Apakah Susu Kental Manis Sehat untuk Anak?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Saat belanja di pasar atau supermarket, mungkin Anda malah jadi bingung saat memilih susu sapi untuk anak dan keluarga. Pasalnya, ada banyak sekali produk dan jenis susu yang tersedia dengan berbagai istilah yang asing pula. Salah satunya adalah susu kental manis. Susu jenis ini pasti sudah Anda kenal.

Akan tetapi, apakah Anda tahu apa bedanya susu kental dengan susu sapi lainnya? Anda juga harus paham apakah susu ini bisa dikonsumsi untuk menggantikan jenis susu biasa. Apakah kandungan nutrisinya sama? Daripada penasaran, simak terus kupas tuntas soal nutrisi dan manfaat susu kental manis berikut ini.

Apa bedanya susu kental manis dengan susu biasa?

Susu kental pada dasarnya adalah susu sapi biasa yang kandungan airnya sudah diambil dan dibuang. Kemudian susu kental tersebut akan ditambahkan banyak gula sehingga teksturnya jadi kental dan lengket. Rasanya pun sangat manis, tidak seperti rasa susu sapi cair atau susu sapi bubuk.  

Susu kental manis sendiri awalnya memang tidak diproduksi untuk anak-anak. Susu ini malah dikembangkan untuk memasok para tentara Amerika Serikat pada zaman Perang Saudara. Pasalnya, susu kental yang dikemas dalam kaleng ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya tanpa harus masuk kulkas, tak seperti susu sapi cair yang cepat basi.    

Apakah susu kental manis bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak?

Para ahli gizi dan kesehatan anak tidak menganjurkan bayi dan anak-anak untuk mengonsumsi susu kental sebagai pengganti susu sapi biasa. Pasalnya, susu kental manis tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak layaknya air susu ibu (ASI) atau susu sapi jenis lainnya.

Dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan banyak nutrisi penting. Di antaranya adalah vitamin D, vitamin A, vitamin C, kalsium, protein, dan kalium.

Beragam zat gizi tersebut bisa Anda dapatkan dari susu sapi utuh (whole milk). Sedangkan susu kental sudah kehilangan banyak sekali kandungan nutrisi dalam proses pengolahannya.

Berikut perbandingan zat gizi dalam susu sapi utuh dan susu kental manis dihitung dari kebutuhan nutrisi harian Anda.

Kandungan susu sapi utuh

  • Vitamin A : 5,1%
  • Vitamin C : 3,7%
  • Vitamin D : 31,1%
  • Kalsium : 24,64%
  • Kalium : 17,6 %
  • Protein : 7,6 gram atau 15,1%

Kandungan susu kental manis

  • Vitamin A : 2%
  • Vitamin C : 1,7%
  • Vitamin D : 0,6%
  • Kalsium : 10,85%
  • Kalium : 4%
  • Protein : 3 gram atau 6%

Risiko mengonsumsi susu kental manis terlalu banyak

Selain kandungan gizi susu kental jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi biasa, ternyata terlalu mengonsumsi susu kental juga berisiko bagi kesehatan Anda dan keluarga. Ini karena susu kental mengandung gula dalam jumlah sangat tinggi.

Terlalu banyak gula bisa meningkatkan risiko diabetes (kencing manis), kelebihan berat badan, kerusakan organ hati (liver), dan kerusakan gigi. Komplikasi dari diabetes pun bermacam-macam, misalnya penyakit jantung atau stroke. Karena itu, sebenarnya susu kental manis tidak dianjurkan untuk menggantikan susu sapi biasa. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 18, 2017 | Terakhir Diedit: Agustus 15, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca