home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sindrom Zollinger Ellison, Kondisi Langka Mirip Maag yang Bikin Asam Lambung Naik

Sindrom Zollinger Ellison, Kondisi Langka Mirip Maag yang Bikin Asam Lambung Naik

Asam lambung naik karena maag ternyata tidak cuma disebabkan oleh GERD atau gastritis. Apabila ada luka di lambung Anda, kondisi ini bisa memunculkan sindrom Zollinger Ellison yang juga membuat asam lambung gampang naik.

Apa itu sindrom Zollinger Ellison?

Usus Halus Sumber: Myhealth.alberta.ca

Sindrom Zollinger Ellison (ZES) adalah masalah pencernaan langka yang disebabkan oleh kemunculan tumor pada pankreas atau pada duodenum (bagian teratas dari usus 12 jari). Tumor ini disebut gastrinoma, dam bisa bersifat jinak atau ganas yang berpotensi kanker.

Tidak ada yang tahu pasti penyebab dari pertumbuhan tumor gastinoma yang memicu sindrom Zollinger Ellison. Akan tetapi, sebanyak 25-30% kasus gastrinoma disebabkan oleh kelainan genetik bawaan yang disebut multiple neoplasia tipe 1 (MEN 1). Mutasi MEN 1 merangsang hormon yang memicu tumbuhnya tumor di kelenjar endokrin dan usus 12 jari.

Kemunculan tumor gastrinoma akan menyebabkan produksi hormon gastrin jadi berlebihan, sehingga meningkatkan volume cairan asam lambung. Asam lambung yang berlebihan lama-lama akan mengikis lapisan lambung dan menyebabkan luka. Setidaknya 90% orang pengidap ZES memiliki luka di lambung maupun di usus 12 jari-nya.

Adanya luka pada organ pencernaan membuat pengidap ZES lebih rentan mengalami maag (tukak lambung) kambuhan daripada populasi umum.

Sindrom ini lebih sering ditemukan pada pria usia 30-50 tahun.

Tanda dan gejala sindrom Zollinger Ellison

usus buntu pecah

Selain asam lambung yang rentan naik, ZES umumnya menyebabkan sakit perut dan diare yang disertai dengan berbagai gejala berikut:

  • Mual
  • Muntah; muntah darah, pada kasus yang sudah parah.
  • Berat badan turun drastis tanpa sebab,
  • Kehilangan selera makan

Bagaimana penanganan sindrom Zollinger Ellison?

operasi pita suara

Sindrom Zollinger Ellison sering dikira sebagai GERD. Namun, gejala pencernaan yang muncul akibat ZES biasanya lebih parah daripada GERD sehingga pengobatannya akan sangat berbeda dari GERD.

Salah satu cara utama untuk menangani sindrom Zollinger Ellison adalah mengurangi jumlah asam lambung dan mengobati luka di lambung dengan penggunaan kombinasi obat proton pump inhibitor (PPI), seperti lansoprazole (Prevacid), Omeprazole (Prilosec, Zegerid), pantoprazole (Protonix), dan rabeprazole (Aciphex). Selain itu, diperlukan juga obat Somatostatin analog seperti octreotide untuk menekan produksi hormon gastrin guna mengurangi keparahan gejalanya.

Apabila kasusnya parah, dokter mungkin merekomendasikan Anda untuk menjalani bedah pengangkatan tumor untuk mencegahnya berkembang mengganas jadi kanker lambung. Untuk tumor yang bersifat kanker dapat diatasi dengan kemoterapi atau terapi radiasi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Christiano Donna. 2017. What Is Zollinger-Ellison Syndrome?. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/health/zollinger-ellison-syndrome (Diakses 12 September 2018)

NIH. 2013. Zollinger-Ellison Syndrome. [Online] Tersedia pada: https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/zollinger-ellison-syndrome  (Diakses 12 September 2018)

WebMD. 2017.  What Is Zollinger-Ellison Syndrome? [Online] Tersedia pada: https://www.webmd.com/digestive-disorders/zollinger-ellison-syndrome#1 (Diakses 12 September 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x