Cara Merawat Patah Tulang Engkel Pada Anak-anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Patah tulang engkel adalah cedera yang paling umum pada anak-anak. Cedera ini juga bertanggung jawab untuk hampir 40 persen dari semua patah tulang pada atlet dengan tulang yang belum matang.

Cedera engkel lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga seperti bola basket, sepak bola, sepatu roda, dan mengendarai scooter bermotor juga lebih berisiko tinggi untuk mengalami cedera engkel.

Mengurangi rasa sakit patah tulang engkel pada anak

Ada beberapa tips untuk perawatan pribadi di rumah:

  • Biarkan anak Anda beristirahat. Hindari berlari, melompat, dan aktivitas lainnya yang menyakitkan sampai nyeri dan bengkak menghilang. Pasien mungkin membutuhkan kruk untuk sementara. Jauhi dan naikkan engkel yang cedera untuk membantu mengurangi tekanan dan pembengkakan.
  • Gunakan kompres dingin (cold pack) pada area cedera untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Jangan tempelkan kompres dingin secara langsung. Kompres dingin ini efektif sampai 48 jam.
  • Obat nyeri dapat diberikan. Tanyakan pada dokter cara untuk memberikan obat dengan aman. Ibuprofen bisa ideal untuk patah tulang engkel karena berperan baik sebagai obat nyeri dan obat untuk menenangkan radang.
  • Alat pendukung, seperti brace, cast, atau splint mungkin diperlukan untuk membatasi gerakan anak Anda dan melindungi engkelnya.

Merawat cedera dan mempercepat kesembuhannya

Anak boleh mandi sesuai petunjuk dokter. Pastikan cast atau brace anak Anda tidak menjadi basah. Sebelum mandi, tutupi alat dengan 2 kantung plastik. Selotip kedua kantung tersebut ke kulit anak di atas cast untuk mencegah air masuk. Jauhkan kakinya dari air jika kantung tersebut pecah. Jika brace menjadi basah dan lunak, segera hubungi dokter anak Anda.

Periksa kulit di sekitar cedera setiap hari. Anda bisa mengoleskan lotion pada area yang merah atau sakit. Anda juga harus belajar cara untuk membersihkan cast dan menjaganya tetap kering.

Kapan anak perlu operasi?

Operasi open reduction akan dianjurkan ketika closed reduction tidak bekerja atau jika anak Anda mengalami kerusakan yang parah. Sayatan akan dibuat dan tulang serta ligamen akan dikembalikan ke posisi yang benar. Ini bisa mencakup penggunaan kawat, pin, plat, atau sekrup khusus. Diskusikan dengan dokter mengenai risiko dan manfaatnya sebelum menerima operasi ini.

Jangan lupa check up

Dianjurkan supaya fraktur plat pertumbuhan diawasi dengan seksama untuk memastikan hasil jangka panjang. Ini dikarenakan patah tulang dapat menyebabkan kelainan bentuk engkel jika tidak berhasil diobati. Orang tua harus menjadwalkan kunjungan follow-up minimal satu tahun setelah operasi. Patah tulang yang rumit mungkin perlu diamati sampai anak sepenuhnya berkembang.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 mins read
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 mins read