Periode Perkembangan

Fungsi Vernix Caseosa, Lapisan Lembut yang Melindungi Kulit Bayi Baru Lahir

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Proses persalinan adalah sebuah momen yang sangat mengharukan, terutama saat sang ibu pertama kali menyentuh bayi mereka. Nah, di saat itulah terkadang Anda menyadari bahwa terdapat lapisan berwarna putih susu menyelimuti wajah dan badannya. Lapisan tersebut disebut vernix caseosa. Sebenarnya, apa sih fungsi vernix caseosa pada bayi yang baru saja lahir?

Apa itu vernix caseosa?

Sebelum mengetahui kegunaan dari lapisan yang warnanya hampir mirip dengan keju ini, mari disimak terlebih dahulu apa itu vernix caseosa.

Vernix caseosa adalah lapisan lembut berwarna putih yang biasanya membalut tubuh dan wajah janin. Lapisan ini biasanya mulai muncul ketika memasuki trimester akhir dan mengandung 81% air, 9% lemak, serta 10% protein.

Biasanya, pada bayi prematur lapisan vernix caseosa akan lebih banyak ketimbang bayi yang lahir dengan waktu yang normal. Karena sebagian besar terdiri dari air, vernix caseosa akan hilang ketika Anda memandikan bayi sesaat setelah persalinan.

Padahal lapisan pelindung kulit bayi ini memiliki fungsi yang sangat berguna bagi bayi Anda. Nah, apa saja ya fungsi vernix caseosa ini?

Fungsi vernix caseosa pada bayi yang baru lahir

Biasanya, kulit akan berubah keriput jika terlalu lama di dalam air. Nah, sama seperti janin yang ada di dalam kandungan, ia butuh pelindung yang mampu mencegah kulitnya berubah keriput akibat berada di dalam air ketuban selama 40 minggu.

Nah, vernix caseosa ini menjadi lapisan pelindung kulit janin dari air ketuban. Bahkan, tak hanya itu saja, ada banyak fungsi lapisan tersebut bagi bayi yang baru lahir.

1. Melindungi dari infeksi sesaat setelah lahir

masalah kulit bayi baru lahir

Vernix caseosa pada bayi yang baru lahir ternyata mengandung antioksidan. Nah, antioksidan pada lapisan kulit ini ternyata menjaga bayi Anda dari infeksi. Oleh karena itu, peran vernix caseosa sangat penting, mengingat bayi yang baru saja lahir sangat rentan terhadap penyakit

2. Membantu permukaan kulit beradaptasi

penyebab kematian bayi

Bayi yang baru saja lahir pastinya akan melalui proses adaptasi dengan lingkungan barunya. Kulit bayi yang baru lahir cenderung sensitif, kering, hingga pH-nya menurun. Nah, di sinilah fungsi vernix caseosa beraksi.

Pada prosesnya, lapisan pelindung kulit ini mengurangi risiko munculnya berbagai masalah kulit tersebut. Kandungan yang ada di dalam lapisan vernix dapat membuat kulit bayi menjadi lembap. 

Penurunan pH kulit bayi terjadi akibat proses pematangan enzim yang biasanya digunakan untuk memadukan komponen asam. Nah, trigliserida yang ada pada vernix caseosa ternyata bisa menjadi sumber asam lemak agar pH tetap seimbang.

3. Membantu mengatur suhu tubuh bayi

kondisi bayi baru lahir

Pada saat masa kehamilan, tubuh Anda sangat berperan penting terhadap pengaturan suhu tubuh janin Anda. Nah, ketika bayi Anda baru lahir, dibutuhkan waktu yang cukup lama agar suhu tubuhnya dapat cocok dengan lingkungan barunya.

Oleh karena itu, setelah melahirkan biasanya para bayi akan diselimuti agar terjaga kehangatannya. Selain itu, membiarkan vernix caseosa dalam waktu yang cukup lama juga dapat membantu suhu tubuh bayi Anda untuk beradaptasi dengan alami.

4. Memudahkan bayi untuk keluar dari kandungan

bayi yang baru lahir

Fungsi lain dari vernix caseosa adalah sebagai pelumas saat melahirkan. Tidak hanya untuk melapisi kulit, melainkan juga mengurangi gesekan yang terjadi ketika proses persalinan berlangsung. Mungkin hal ini sangat berpengaruh bagi Anda dan buah hati karena mengurangi rasa sakit yang berlebihan.

Setelah dilihat lebih lanjut lagi, ternyata fungsi vernix caseosa pada bayi yang baru lahir sangat berguna, ya. Oleh karena itu, jika Anda masih ingin memanfaatkan lapisan pelindung kulit pada bayi Anda, usahakan untuk tidak terlalu cepat memandikan sang bayi.

Walaupun mungkin tampilannya tidak terlihat menyenangkan, keistimewaan vernix caseosa ini justru bermanfaat untuk bayi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca