Pentingnya Asupan Kalsium untuk Anak dan Sumber Makanan Terbaik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Asupan kalsium untuk anak sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya, terutama untuk kesehatan tulang dan gigi anak. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memberikan makanan atau minuman yang mengandung kalsium untuk anak Anda. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa manfaat kalsium untuk anak?

Dari masa kanak-kanak sampai remaja, tubuh menggunakan mineral kalsium untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Tidak hanya itu, kalsium juga berperan penting dalam pelepasan hormon dan enzim, serta menjaga fungsi otot dan saraf.

Tingkat kalsium tulang mulai menurun ketika anak mulai beranjak dewasa dan berangsur hilang seiring dengan bertambahnya usia, terutama pada wanita. Itu sebabnya, seseorang yang mendapat kalsium cukup dan aktivitas fisik, selama masa kanak-kanak dan masa remajanya, akan cenderung memiliki tulang kuat ketika dewasa. Sementara orang yang tidak mendapatkan cukup kalsium sejak dini berisiko tinggi mengalami berbagai masalah tulang di kemudian hari, misalnya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Yang terjadi jika asupan kalsium untuk anak tidak terpenuhi

Remaja, terutama perempuan, yang tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk pembentukan tulang secara optimal akan berisiko lebih besar terkena penyakit osteoporosis yang menyebabkan tulang jadi rapuh dan rentan patah.

Sementara itu, anak-anak dan bayi yang tidak mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D (yang membantu proses penyerapan kalsium) berisiko terkena rakhitis. Rakhitis sendiri adalah penyakit pelunakan tulang yang menyebabkan kelainan bentuk pada tulang seperti bungkuk, pertumbuhan tulang yang buruk, dan kadang-kadang menyebabkan otot nyeri dan lemah.

Asupan kalsium harian yang ideal dikonsumsi anak

Untuk mencegah semua hal yang sudah disebutkan di atas, penting bagi Anda untuk memastikan jika si kecil mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Berdasarkan angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, kebutuhan kalsium pada setiap orang akan berbeda tergantung kelompok umur, jenis kelamin, serta aktivitas yang dilakukannya. Meski begitu secara umum kebutuhan kalsium untuk anak yang harus di konsumsi per hari sebesar:

  • Usia 0-6 bulan 200 miligram (mg) per hari
  • Usia 7-11 bulan 250 miligram (mg) per hari
  • Usua 1-3 tahun: 650 miligram (mg) per hari
  • Usia 4 tahun ke atas: 1.000 miligram mg per hari

Anak tidak diwajibkan untuk memenuhi jumlah kalsium yang disarankan setiap hari. Meski demikian, jadikan kisaran tersebut sebagai jumlah rata-rata kalsium selama beberapa hari atau seminggu.

Sumber kalsium terbaik untuk anak

Produk susu seperti susu murni, yogurt, dan keju adalah beberapa sumber kalsium terbaik. Namun, ternyata Anda dapat pula menemukan berbagai sumber kalsium yang lain. Berikut beberapa makanan yang kaya akan kalsium:

  • Sarden
  • Ikan teri
  • Telur
  • Edamame
  • Selada
  • Kacang almond
  • Sayuran berdaun hijau tua, seperti brokoli, bayam, bokcoy, dan lainnya.
  • Kacang kedelai dan olahannya, seperti tahu dan tempe

Jumlah kalsium dalam setiap makanan sebenarnya akan bervariasi tergantung ukuran buah atau sayuran, merek, dan sebagainya. Anak bisa saja mengkonsumsi jenis makanan di atas dengan jumlah takaran yang kurang atau lebih, tergantung pada usia dan selera mereka. Itu sebabnya, selalu perkirakanlah kandungan gizi yang tepat dalam setiap makanan yang akan dikonsumsi anak Anda.

Kadar kalsium tidak terpengaruh oleh lemak, tapi lemak dalam produk susu turut berperan penting dalam masa perkembangan anak. Anak berusia di bawah 2 tahun membutuhkan setengah kalori dari lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat, sehingga diperlukan asupan lemak dari produk susu. Meski begitu, dokter Anda mungkin juga menganjurkan hal yang sebaliknya, di mana anak-anak di atas 2 tahun diberikan lebih sedikit kalori dari lemak, sehingga mereka harus mengonsumsi produk susu rendah lemak atau tanpa lemak untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Penting untuk diingat, jika anak gemar minum susu, pastikan dia tidak mendapatkan terlalu banyak kalori ekstra dari susu saja, melainkan dari makanan sehat lainnya juga. Pasalnya terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan anak jadi sembelit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Fakta di Balik 4 Mitos Osteoporosis yang Banyak Dipercayai

Anda mungkin sudah sering mendengar berbagai mitos yang beredar mengenai osteoporosis. Namun, bagaimana fakta yang sebenarnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Anak Suka Mengejan Saat BAB, Waspada Gejala Sembelit

Apakah anak suka mengejan saat BAB? Bisa jadi ini gejala sembelit. Bila dibiarkan bisa saja meningkatkan risiko kondisi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Anak, Parenting 27/04/2020 . 4 menit baca

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 22/04/2020 . 6 menit baca

Cara Aman Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Mengatasi sembelit pada ibu hamil tidak boleh sembarangan. Apalagi dalam menggunakan obat susah BAB untuk ibu hamil. Lihat cara amannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Sembelit (Konstipasi), Health Centers 21/04/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab keropos tulang 1

Hati-hati, Tulang Bisa Keropos Selama di Rumah Saja karena Tak Banyak Aktivitas

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . 4 menit baca
bayi sering mengejan

Hati-hati, Bu, Ketahui Dampak Buruk Bayi Sering Mengejan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . 4 menit baca
pantangan makanan osteoporosis

5 Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . 4 menit baca
gejala alergi cat rambut

Ingin Warnai Rambut? Hati-hati, Kenali Dulu Gejala Alergi Cat Rambut

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . 5 menit baca