Begini Caranya Memilih Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/01/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Memiliki anak berkebutuhan khusus tentu memberikan tantangan, salah satunya adalah memilih sekolah yang tepat. Setelah memberikan pembekalan dasar di rumah, saatnya orangtua memercayakan kepada sistem edukasi di sekolah. Metode pembelajaran dan pendekatannya mungkin akan lebih berbeda dibandingkan sekolah pada umumnya. 

Untuk memilih sekolah anak berkebutuhan khusus, Anda perlu memastikan tempat tersebut ramah dan juga memiliki pendekatan yang pas untuk anak Anda.

Tak perlu bimbang, berikut poin yang perlu diketahui dalam memilih sekolah untuk anak Anda yang berkebutuhan khusus.

Memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus

Ketika orangtua memilihkan sekolah untuk anaknya, berarti ia percaya bahwa edukasi yang terbaik akan dilimpahkan kepada sang buah hati. 

Tak sedikit juga anak berkebutuhan khusus mengalami pengalaman kurang menyenangkan, seperti di-bully atau dipandang berbeda karena keunikan mereka.

Itu sebabnya, sekolah yang secara eksklusif diperuntukkan anak berkebutuhan khusus kerap menjadi pilihan para orangtua karena sistem belajar yang berbeda.

Namun, sebelum memasukkan anak, terutama mereka yang berkebutuhan khusus, ke dalam ruang edukasi, orangtua perlu tahu seperti apa suasana yang diciptakan oleh sekolah tersebut.

Ada beragam hal yang perlu dipersiapkan sebelum sekolah bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Berikut poin yang wajib diperhatikan untuk memilih sekolah bagi anak Anda yang berkebutuhan khusus.

1. Suasana belajar mengajar

Dalam memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, Anda butuh tahu seperti apa suasana kegiatan belajar mengajar belangsung. Maka itu, ada baiknya orangtua perlu langsung berkunjung ke sekolah dan menyaksikan langsung proses belajar mengajar.

Anda juga bisa melihat bagaimana interaksi staf sekolah dan siswa. Bagaimana sikap dan perlakuan mereka terhadap murid bisa menjadi penilaian Anda sebelum mendaftarkan anak ke sekolah berkebutuhan khusus.

2. Observasi siswa dan kultur sekolah

Selagi Anda memperhatikan suasana belajar mengajar di sekolah, cobalah amati sejenak siswa yang belajar di sana. Perhatikan bagaimana wajah mereka saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. 

Bagaimana siswa berinteraksi dengan temannya? Apakah mereka gembira saat melakukan ragam aktivitas? Perhatikan juga apakah aturan di sekolah ini tergolong ramah dan hangat atau ketat dan institusional. 

Secara sekilas, Anda bisa mengetahui kultur sekolah tersebut. Dengan demikian Anda bisa mempertimbangkan apakah lingkungan sekolah akan cocok untuk sang anak berkebutuhan khusus atau tidak.

3. Memastikan ada behavior management

Anak berkebutuhan khusus memiliki sikap unik untuk masing-masing individunya. Namun, ada sebagian anak yang mungkin membutuhkan penanganan tambahan ketika sikapnya mengganggu kawan lainnya. 

Tanyakan juga kepada staf, penanangan seperti apa yang diterapkan kepada anak yang membutuhkan dukungan untuk memperbaiki sikapnya.

Anda juga berhak menanyakan secara spesifik apa yang telah sekolah lakukan untuk menciptakan sikap positif pada anak. Dengan begitu, Anda jadi tahu cara sekolah menangangi anak berkebutuhan khusus menangani persoalan.

4. Mengetahui metode komunikasi dengan orangtua

Setiap orangtua pasti ingin tahu perkembangan anak di sekolahnya. Tanyakan pula kepada sekolah, bagaimana sekolah memberikan laporan tentang hal ini kepada orangtua? Mungkinkah ada sesi 1 on 1 antara orangtua murid dengan wali kelas setiap hari?

Bagaimanapun komunikasi antara sekolah dan orangtua perlu dibangun. Dengan begitu, orangtua mengetahui seberapa jauh perkembangan dan kemajuan anak di sekolahnya.

Jangan lupa untuk menanyakan hal apa pun kepada staf sebanyak mungkin, sehingga ada banyak informasi yang bisa jadi pertimbangan.

Hal yang bisa Anda cari tahu antara lain pendekatan yang akan dilakukan sekolah kepada kondisi spesial anak Anda.

Bagaimana penyelesaian masalah yang akan dilakukan jika ada konflik. Tanyakan segala hal, sehingga Anda yakin menemukan sekolah berkebutuhan khusus untuk sang anak.

Ajaklah anak berdiskusi dan melihat sekolahnya

Dalam memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, jika memungkinkan, libatkalah anak Anda untuk memutuskan sekolah mana yang akan ia tuju.

Biarkan anak Anda merasakan pengalamannya berada di sekolah. Anda bisa mengajak anak ke sekolah untuk menyaksikan rutinitas belajar mengajar berlangsung.

Anda bisa mengetahui apakah anak berminat untuk bergabung ke ruang belajar tersebut. Maka itu, diskusikanlah dan minta pendapat anak mengenai sekolah yang akan menjadi tempat mengemban edukasinya.

Jika anak setuju, berarti itulah sekolah yang siap menerima dan melimpahkan edukasi kepada anak Anda tercinta.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat untuk Anak Jika Punya Hewan Peliharaan

Walaupun kedengarannya merepotkan, memiliki hewan peliharaan di rumah dapat sangat membantu proses tumbuh kembang anak. Wah, seperti apa ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Parenting, Tips Parenting 05/04/2017 . 5 menit baca

Berbagai Kendala Sehari-hari yang Paling Umum Dialami Orang Buta Warna

Penderita buta warna menyimpan berbagai kesulitan yang menghambat kualitas hidup mereka sehari-hari. Tanpa disadari, kendala buta warna ini sering diabaikan

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 02/04/2017 . 4 menit baca

9 Latihan untuk Membantu Anak Disleksia Lancar Baca Tulis

Anak kesulitan membaca atau menulis saat di sekolah, bukan berarti ada yang salah dengan kecerdasannya. Ada kemungkinan, si kecil mengidap disleksia.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Parenting, Tips Parenting 30/01/2017 . 8 menit baca

Panduan Membesarkan Anak Hiperaktif

Walau menguras tenaga dan pikiran, menghadapi anak hiperaktif harus dilakukan dengan cara yang tepat agar anak tetap terkendali.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Parenting, Tips Parenting 28/12/2016 . 7 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

anak disabilitas

5 Cara Berdiskusi Dengan Anak Disabilitas Soal Keterbatasannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 04/12/2017 . 6 menit baca
Pedoman Sukses Membesarkan Anak dengan Autisme

Pedoman Membesarkan Anak dengan Autisme

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 09/10/2017 . 8 menit baca
Penyebab Migrain Anak; Cara Mengobati Migrain Anak

Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Pada Anak

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 12/09/2017 . 7 menit baca
anak ADHD

5 Cara Membuat Waktu Bermain Anak ADHD Jadi Lebih Menyenangkan

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2017 . 3 menit baca