10 Jenis Camilan yang Paling Sehat untuk Anak-anak

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020
Bagikan sekarang

Camilan atau snack sehat untuk anak sangatlah penting seperti halnya sarapan atau tidur nyenyak. Anak-anak mungkin tidak makan banyak dalam satu waktu karena perut mereka berukuran lebih kecil. Akan tetapi mereka makan dengan lebih sering. Sekitar sepertiga kalori harian anak didapat dari makanan ringan, sehingga camilan sama pentingnya dengan sarapan, makan siang atau makan malam yang seimbang. 

Manfaat snack sehat untuk mendukung tumbuh kembang anak

Sebelum Anda memilih snack sehat apa saja yang cocok untuk anak, Anda mungkin perlu mengetahui lebih jelas betapa pentingnya snack untuk anak usia sekolah. Snack sehat tidak hanya penting untuk anak usia balita (bawah lima tahun).

Berdasarkan sebuah artikel yang dimuat di laman Kids Health, anak di usia sekolah memiliki serentetan kegiatan yang semakin bervariasi. Sebagai contoh, anak akan sibuk mengerjakan pekerjaan rumah saat pulang dari sekolah, mengikuti berbagai macam les, berolahraga, dan masih banyak lagi. Pada usia ini, tentu kebutuhan makan anak juga meningkat.

Sebagian besar anak usia sekolah masih harus makan sebanyak tiga kali sehari dan mengonsumsi cemilan sehat untuk selingan sebanyak dua kali. Biasanya, anak akan mengonsumsi snack pada pagi dan sore hari.

Snack sehat akan dikonsumsi pada pagi hari beberapa jam setelah sarapan atau sebelum makan siang. Sementara itu, snack sehat untuk kedua kalinya akan dimakan oleh anak pada sore hari, sebelum anak makan malam. Biasanya, snack dikonsumsi anak pada sore hari untuk membuatnya tetap fokus mengerjakan pekerjaan rumah.

Sebenarnya, pada usia ini, anak sudah mampu menyiapkan snack sehat untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, Anda bisa memberi contoh dan membiasakan anak terlebih dahulu untuk mengonsumsi snack yang memang sehat, bukan sekedar snack biasa.

Lalu, bagaimana nutrisi yang sebaiknya ada dalam pilihan snack sehat untuk anak?

Bahan-bahan snack sehat untuk anak

Berdasarkan rekomendasi  The USDA and the U. S. Department of Health and Human Services, orangtua harus menyiapkan makanan untuk anak dengan kandungan nutrisi sebagai berikut.

Biji-bijian

Jika Anda ingin membuat snack sehat untuk anak, cobalah untuk membuatkan snack yang terbuat dari biji-bijian. Sebagai contoh, oatmeal, cornmeal, atau sereal yang terbuat dari gandum. Anda bisa menerapkan asupan ini untuk anak tidak hanya sebagai snack sehat, tapi juga bisa untuk makanan utama.

Sayuran

Meski anak Anda tidak suka sayuran, makanan yang satu ini penting untuk tumbuh kembangnya. Maka itu, upayakan untuk menyediakan snack sehat yang terbuat dari sayuran. Ada banyak jenis sayuran, jadi Anda bisa mencoba membuatkan snack sehat yang terdiri dari berbagai jenis sayuran.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan salad sayur sebagai snack untuk anak. Snack sehat ini bisa terdiri dari sayuran hijau, jagung, jamur, wortel, dan masih banyak lagi. Cari tahu jenis sayuran yang disukai anak Anda agar ia tidak malas-malasan memakan snack tersebut.

Buah-buahan

Ada banyak pilihan buah-buahan yang baik untuk dijadikan snack sehat. Anak-anak seharusnya mengonsumsi buah, sejak usianya tujuh hingga 18 tahun. Anda bisa mengonsumsi buah dalam bentuk apa saja. Boleh dalam bentuk buah segar, buah kalengan, buah yang dibekukan, atau buah yang dikeringkan.

Produk olahan susu

Untuk memilihkan produk olahan susu sebagai snack sehat untuk anak, Anda bisa memilihkan produk yang kaya akan kalsium. Namun, lebih baik pilih produk olahan susu yang kandungan lemaknya rendah atau jika perlu yang tidak mengandung lemak sama sekali.

Apa saja snack sehat yang bisa Anda siapkan untuk anak?

Camilan lezat berikut ini akan memberikan dorongan energi untuk anak-anak.

1. Buah

Buah adalah pilihan camilan yang populer baik untuk anak-anak dan orangtua. Anak-anak membutuhkan 1,5 cangkir buah per hari. Buah kering adalah alternatif yang populer. Anda tidak perlu khawatir jika bahan tambahan, seperti gula, tercantum pada label. Pasalnya,  sebagian besar nilai gizi tidak mengalami perubahan.

2. Sereal

Sereal memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh, menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Akan tetapi berhati-hatilah untuk tidak menyajikan sereal dengan kandungan gula yang tinggi.

3. Ubi goreng

Ubi manis yang digoreng ini jauh lebih baik bagi kesehatan daripada kentang goreng biasa. Maka itu, ubi goreng bisa menjadi salah satu alternatif snack untuk anak. Apalagi, rasanya akan semakin enak jika dimakan bersama dengan saus tomat. 

4. Selai kacang tanpa gula

Selai kacang mengandung serat dan protein. Jika anak Anda tidak memiliki masalah alergi terhadap kacang, anak Anda dapat mengonsumsinya bersama dengan setangkup roti untuk sarapan.

5. Cake dengan buah

Siapa sih yang tidak suka kue? Coba buat kue rendah gula dan masukkan buah-buahan ke dalam adonan dan toppingnya. Ini bisa menjadi pilihan snack untuk anak yang lezat dan sehat, sekaligus menggugah selera. 

6. Sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil

Masalah dengan kebanyakan sayuran adalah biasanya sulit untuk dimakan dan tidak menarik bagi anak-anak. Buat sayuran menjadi pilihan pertama dengan memastikan bahwa sayuran adalah hal pertama yang dilihat anak saat ia membuka lemari pendingin.

7. Pizza

Pizza juga bisa menjadi camilan yang sehat! Namun, buatlah dengan versi lebih sehat yaitu dengan roti pita gandum utuh. Olesi saus pizza, keju rendah lemak, dan sayuran lezat favorit Anda untuk camilan bergizi.

8. Popcorn

Popcorn alias berondong jagung dipenuhi dengan biji-bijian utuh dan serat. Kandungan biji-bijian tersebut dapat mengurangi kemungkinan untuk terkena diabetes dan penyakit jantung.

Jika tidak diselimuti oleh mentega dan garam, popcorn sebenarnya adalah camilan yang sangat sehat untuk anak. Sayangnya, banyak anak biasanya tidak begitu bersemangat untuk makan popcorn polos.

Jadi untuk membuat versi popcorn sehat menjadi lebih menarik selera, taburkan kayu manis atau bubuk bawang putih di atasnya. Jika semuanya gagal, Anda juga bisa cukup menambahkan popcorn polos ke dalam camilan buah dan kacang.

9. Yoghurt

Salah satu pilihan snack sehat yang baik untuk anak adalah yoghurt. Produk olahan susu ini adalah sumber yang baik untuk protein dan juga kalsium. Pada anak usia sekolah, kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulangnya.

Bahkan, manfaat kesehatan lain dari snack sehat ini adalah kandungan bakteri baik di dalam yoghurt. Pasalnya, bakteri baik itu berguna untuk sistem metabolisme di dalam tubuh si buah hati.

Sayangnya, yoghurt yang biasanya dijual untuk anak-anak sebagian besar masih mengandung banyak gula. Oleh karenanya, pilihkan yoghurt yang rendah gula untuk anak Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat memberikan yoghurt pada anak.

10. Oatmeal

Anda mungkin berpikir bahwa oatmeal adalah makanan yang hanya cocok dijadikan sarapan. Padahal, oatmeal juga cocok disantap sebagai snack sehat untuk anak. Mengapa demikian?

Oat memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan meningkat. Hal ini tentu baik untuk melancarkan pencernaan anak Anda. Jika Anda ingin membuatkan snack ini untuk anak, lebih baik pilih yang tidak memiliki kandungan gula terlalu tinggi.

Agar oatmeal yang ingin Anda sajikan sebagai snack sehat tidak terasa hambar, Anda boleh menambahkan bahan-bahan lain, misalnya buah apel atau satu sendok bubuk kayu manis. Anda juga bisa membuat oatmeal menggunakan susu. Dengan begitu, snack yang Anda buat pun mengandung protein dan juga kalsium yang sehat untuk anak.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Peran dan Manfaat Nutrisi dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu manfaat dari nutrisi adalah untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Jika asupannya tidak mencukupi, berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi.

Ditulis oleh: Roby Rizki

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
susu formula whey protein untuk anak

Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
agar bab lancar dan tidak keras

6 Tips Agar BAB Anak Lancar dan Tidak Keras

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020