Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Keuntungan untuk Anak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah

5 Keuntungan untuk Anak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah

Sekolah tidak hanya berfokus pada kegiatan belajar dan mengajar. Sekolah juga menyediakan ekstrakurikuler untuk mengasah bakat dan kemampuan anak di bidang non-akademis, seperti olahraga. Lantas, manfaat apa saja yang didapat anak ketika mengikuti ekskul olahraga di sekolahnya? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat ekstrakurikuler olahraga di sekolah untuk anak

Anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain dan bergerak aktif. Namun, setelah masuk sekolah, mau tidak mau jam main harus dikurangi. Meski begitu, bukan berarti mereka tidak bisa tetap aktif bermain bersama temannya.

Ya, sekolah menawarkan klub olahraga atau umum dikenal dengan ekstrakurikuler, agar anak tetap bisa menikmati waktu bermainnya, seperti klub futsal, dance, basket, atau voli.

Selain menghindarkan anak dari bermain di luar rumah tanpa pengawasan, kegiatan ekskul ternyata memberikan banyak manfaat lainnya. Apa saja? Berikut manfaat ekstrakurikuler olahraga di sekolah untuk anak.

1. Meningkatkan aktivitas fisik bagi anak

Apa yang biasanya anak lakukan setelah pulang sekolah? Main game atau nonton TV hingga sore? Sebenarnya, tidak masalah jika anak melakukan kegiatan tersebut, tapi jika terlalu sering, kebiasaan ini akan membuatnya malas bergerak.

Apalagi jika kegiatan itu dibarengi dengan ngemil tidak sehat. Kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah kesehatan anak di kemudian hari. Untuk itu, Anda pentingnya untuk membujuk anak mengikuti klub olahraga di sekolah.

Studi tahun 2015 menunjukkan bahwa kebiasaan nonton TV sambil ngemil cenderung membuat berat badan naik dan berisiko besar mengalami obesitas.

Nonton TV sambil ngemil, bisa membuat anak makan lebih banyak dari porsi seharusnya. Energi yang dihasilkan juga tidak digunakan dengan baik sehingga menumpuk dan membuat berat badan naik.

Saat mengikuti ekskul olahraga, anak akan menjadi lebih aktif bergerak. Dengan begitu, waktunya untuk bersantai dan makan makanan tidak sehat bisa dikurangi.

2. Menyehatkan tubuh anak

Anak yang mengikuti klub olahraga, pasti akan jauh lebih sehat. Kenapa? Ekstrakurikuler olahraga tersebut tentu mengharuskan anak untuk mengikuti latihan penunjang secara rutin.

Contohnya, anak yang ikut klub futsal biasanya diharuskan rutin untuk olahraga lari dan melakukan gerakan peregangan, setidaknya seminggu sekali sesuai dengan jadwal yang ditentukan sekolah.

Gerakan tersebut dilakukan untuk melatih pernapasan jadi lebih baik, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan performa anak ketika melakukan pertandingan. Sama seperti manfaat olahraga pada umumnya, latihan tersebut melancarkan peredaran darah dan mengendalikan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.

Manfaat lain dari mengikuti olahraga adalah dapat memberikan dampak positif pada pemulihan orang yang depresi.

Studi yang diterbitkan pada Biological Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang depresi memiliki ukuran hippocampus otak yang menyusut. Kondisi tersebut menyebabkan orang yang depresi akan sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih.

Peneliti sepakat bahwa ekskul olahraga memberikan manfaat pada otak anak yang memiliki depresi. Ditambah lagi, aktivitas ini juga bisa meningkatkan mood, fungsi kognitif, dan daya ingat anak.

3. Membentuk kepribadian anak

Selain menyehatkan untuk tubuh, kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah juga membantu membentuk kepribadian anak. Demi mencapai kemenangan atau hasil yang diinginkan, anak akan tekun berlatih. Dari sana, ia juga dilatih untuk mengembangkan rasa percaya dirinya.

Anak yang mengikuti aktivitas ini di sekolah, cenderung lebih mematuhi peraturan dan disiplin. Selain itu, anak juga akan lebih mudah untuk belajar menerima kekalahan dan menerima kritik.

4. Mengembangkan kemampuan sosialisasi anak

Kebanyakan ekskul olahraga di sekolah dilakukan secara berkelompok. Anak akan bertemu anak dari kelas lain, bahkan sekolah lain. Selain memperluas lingkaran pertemanan anak, ia juga dapat mempelajari banyak hal, seperti kerja sama, sosialisasi, dan kemampuan untuk berkomunikasi.

5. Meningkatkan prestasi anak di sekolah

Kegiatan yang menyenangkan selama mengikuti klub olahraga, bisa mendorong anak untuk rajin mengikuti kelas. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan anak ini juga memungkin memperlancar aliran darah di otak sehingga membuat anak mudah konsentrasi, memiliki daya ingat yang lebih tajam, dan dapat berpikir dengan jernih.

Apalagi, jika anak memperoleh prestasi dari kegiatan klub tersebut, kemungkinan anak untuk melanjutkan pendidikan juga lebih mudah dengan mulai banyaknya institusi pendidikan yang menyediakan beasiswa non-akademis.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Leah Campbell. Health Line. How Team Sports Reduce Risk of Depression in Kids. Accessed on June 25th, 2019.

State University. Club Participation, Why Participation is Expected to Benefit Youth, Benefits of Participation in Clubs. Accessed on June 25th, 2019.

University of Missouri Health Care. Benefits of Sports for Adolescents. Accessed on June 25th, 2019.

Amanda Davis. Why Should Children Play Sports?. Accessed on June 25th, 2019.

Rosiek A, Maciejewska NF, Leksowski K, Rosiek-Kryszewska A, Leksowski Ł. Effect of Television on Obesity and Excess of Weight and Consequences of HealthInt J Environ Res Public Health. 2015;12(8):9408–9426. Published 2015 Aug 12. doi:10.3390/ijerph120809408

BMJ-British Medical Journal. “Moderate to vigorous exercise boosts teens’ academic performance.” ScienceDaily. ScienceDaily, 21 October 2013.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x