Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Bayi Bingung Puting

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mengalami, si kecil tiba-tiba menolak menyusu pada payudara Anda? Kemungkinan hal ini disebabkan bingung puting. Tentu saja, penolakan tersebut dapat menimbulkan kekhawatiran. Lalu, apa sebenarnya penyebab dan cara mencegah bayi bingung puting sejak awal? Yuk ketahui jawabannya dalam artikel berikut.

Apa penyebab bayi mengalami bingung puting?

Penyebab bayi bingung puting umumnya terjadi ketika bayi telah menyusui melalui botol, kemudian perlu menyesuaikan diri kembali untuk menyusui langsung melalui payudara ibu.

Pada kondisi ini, bayi menjadi bingung dan mulai mengalami kesulitan mengisap susu melalui payudara atau bahkan menolak payudara sama sekali.

Bayi bingung puting bisa terjadi karena puting pada botol dan payudara berbeda. Puting pada botol cenderung kaku dan aliran susu yang dihisap lebih konstan atau tetap dan deras.

Sementara itu, ketika menyusui dari payudara, bayi harus terlebih dahulu membuka mulutnya lebar-lebar dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan susunya karena alirannya tidak begitu deras.

Bahkan, disebut dalam BabyCenter, bayi yang menyusui melalui payudara ibu menggunakan sekitar 40 otot di wajahnya untuk mendapatkan susu yang ia butuhkan.

Tips mencegah bayi bingung puting

Pada dasarnya, penyebab bayi bingung puting  terjadi karena ibu menyusui terlalu cepat memperkenalkan botol kepada bayinya sementara ia belum begitu lancar saat menyusui dari payudara ibu.

Oleh karena itu, kunci mencegah bayi bingung puting, yaitu ibu perlu membantu bayi agar lebih lancar dalam menyusui serta menunggu untuk memberikan botol dot kepadanya. Berikut ini tips yang bisa dipraktikkan:

1. Perkenalkan botol dot secara perlahan

Ibu menyusui perlu menunggu memperkenalkan botol dot kepada bayi untuk menghindari botol dot sebagai penyebab sekaligus mencegah bayi bingung puting. Hal ini perlu dilakukan agar bayi lebih lancar saat menyusui melalui puting payudara.

Beberapa ahli merekomendasikan, bayi perlu menyusui secara eksklusif dari payudara ibu pada tiga hingga empat minggu pertama usianya agar bayi lebih lancar dalam menyusui dan persedian ASI pun lebih mapan.

Setelah itu, ibu sudah bisa memperkenalkan botol dot kepada bayinya secara perlahan, seperti satu botol sehari. Hal ini perlu dilakukan agar bayi tidak bingung karena ia pun baru mengenal puting payudara ibunya.

Namun, perlu diingat, memperkenalkan dot botol tidak mesti dilakukan oleh semua ibu menyusui. Ibu yang perlu memperkenalkan botol dot kepada bayinya, seperti ibu menyusui yang bekerja.

2. Gunakan cangkir

Untuk menghindari botol dot sebagai penyebab bayi bingung puting. Maka ibu menyusui yang bekerja dapat menggunakan cangkir atau cup feeder untuk memberikan ASI perah.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan menggunakan cup feeder ini karena lebih efektif untuk pemberian ASI eksklusif serta alat ini pun lebih mudah dibersihkan daripada botol. Dengan menggunakan alternatif botol dot, ibu bisa mencegah bingung puting pada bayi.

3. Susui bayi pada posisi yang tepat

Ibu dan bayi perlu berada pada posisi menyusui yang tepat untuk memudahkan bayi menghisap susu dan ibu pun terhindar dari rasa pegal.

Pada saat menyusui pun, penting bagi ibu dan bayi untuk melakukan kontak kulit atau bersentuhan langsungHal ini dapat membantu menenangkan bayi dan dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

4. Susui bayi sebelum merasa lapar

Bayi memberikan beragam tanda ketika merasa lapar, seperti menjulurkan lidahnya, memasukkan tangan ke mulutnya, atau menangis hingga rewel.

Ibu perlu mengenali tanda-tanda ini dan segera susui bayi sebelum ia menangis dan menjadi kesal. Bila menyusui dengan kondisi bayi yang tenang, proses menyusui pun akan lebih baik dan lancar sehingga Anda dapat mencegah bayi bingung puting.

5. Pijat payudara untuk memperlancar ASI

Untuk membantu bayi mendapatkan ASI, kelancaran produksi ASI dari ibu pun sangat penting. Oleh karena itu, ada baiknya ibu melakukan upaya untuk memperlancar produksi ASI, seperti mengonsumsi makanan bergizi atau melakukan pijat payudara. Memijat payudara sebelum menyusui diyakini dapat membantu mengeluarkan ASI.

Setelah mengetahui penyebab bayi bingung puting, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah mencegahnya sejak dini. Hal ini penting agar bayi bisa kembali segera menyusu pada payudara ibu.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Normalkah Jika Payudara Bengkak Saat Menyusui?

Saat masa menyusui, Anda mungkin memerhatikan perubahan payudara yang terlihat bengkak. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini dan bagaimana penanganannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 18/10/2019

Berbagai Obat untuk Memulihkan Puting Susu Lecet Saat Menyusui

Perlekatan mulut bayi yang salah pada puting dapat membuatnya lecet. Agar bisa menyusui dengan lancar, ada beberapa obat untuk memulihkan puting susu lecet.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 06/09/2019

Perlukah Ibu Minum Suplemen Penambah ASI?

Penggunakan suplemen penambah atau pelancar ASI kerap dijadikan jalan pintas guna mengoptimalkan pemberian ASI. Sebenarnya, efektif atau tidak, ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 03/09/2019

Perlukah Minum Susu Pelancar ASI Selama Menyusui?

Ada beberapa makan dan minuman yang biasanya dikonsumsi untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Lantas, bagaimana dengan susu pelancar ASI?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 03/09/2019

Direkomendasikan untuk Anda

puting menyusui

Tips Menyusui yang Baik Sesuai Bentuk Puting Ibu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tanggal tayang 23/02/2020
merangsang puting pria

Tips Merangsang Puting Payudara Pria Agar Seks Lebih Bergairah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Tanggal tayang 13/12/2019
cara membangunkan bayi untuk menyusui

7 Cara Membangunkan Bayi yang Benar agar Mau Menyusu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang 28/10/2019
bayi muntah setelah minum ASI

3 Penyebab Bayi Muntah Setelah Menyusu ASI Beserta Cara Penanganannya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang 18/10/2019