8 Camilan Paling Sehat untuk Anak-anak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Camilan atau snack sehat untuk anak sangatlah penting seperti halnya sarapan atau tidur nyenyak. Anak-anak mungkin tidak makan banyak dalam satu waktu karena perut mereka lebih kecil, tetapi mereka makan dengan lebih sering. Sekitar sepertiga kalori harian anak didapat dari makanan ringan, sehingga camilan sama pentingnya dengan sarapan, makan siang atau makan malam yang seimbang.

Apa saja snack sehat yang bisa Anda siapkan untuk anak?

Camilan lezat ini akan memberikan dorongan energi untuk anak-anak.

1. Buah

Buah adalah pilihan camilan yang populer baik untuk anak-anak dan orang tua. Anak-anak membutuhkan 1,5 cangkir buah per hari, berdasarkan KidsHealth.org. Buah kering adalah alternatif yang populer. Jika bahan tambahan, seperti gula, tercantum pada label, sebagian besar nilai gizi tidak mengalami perubahan.

2. Sereal

Sereal memberikan manfaat tak terbatas seperti menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak menyajikan sereal tinggi gula. Kandungan gula dari beberapa merek diselidiki oleh Laporan Konsumen, dan mereka menemukan bahwa Snacks of Kellogg’s Honey mengandung gula sebanyak yang terkandung dalam donat gula! Laporan Konsumen juga menilai banyak merek lain yang rendah gula dan bergizi seperti Cheerios, Kix dan Life.

3. Ubi goreng

Ubi manis yang digoreng ini jauh lebih baik bagi kesehatan daripada kentang goreng biasa (dan rasanya enak jika dicolek saus tomat).

4. Selai kacang tanpa gula

Selai kacang mengandung serat dan protein. Jika anak Anda tidak memiliki masalah alergi terhadap kacang, mereka dapat mengonsumsinya bersama dengan setangkup roti untuk sarapan.

5. Cake dengan buah

Siapa sih anak yang tidak suka cake? Coba buat cake rendah gula dan masukkan buah-buahan ke dalam adonan dan toppingnya. Ini bisa menjadi sarapan atau camilan yang lezat dan sehat, sekaligus menarik di mata anak.

6. Sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil

Masalah dengan kebanyakan sayuran adalah biasanya sulit untuk dimakan dan tidak menarik bagi anak-anak. Buat sayuran menjadi pilihan pertama dengan memastikan bahwa sayuran adalah hal pertama yang dilihat anak saat ia membuka lemari pendingin.

7. Pizza versi sehat

Pizza juga bisa menjadi camilan yang sehat! Tapi buatlah dengan versi lebih sehat yaitu dengan roti pita gandum utuh. Olesi saus pizza, keju rendah lemak, dan sayuran lezat favorit Anda untuk camilan bergizi.

8. Popcorn

Popcorn alias berondong jagung dipenuhi dengan biji-bijian utuh dan serat. Penelitian oleh majalah Health membuktikan bahwa biji-bijian ini dapat mengurangi kemungkinan Anda untuk terkena diabetes dan penyakit jantung.

Jika tidak diselimuti oleh mentega dan garam, popcorn sebenarnya adalah camilan yang sangat sehat untuk anak. Banyak anak biasanya tidak begitu bersemangat untuk makan popcorn polos, jadi untuk membuat versi popcorn sehat menjadi lebih menarik selera, taburkan kayu manis atau bubuk bawang putih di atasnya. Jika semuanya gagal, Anda juga bisa cukup menambahkan popcorn polos ke dalam camilan buah dan kacang kering Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca