran pencernaan. Salah satu enzim yang memainkan fungsi penting yaitu enzim lipase.

    Apa itu enzim lipase?

    enzim lipase

    Lipase adalah enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas untuk memecah makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, tubuh dapat mencerna nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan tersebut.

    Sementara itu, pankreas merupakan organ pencernaan yang terletak jauh di dalam rongga perut, bawah organ hati, dan antara perut serta tulang belakang.

    Bagian kepala pankreas terhubung ke duodenum atau bagian pertama dari usus kecil. Pankreas memiliki saluran kecil yang memasok enzim lipase yang diangkut melalui saluran pankreas dan masuk ke bagian pertama dari usus kecil.

    Dari sini, enzim lipase menjalankan fungsi berupa membantu memecah trigliserida makanan menjadi asam lemak. Hal ini yang membuat lipase berperan penting dalam proses pencernaan.

    Fungsi enzim lipase

    hormon yang membuat sistem pencernaan bahagia

    Mengingat enzim lipase memiliki fungsi penting terhadap organ pencernaan, kenali dahulu apa saja peranan dari enzim pencernaan ini untuk tubuh.

    1. Membantu mengatur reaksi kimia

    Salah satu fungsi enzim lipase yang tak boleh terlewatkan yaitu membantu mengatur reaksi kimia tubuh dalam proses metabolisme.

    Reaksi kimia tubuh memang terjadi secara natural, tetapi prosesnya cukup lambat. Untungnya, enzim lipase membantu reaksi kimia agar lebih cepat dan efektif.

    Selanjutnya, lipase membantu memastikan bahwa proses ini terjadi hanya ketika tubuh memerlukannya. Dengan begitu tubuh tidak akan menghabiskan energi yang tidak diperlukan dan tidak perlu terjadi pada waktu tertentu.

    2. Mencerna nutrisi

    Selain membantu reaksi kimia, enzim lipase memiliki peranan penting dalam mencerna nutrisi makanan yang Anda konsumsi.

    Pada saat Anda konsumsi makanan berlemak, lemak akan melewati perut yang tidak tercerna menuju ke usus kecil. Nantinya, lipase pankreas akan memecah lemak menjadi partikel kecil di usus kecil.

    Hal ini membuat partikel tersebut melewati dinding usus dan masuk ke saluran limfatik. Pada akhirnya, pecahan nutrisi tersebut masuk ke aliran darah Anda.

    3. Membawa kolesterol

    Fungsi enzim lipase lainnya yang tak kalah penting yaitu membantu memindahkan kolesterol menuju ke aliran darah.

    Namun, lipase yang dimaksud yaitu lecithin cholesterol acyltransferase (LCAT). Jenis enzim pencernaan ini menggabungkan kolesterol dengan asam lemak.

    Kedua jenis lemak ini kemudian dikemas menjadi partikel pengangkut seperti LDL dan HDL. Lalu, enzim akan memindahkan masing-masing kolesterol tersebut, baik menuju atau menjauh dari sel.

    4. Menghasilkan ASI yang bisa dicerna bayi

    Lipase merupakan enzim yang diperlukan bayi lahir untuk mencerna dan menggunakan lemak pada ASI sepenuhnya. Pasalnya, enzim ini memecah lemak susu dan memisahkannya menjadi asam lemak bebas dan gliserol.

    Fungsi enzim lipase ini terjadi karena lipase menghasilkan ASI dengan asam lemak bebas untuk bayi baru lahir. Proses ini akan berlangsung sampai pankreas mereka cukup matang hingga menghasilkan enzim ini secara alami.

    5. Melancarkan pencernaan

    Sudah bukan rahasia umum lagi bila enzim lipase berperan besar terhadap proses pencernaan. Bahkan, enzim ini juga memberikan manfaat terhadap orang dengan masalah pencernaan.

    Hal ini terutama berlaku pada orang dengan masalah pada pankreas mereka. Pasalnya, fungsi pankreas yang terganggu memengaruhi produksi enzim di tubuh.

    Akibatnya, masalah pencernaan pun bisa terjadi. Itu sebabnya, tubuh membutuhkan enzim pankreas tambahan dari suplemen, termasuk lipase, untuk melancarkan pencernaan.

    Jenis-jenis lipase

    Artikel Kesehatan Gangguan Pencernaan Lainnya

    Umumnya, enzim lipase dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan di mana enzim ini dihasilkan, seperti di pankreas, mulut, dan organ lambung. Berikut penjelasannya.

    1. Lipase lingual

    Enzim lipase lingual dihasilkan di mulut dan memiliki fungsi berupa melakukan proses katalisis pencernaan asam lemak (trigliserida) awal.

    2. Lipase lambung

    Sesuai namanya, enzim lipase ini diproduksi di lambung dan hanya mencerna trigliserida dengan asam lemak rantai pendek.

    3. Lipase pankreas

    Lipase yang dibuat di pankreas merupakan enzim yang paling penting. Pasalnya, lipase pankreas memecah sebagian lemak makanan menjadi asam lemak dan gliserol.

    4. Lipase lainnya

    Selain ketiga jenis lipase yang disebutkan, ada macam lipase lainnya yang mungkin perlu Anda ketahui, antara lain:

    • lipase asam lisosol,
    • lipase lipoprotein, dan
    • fosfolipase.

    Masalah akibat enzim lipase terganggu

    Jenis kanker pankreas

    Bila lipase memiliki kadar yang normal di dalam tubuh, tentu enzim ini akan menjalankan perannya dengan baik.

    Sayangnya, tingkat lipase dalam darah bisa meningkat akibat sejumlah kondisi, mulai dari pankreas hingga obat-obatan. Bila hal ini terjadi, Anda mungkin mengalami jenis penyakit pada sistem pencernaan yaitu hyperlipasemia.

    Hiperlipasemia

    Hiperlipasemia merupakan kondisi ketika tubuh kelebihan enzim pankreas di dalam darah. Kadar yang lipase yang tinggi menandakan adanya masalah pada pencernaan dan pankreas Anda, seperti:

    Itu sebabnya, penting untuk menjalani tes lipase guna memahami apakah fungsi dan kadar enzim ini berjalan baik atau tidak. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi dokter guna memahami solusi yang tepat untuk masalah Anda.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 18/08/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan