Alternatif Pengganti Daging Dalam Menu Makanan Anak Anda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019
Bagikan sekarang

Anda bisa menghabiskan hari demi hari untuk membujuk anak Anda memakan sesuatu yang sehat. Anak-anak terkenal suka pilih-pilih makanan, dan mereka menghindari seluruh kelompok makanan atau makanan dari warna tertentu.

Karena mengandung beberapa nutrisi penting, daging menjadi bagian penting dari pola makan seimbang untuk anak Anda. Menambahkannya dalam menu makan anak Anda, membantu mencegah mereka kekurangan vitamin dan mineral yang dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini kandungan yang ada dalam daging:

1. Zat besi

Besi adalah nutrisi yang dibutuhkan anak Anda untuk mendapatkan energi, serta untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Zat ini membawa oksigen melalui darah menuju organ internalnya. Kurangnya zat besi, seperti pada anemia, dapat mengakibatkan kelelahan dan mengurangi sistem kekebalan tubuh. Anak Anda perlu 8-10 miligram zat besi setiap hari.

Daging dan seafood merupakan sumber utama zat besi. Menyajikan daging atau seafood untuk anak Anda adalah cara sederhana untuk memastikan ia mendapatkan cukup zat besi. Daging sapi mengandung sekitar 2 miligram zat besi per porsi, ayam memiliki sekitar 1 miligram, dan sebagian besar jenis makanan laut mengandung antara 0,5 dan 1 miligram.

2. Protein

Protein memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak Anda. Protein juga merupakan sumber energi. Daging merupakan sumber protein sehat yang menyokong tulang, otot, darah, kulit, dan hormon anak Anda. 10%-35% dari asupan kalori harian anak Anda harus berasal dari protein. Penyajian 3 ons daging dari sebagian besar jenisnya mengandung sekitar 20 gram protein, membuatnya menjadi cara mudah untuk membantu anak Anda mencapai tujuan asupan proteinnya.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk pengembangan saraf dan pertumbuhan sel anak Anda. Nutrisi ini hanya tersedia dalam makanan hewani, sehingga daging menjadi jalan yang ideal untuk memastikan bahwa anak Anda mendapatkan kadar harian yang direkomendasikan; 1,2-1,8 mikrogram; yang ia perlukan untuk kesehatan yang baik. Salmon, trout, dan tuna mengandung antara 2,5-5 mikrogram vitamin B12 per porsi. Daging sapi mengandung sekitar 1,5 mikrogram dan ayam dengan hampir 1 mikrogram.

Alternatif pengganti daging

Banyak anak memilih untuk menolak minum susu, produk susu, telur, kacang atau mentega almond, roti kacang panggang,  sereal sarapan diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau, kacang dan kacang kering, yang semuanya merupakan alternatif untuk daging. Bagaimana membuat burger lentil dengan hummus, salad, dan keripik buatan rumahan sebagai alternatif yang menyenangkan?

Baiknya Anda pertimbangkan, bagaimanapun juga protein hewan dan tumbuhan berbeda dalam apa yang diberikan.

Anda dapat memenuhi kebutuhan protein Anda melalui sumber tanaman, tetapi tidak diragukan lagi bahwa daging merupakan sumber terkaya protein, zat besi dan vitamin B12 (nutrisi yang membuat para vegetarian berisiko kekurangan). Protein hewani dianggap memiliki protein lengkap, yang berarti memberikan semua 9 asam amino esensial, sementara beberapa protein nabati mungkin kurang satu atau lebih asam amino esensial.

TETAPI, memungkinkan untuk mendapatkan semua asam amino esensial dengan menggabungkan berbagai protein nabati bersama. Ingat, mereka tidak perlu dikombinasikan dengan setiap makan. Baik pada saat satu sesi makan sehari atau bahkan sekali seminggu pun tidak apa-apa.

  • Lentil dengan kacang atau biji-bijian
  • chickpeas dengan biji-bijian

Hal lain yang perlu diingat adalah penyerapan zat besi dari makanan ini tidak sebagus daging, sehingga terus lakukan usaha memasukkan daging jika memungkinkan.

  • Tetap tawarkan sejumlah kecil ayam cincang, steak, daging sapi, domba, atau ikan ketika makan.
  • Menggunakan cincangan dengan kreatif kadang dapat lebih baik – Anda bisa mencobanya dengan membuat pizza, atau pasta.
  • Beberapa anak menyukai nilai hiburan dari mengunyah tulang, jadi manfaatkan hal ini. Coba beri mereka chicken wings yang menyenangkan untuk digerogoti.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

    Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

    Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

    6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

    Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

    Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hari Raya, Ramadan 25/04/2020

    Direkomendasikan untuk Anda

    hamil setelah keguguran

    Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
    menu puasa untuk ibu hamil

    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
    puasa bagi ibu hamil

    4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
    gangguan makan ibu hamil

    Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020