Kenali Berbagai Jenis Susu untuk Anak Ini (Mana yang Terbaik?)

Oleh Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.

Susu memang mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Sekarang ini banyak pilihan susu yang bisa diminum anak. Lalu apa saja jenis susu untuk anak yang bisa dikonsumsi?

Apa saja jenis susu untuk anak?

Susu sapi

Susu sapi merupakan susu yang paling sering dan banyak dikonsumsi. Susu sapi mengandung sederet vitamin dan nutrisi yang sehat, seperti vitamin D, kalsium, natrium, niasin, dan protein. Susu sapi juga mengandung lemak jenuh. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa lemak jenuh dari susu sapi memiliki efek yang netral pada risiko penyakit jantung.

Susu kambing

Kandungan nutrisi susu kambing sebetulnya mirip dengan susu sapi. Akan tetapi, kalori dan lemak jenuh yang terkandung pada susu kambing lebih banyak, begitu juga kandungan kalsiumnya yang lebih tinggi pada susu kambing. Maka, Anda tinggal menyesuaikan seperti apa kebutuhan nutrisi si kecil.

Susu kedelai

Susu kedelai adalah alternatif susu yang baik untuk anak yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu sapi. Susu kedelai memiliki sumber energi, protein, gula, serat, dan lemak yang baik. Termasuk di dalamnya terkandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Kedelai adalah salah satu dari sedikit tanaman yang menyediakan asam amino esensial yang dibutuhkan. Oleh karena itu kedelai merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Bila Anda ingin memiliki susu kedelai untuk anak Anda, pilih yang terbuat dari kacang utuh dan dengan pemanis alami.

Susu almond

Susu almond dianggap sebagai pilihan yang tepat bagi anak dengan alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Selain itu, kandungan kalori susu almond 50 persen lebih rendah dibandingkan susu sapi. Dalam satu gelas susu almond tanpa gula Anda hanya akan menemukan 30-40 kalori.

Susu almond tidak memiliki banyak protein atau kalsium untuk menjadi pengganti susu sapi sepenuhnya. Satu gelas susu almond hanya memiliki 1 gram protein bila dibandingkan susu sapi yang memiliki 8 gram. Selain itu kandungan kalsiumnya 2 miligram bila dibandingkan kandungan kalsium susu sapi yang mengandung 300 miligram. Kandungan vitamin D dan kalsiumnya yang cukup banyak membuat susu almond bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi.

Jenis susu yang terbaik untuk anak

Sebenarnya jenis susu yang terbaik untuk anak Anda bergantung dari usia anak. Anak di bawah 1 tahun tidak boleh minum susu sapi biasa, termasuk yogurt dan keju serta produk susu sapi olahan lainnya.

Setelah anak sudah berusia 1 tahun, Anda dapat memberikan susu sapi atau dikurangi lemak sekitar dua persen. Anak di bawah usia 2 tahun membutuhkan nutrisi dan lemak sehat dalam susu utuh atau dikurangi lemak untuk perkembangan otak.

Saat usia anak Anda sudah 2 tahun. Semua jenis susu, susu utuh biasa, susu tanpa atau rendah lemak, mengandung protein, vitamin dan mineral yang sangat mirip.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca