home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Menghindari Maag Kambuh Saat Sedang Liburan

Menghindari Maag Kambuh Saat Sedang Liburan

Semua orang senang berlibur. Namun, liburan dapat menyakitkan jika Anda mengalami maag. Mari kita lihat tips berikut bagaimana mencegah maag terjadi selama liburan:

Pengobatan

Anda dapat membeli obat tanpa resep saat sedang bepergian. Atau Anda dapat membawa obat Anda sendiri, terutama jika Anda mengalami maag parah dan perlu resep obat untuk mengontrol gejala. Merupakan ide yang baik untuk membawa resep dokter beserta kontaknya berjaga-jaga jika Anda perlu bertanya pada dokter.

Tips menghindari sakit maag

Hindari makan dalam jumlah besar

Umum jika seseorang makan terus-terusan selama liburan. Nyatanya, perut hanya dapat menangani makanan pada satu waktu, Anda perlu memecah makanan dan mencernanya sebelum mencerna kembali.

Jelas, perut Anda tidak mempunyai waktu untuk mencerna semua makanan jika Anda makan terlalu banyak. Hal ini merupakan alasan paling umum orang terkena gangguan pencernaan. Kuncinya adalah mengelabui pikiran dengan menggunakan piring yang lebih kecil, yang dapat membuat porsi makanan tampak lebih besar.

Bersantai saat makan

Tubuh Anda dapat dengan mudah stres saat liburan. Bergegas menyelesaikan belanja atau bergegas pindah ke tempat lain mungkin menempatkan Anda makan dalam keadaan terburu-buru. Ketika Anda berada dalam mode simpatik, Anda tidak bisa mencerna makanan dengan baik karena tubuh Anda memprioritaskan kelangsungan stress Anda daripada pencernaan. Jadi, cobalah untuk rileks, ambil napas dan mengingatkan diri Anda untuk makan dan mengunyah secara perlahan yang mana membantu sistem pencernaan bekerja secara efektif.

Kenali diri Anda

Pilih makanan yang tidak menyebabkan iritasi perut yang tidak memicu sakit maag, dan hindari makanan tersebut. Coba untuk menghindari makanan seperti bawang, cokelat, saus tomat, soft drinks, kopi, jus jeruk dan alkohol. Sebaliknya, pilihan lain mungkin mendukung pencernaan Anda seperti kaldu tulang, fermentasi, teh jahe, dan kubis segar. Adapun protein, cari udang kukus, salmon, dan camilan ringan kaya protein lainnya.

Hindari pakaian ketat saat makan

Pakaian ketat dapat membatasi perut dan memberikan lebih banyak tekanan pada perut dan esophageal sphincter bagian bawah, yang menyebabkan maag kemungkinan terjadi. Pakaian longgar menjadi pilihan terbaik untuk liburan yang mana membutuhkan banyak gerakan dan kegiatan.

Hindari berbaring setelah makan

Terburu-buru ketika berkegiatan saat liburan dapat menarik energi Anda dengan cepat, sehingga Anda bisa merasa sangat lelah setelah perjalanan panjang dan ingin berbaring setelah makan. Dan jelas, proses pencernaan akan terganggu jika Anda berbaring setelah makan, yang mana dapat meningkatkan risiko sakit maag. Anda harus menunggu setidaknya 3 jam sebelum menyentuh kasur dan hindari makan telat lebih dari jam 8 malam.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, mendiagnosa atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.health.com/health/gallery/0,,20322474,00.html/view-all

http://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/holidays

http://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/tackling-holiday-heartburn

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 31/10/2016
x