Apa yang Harus Dilakukan Ortu Saat Bayi Menangis dan Rewel?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Bukan tanpa sebab si kecil rewel dan menangis. Saat bayi menangis, itu tandanya ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Jadi, sesegera mungkin Anda harus menenangkannya.

Sayangnya, tak sedikit ortu yang malah kebingungan menghadapi bayi yang tiba-tiba menangis dan rewel. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan ortu untuk menenangkan sang buah hati?

3 Hal yang mesti ortu lakukan saat bayi menangis

1. Buat suara yang menenangkan

menggendong anak

Di dalam rahim, bayi terbiasa mendengar detak jantung ibu yang suaranya konstan terus menerus. Detak jantung ibu akan terdengar dengan iramanya yang sama dan hal ini membuat bayi tenang.

Jadi, jika sewaktu-waktu si kecil menangis, Anda bisa buat atau memainkan suara yang menenangkan. Misalnya menempelkan bayi di dada, mendengarkan suara rintik hujan, mendengarkan suara ibu yang lembut sebagai pengantar tidurnya.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menciptakan suara “white noise” untuk menenangkan bayi. “White nose” adalah kombinasi suara dari berbagai frekuensi. Contoh white noise adalah kipas angin, hairdryer, vacum cleaner dan mesin pembuat white noise

2. Goyangkan bayi

bahaya bayi tidur pakai selimut

Sebagian besar bayi suka diayun dengan lembut. Ketika tubuh bayi diayun perlahan, terjadi aliran angin yang lebih sejuk. Kondisi ini yang membuat bayi lebih tenang. Anda bisa mengayun tubuh bayi saat bayi menangis sambil:

  • Saat jalan-jalan
  • Di kursi goyang
  • Bayi diletakan dalam ayunan khusus
  • Berjalan-jalan dengan keranjang bayi

3. Coba pijat atau gosok bagian perut

kulit bayi

Pijatan lembut bisa membuat bayi lebih tenang. Anda bisa gunakan minyak pijat khusus untuk bayi. Minyak yang digunakan ini sebaiknya bebas pewangi dan sangat ringan di kulit bayi.

Namun ingat, Anda juga harus hati-hati ketika memijat si kecil, salah-salah bisa berdampak buruk baginya.

Terkadang, bayi menangis juga menunjukkan bahwa ia lapar atau merasa tidak nyaman karena popoknya sudah harus diganti. Jadi, selain melakukan tiga hal tersebut, pastikan Anda tahu apa arti tangisan si kecil.

Bila si kecil lapar, segera berikan ia ASI. Dengan begitu, biasanya bayi akan berhenti menangis setelah Anda menyusuinya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 28, 2018 | Terakhir Diedit: September 24, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca