Cara Membantu Anak dengan Gangguan Pendengaran di Sekolah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Memiliki anak dengan gangguan pendengaran dapat menimbulkan kesulitan tertentu. Apalagi jika ia sudah mulai memasuki masa sekolah. Anda mungkin khawatir apakah ia bisa mengikuti pelajaran di sekolahnya atau tidak. Lantas, bagaimana cara orangtua membantu anak yang memiliki gangguan pendengaran agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah?

Membantu anak dengan gangguan pendengaran belajar di sekolah

Tidak seperti anak pada umumnya, anak dengan gangguan pendengaran memiliki kesulitan dalam belajar. Mereka cenderung sulit memahami struktur kalimat, sehingga apapun yang mereka pelajari, termasuk cara membaca dan matematika, akan sulit dicerna.

Pada anak dengan kondisi ini, orangtua perlu memberikan dukungan yang tepat. Bukan tidak mungkin, adanya bantuan dan dukungan dari orangtua dan orang di sekitarnya, anak yang memiliki gangguan pendengaran punya kesempatan untuk meraih sukses dalam hidupnya.

Berikut bentuk bantuan dan dukungan yang bisa diberikan oleh orangtua berikan kepada anak yang memiliki gangguan pendengaran agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

  • Mulai membantu anak sedini mungkin

Ketika mengetahui bahwa anak Anda memiliki gangguan pendengaran, Anda harus langsung menyiapkan program sedini mungkin untuk membantunya mengenal bahasa, bicara, dan terapi yang dapat membantu anak kebutuhan khusus. Bila perlu, kaitkan program tersebut dengan kebutuhan sekolahnya nanti.

Selain menyiapkan program, Anda juga perlu menstimulasi anak yang memiliki gangguan pendengaran sedini mungkin, bahkan sejak bayi. Dale Amanda Tylor, seorang dokter THT dari Washington Township Medical Foundation di Fremont, California, mengatakan otak bayi berkembang dengan cepat, sehingga penting untuk menstimulasi suara sesegera mungkin. Anak-anak yang terstimulasi suara lebih awal, akan lebih mungkin untuk berkembang selayaknya anak normal di usianya.

Pertimbangkan juga sedini mungkin sejak kapan anak Anda bisa menggunakan alat bantu pendengaran. Hal ini tentunya dapat membantu anak Anda untuk belajar nantinya.

  • Bantu anak mengeksplorasi suara

Mengeksplorasi suara bersama bisa menjadi cara komunikasi dengan anak yang memiliki gangguan pendengaran, sekaligus membantu mempelajari bahasa. Saat sekolah nanti, anak akan sudah lebih baik dalam memahami bahasa dengan baik sehingga akan lebih mudah dalam proses belajar.

Langkah ini bisa dilakukan melalui permainan, bernyanyi, dan membaca buku bersama atau mengatakan semua hal yang sedang dan akan Anda lakukan.

Bacalah buku yang berisi banyak gambar. Anda dapat menjelaskan gambar apa saja yang ada di dalam buku. Ketika anak sudah lebih besar, minta ia untuk menunjuk gambar di dalam buku sesuai dengan yang Anda sebut. Adapun bila membaca buku cerita, Anda bisa sesekali mencontohkan atau mengekspresikan deskripsi cerita dalam buku.

  • Ketahui apa yang anak butuhkan

Sebagai orangtua, Anda tentu sudah sangat mengenal anak sedari ia dilahirkan. Anda tentu tahu bagaimana menanganinya. Saat memulai sekolah, jangan ragu untuk menyampaikan hal tersebut kepada guru di sekolahnya. Guru akan mempertimbangkan hal tersebut agar anak dapat memahami apa yang dipelajarinya di sekolah dengan tepat.

  • Minta bantuan ahli

Meski sudah mengenalnya dari lahir, memenuhi setiap kebutuhan anak dengan gangguan pendengaran memang tidak mudah. Anda perlu meminta bantuan kepada ahlinya, seperti audiolog atau guru yang khusus menangani murid tuli. Bila Anda sulit menemukan ahli tersebut, Anda bisa menanyakan kepada dokter anak atau dokter THT yang menangani anak Anda.

  • Buat rencana belajar anak

Ketika anak sudah memasuki usia sekolah, Anda perlu bertemu dengan guru, audiolog, dan staf sekolah lainnya untuk membuat rencana pendidikan bagi anak Anda. Dengan demikian, ia akan dapat menerima terapi wicara dan pengajaran yang tepat selama ia di sekolah. Perencanaan ini juga tentunya disesuaikan dengan seberapa besar gangguan pendengaran yang anak Anda miliki.

  • Cari dukungan keluarga atau komunitas

Anda akan sangat mudah untuk membantu anak bila Anda pun mendapatkan dukungan dan bantuan. Carilah orang-orang yang bisa membuat Anda melewati hal ini dengan mudah, seperti keluarga atau  komunitas yang sama-sama memiliki anak dengan gangguan pendengaran.

Anda bisa berbagi pengalaman dengan orang-orang tersebut dan mendapatkan pandangan lain tentang bagaimana anak yang memiliki gangguan pendengaran bisa mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat Agar Tak Salah Pilih

Memilih alat bantu dengar tidak bisa asal. Tak hanya kenaymanan, Anda wajib mengetahui alat yang sesuai dengan masalah pendengaran yang dimiliki.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/01/2019 . 3 menit baca

3 Macam Gangguan Pendengaran yang Paling Sering Terjadi

Berdasarkan penyebabnya, gangguan pendengan dibagi menjadi beberapa jenis. Apa saja jenis gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 16/10/2018 . 4 menit baca

6 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Hilangnya Pendengaran (Tuli)

Ketulian merupakan kondisi yang bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya karena penyakit. Lantas penyakit apa saja yang bisa jadi penyebab tuli?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 18/09/2018 . 4 menit baca

Ajak Bayi Nonton Bioskop Berisiko Merusak Pendengarannya di Masa Depan

Mengajak anak bayi nonton bioskop tidak cuma bikin pengunjung lain jadi terganggu dan tidak betah. Ada juga akibatnya pada tumbuh kembang bayi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Direkomendasikan untuk Anda

Makan Makanan Sehat Dapat Membantu Menjaga Fungsi Pendengaran, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020 . 5 menit baca
membesarkan anak tuli

7 Tips Membesarkan Anak Tuli agar Mandiri dan Percaya Diri

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2020 . 4 menit baca
anak tuli bisu

Apakah Anak yang Tuli Sudah Pasti Bisu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 29/03/2020 . 3 menit baca
gangguan pendengaran karena cacar air

Benarkah Cacar Air Bisa Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/10/2019 . 4 menit baca