4 Cara Mudah untuk Lawan Gigi Busuk Pada AnakIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Gigi anak rentan keropos dan membusuk jika ia sudah bisa dan terbiasa makan yang manis-manis. Pembusukan dapat membuat gigi anak sakit, berlubang, dan bahkan mungkin copot sebelum waktunya. Bagaimana cara mencegah gigi anak agar tidak mudah busuk?

Cara mencegah gigi busuk pada anak

gigi anak rusak karena gigi gigis

Mengutip penelitian tahun 2014 dari National Center for Biotechnology and Information, mencegah pembusukan gigi harus dilakukan sejak dini. Sebab selain membuat sakit gigi, masalah ini dapat turut mengganggu kegiatan anak di sekolah.

Berikut adalah cara yang bisa orangtua lakukan untuk mencegah gigi anak busuk:

1. Batasi makanan dan minuman manis 

Makanan manis seperti kue dan permen, jus, dan minuman bersoda dapat mengikis enamel dan menyebabkan gigi berlubang.

Jika si kecil suka makan manis, Anda dapat mulai membatasi porsinya sedikit demi sedikit untuk mencegah gigi anak membusuk.

Ajarkan juga si kecil berkumur dengan air putih dan menyikat gigi setiap kali habis makan atau minum yang manis untuk membilas sisa gula yang menempel di gigi.

2. Biasakan anak sikat gigi tiap hari

Prinsip mencegah gigi busuk yang paling utama adalah membiasakan anak sikat gigi setiap hari.

Ajarkan anak untuk menyikat gigi dua kali sehari setiap hari; pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Anak usia berapa saja, termasuk bayi yang baru tumbuh gigi, dapat mengalami karies apabila giginya tidak dibersihkan dengan benar.

3. Pakai pasta gigi ber-fluoride

Penelitian di atas menyatakan, membiasakan anak menyikat dengan pasta gigi ber-fluoride dapat membantu mencegah pembusukan gigi sejak dini.

Fluoride adalah mineral yang membantu menguatkan gigi dan membalikkan tanda-tanda awal kerusakan gigi dari dalam, sehingga gigi anak tidak gampang berlubang.

Hasil penelitian dari Journal of Clinical and Experimental Dentistry tahun 2016 juga melaporkan fluoride dapat mencegah kemunculan karies yang memicu pengeroposan gigi.

American Academy of Pediatric menganjurkan anak menyikat pakai pasta gigi berfluoride untuk mencegah gigi busuk mulai di usia sekitar 1 tahun, ketika giginya sudah tumbuh. Pastikan juga anak menyikat dengan sikat gigi berbulu lembut.

Anda cukup berikan anak dulu pasta gigi berfluoride sebanyak satu butir beras. Ketika usia anak sudah agak besar, perbanyak takarannya sebesar kacang polong. 

Sekarang Anda bisa membuat waktu menyikat gigi anak di malam hari jadi menyenangkan bersama Mama Sigi dan Pepo! Tonton episode terbaru tiap hari di tautan ini m.me/tanyapepsodent untuk membangun kebiasaan menyikat gigi yang baik untuk si kecil di rumah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca