Perkembangan Bayi 32 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/01/2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 32 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan?

Perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, berbeda dengan usia sebelumnya. Umumnya, di umur ini bayi sudah memiliki kemampuan dalam hal:

  • Melompat dengan jarak lebih jauh.
  • Menyeimbangkan tubuh saat mengangkat satu kaki selama 2 detik.
  • Sering bermain imajinasi dengan mainannya.
  • Berusaha mengucapkan satu warna.
  • Mengenal dan menyebutkan anggota tubuh.
  • Emosi mulai meledak-ledak.
  • Menyusun balok menjadi 8 tingkat.
  • Belajar menggunting dengan mengikuti garis yang disediakan.
  • Lebih sensitif terhadap perasaan, misalnya malu ketika ditertawakan)
  • Ingin berteman dengan anak seusianya.

Kemampuan motorik kasar

Pada masa perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, tidak perlu heran bila anak Anda semakin sulit untuk dipegang atau diminta duduk manis.

Grafik perkembangan anak Denver II menunjukkan perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan dari segi motorik kasar, sudah sampai anak bisa naik turun tangga sendiri, berlari, dan melompat.

Pada usia ini, si kecil sudah mampu menyeimbangkan tubuh selama dua detik saat mengangkat salah satu kakinya. 

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Tahukah Anda, perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan dalam kemampuan bahasa sudah mampu melakukan arahan sederhana? Melansir dari Thebump, kemampuan bahasa anak usia 2 tahun 8 bulan berkembang sangat cepat. 

Si kecil sudah bisa mengucapkan kata dengan baik dan lebih jelas, bahkan ia sudah mengerti dan bisa melakukan arahan sederhana. Sebagai contoh, saat ia mendengar arahan untuk mengambilkan buku, menutup pintu, atau mengambil tisu.

Grafik Denver II juga menunjukkan, kemampuan bahasa dan komunikasi pada di perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan yaitu, mengucapkan dan menunjuk empat buah gambar dan mengucapkan enam bagian tubuh.

Si kecil juga sudah mampu menggabungkan dua kata atau lebih untuk menjadi kalimat sederhana, misalnya aku lapar atau mau minum.

Kemampuan motorik halus

Awalnya gambar anak Anda hanya berupa coretan, tapi di perkembangan bayi 32 bulan atau  2 tahun 8 bulan menunjukkan bahwa gambaran anak sudah lebih berbentuk. Anda akan melihat perkembangan saat anak membuat garis lurus, lingkaran, kotak, atau bentuk lain.

Selain itu, secara perlahan si kecil mulai mengerti perbedaan bentuk, misalnya ban bentuknya bulat atau lemari bentuknya kotak. 

Babycenter menyebutkan, dalam perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, anak sudah bisa memasukkan benda sesuai bentuknya dan mendorong juga menarik mainan lalu didorong keliling rumah.

Kemampuan sosial dan emosional

Perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan dalam hal sosial dan emosional berkembang cukup cepat. Anda mungkin menyadari kalau si kecil sedang senang bermain peran dengan mainannya atau justru dengan Anda sendiri.

Melansir dari Baby Center, biasanya si kecil bermain imajinasi atau bermain peran. Meskipun, akan lebih sering dilakukan oleh anak saat mendekati usia 3 tahun.

Di perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan ini, si kecil bermain peran dengan mainannya. Ia bisa memberi nama boneka miliknya, sambil berimajinasi boneka tersebut memiliki keluarga, diberi makan, dimandikan, bahkan sampai diajak tidur.

Sementara itu, grafik Denver II menunjukkan perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan berjalan dengan baik, bila anak sudah bisa menyikat gigi sendiri dengan arahan orang lain, memakai dan melepas baju sendiri, menyebutkan nama teman sebaya, dan mencuci tangan sendiri. Di fase ini, anak sedang senang mengeksplorasi sikap mandiri dalam dirinya.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan si kecil, yaitu:

Perkenalkan berbagai nada bicara

Semakin bertumbuh besar, anak akan mengerti arti kata dengan nada bicara yang dipakai lawan bicaranya. Nah, salah satu cara yang baik untuk meningkatkan perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan dari segi bahasa adalah dengan nada bicara dan rima. 

Hal ini membantu meningkatkan ingatan anak, kemampuan pra-membaca, dan juga mengembangkan ritme. Membaca dan menyanyikan rima membuat anak Anda tahu bahwa kata-kata dapat menjadi lucu dan menyenangkan. Tentu, ini akan membantu perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan.

Anda dan si kecil dapat bernyanyi dengan anak bersama-sama atau membaca buku dengan nada berbeda di setiap kalimat. Cara ini bisa meningkatkan perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan.

Bermain peran

Di perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, bermain peran dapat digunakan dalam permainan membangun imajinasi anak.

Biarkan anak Anda bermain memakai benda-benda di sekitarnya lalu mengembangkan imajinasinya sendiri. Di dalam pikirannya, sebuah tongkat kayu baginya adalah tongkat sihir, daun adalah piring, dan balok dapat menjadi banyak benda.

Sangat menyenangkan saat melihat kreativitas yang dilakukan oleh anak. Anda juga harus menyediakan beberapa mainan untuk mendukung permainan peran anak Anda, misalnya, menjadikan benda sekitar sebagai alat bantu permainan, seperti syal, rok tutu, topi, telepon mainan, atau bahkan sapu kecil.

Bermain peran bisa meningkatkan perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan dalam hal kemampuan sosial dan emosional anak. Selain itu, meniru pekerjaan rumah adalah kegiatan favorit di usia ini.

Membuat waktu khusus untuk quality time bersama anak

Dalam masa perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, anak sedang ingin diperhatikan oleh Anda. Sebaiknya, buatlah waktu khusus untuk si kecil agar Anda bisa semakin mengenal dan mengerti keinginannya. Cara ini akan membuat anak merasa berarti karena Anda memiliki waktu untuknya.

Kesehatan Anak Usia 32 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan?

Kalau anak Anda pernah mengalami reaksi alergi makanan, di perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, maka konsultasi ke dokter. Meski reaksi awal biasanya cenderung ringan, tapi di kemudian hari bisa lebih berat dan parah. 

Saat konsultasi untuk membantu perkembangan bayi 32 bulan, dokter akan memberi saran bagaimana mengatasi reaksi alergi pada anak.

Bila sudah cukup parah, dokter dapat menganjurkan agar Anda membawa suntikan-auto epinefrin, yang dapat ia resepkan dan tunjukkan cara pemberiannya jika terjadi reaksi alergi. Alat ini secara otomatis memberikan dosis epinefrin yang tepat untuk menghentikan reaksi alergi.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan?

Dalam masa perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, jika anak Anda lebih sering mengabaikan Anda atau menyendiri tanpa melihat mata Anda, sebaiknya beri tahukan pada dokter. Tergantung dari keadaan, anak Anda akan menjalani pemeriksaan pendengaran atau perkembangan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan dalam perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan?

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada si kecil, antara lain:

Perhatikan waktu tidur siang

Dalam perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, jadwal tidur siang perlu diperhatikan. Pasalnya, tidur siang akan membantu anak prasekolah yang mudah kesal dan marah, untuk mengembalikan tenaga dan tetap riang hingga waktunya tidur di malam hari.

Jadi jangan terburu-buru membangunkannya saat tidur siang. Jika anak Anda melewatkan tidur siang lalu rewel saat akan tidur malam, ini pertanda ia masih membutuhkan tidur siang.

Waspadai kemungkinan alergi makanan

Di fase perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, memang wajar alergi pada banyak makanan, namun berikut adalah 8 kelompok makanan yang 90 persen menyebabkan alergi: telur, susu, kacang, gandum, kedelai, dan kacang mede. Untuk produk protein hewani ada ikan seperti tuna, salmon, kerang, cumi, udang, kepiting.

Awasi setiap kegiatan yang dilakukan anak

Pada masa perkembangan bayi 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, anak Anda sedang senang melakukan banyak hal sendiri untuk melatih kemandiriannya yang perlu diawasi.

Meskipun ia sedang asyik melakukan banyak hal sendiri, tidak jarang ia butuh pertolongan, misalnya memakai jaket, menyimpan mainan dengan benar, atau melepaskan kaos kaki.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 33 bulan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Gejala Alergi dari yang Ringan Sampai Parah

Gejala alergi bukan hanya gatal dan bersin. Cari tahu gejala reaksi alergi lainnya yang mungkin berdampak lebih parah dalam ulasan berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Memahami Perkembangan Bahasa Balita Usia 2-5 Tahun

Memahami perkembangan bahasa balita sangat penting untuk orangtua. Berikut tahap perkembangan bahasa balita usia 2-5 tahun yang lengkap.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

Berbagai Masalah Kesehatan yang Dapat Muncul Jika Tembok Rumah Anda Berjamur

Tidak hanya mengganggu pandangan, ternyata ada bahaya dari tembok rumah yang berjamur dan bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Apa saja efeknya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

Direkomendasikan untuk Anda

gejala alergi cat rambut

Ingin Warnai Rambut? Hati-hati, Kenali Dulu Gejala Alergi Cat Rambut

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020
usia anak berlari

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/01/2020
les balita

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24/12/2019