Apa Itu Bingung Puting dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/11/2017
Bagikan sekarang

Pernah mendengar istilah bingung puting? Bingung puting umum terjadi pada bayi di awal-awal kehidupannya. Hal ini tentu dapat mengganggu pemberian ASI eksklusif kepada bayi. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

Apa itu bingung puting?

Bayi yang selalu mendapatkan ASI langsung dari payudara ibu dan tidak pernah mendapatkan botol susu mungkin tidak pernah mengalami bingung puting. Bingung puting bisa terjadi saat bayi yang sudah biasa mengisap dot botol susu, kemudian berusaha mengisap puting payudara ibu lagi.

Mengisap dot dengan mengisap payudara ibu tentu berbeda bagi bayi. Bayi mungkin harus bekerja lebih keras untuk dapat mengisap payudara ibu. Mengapa? Hal ini karena bayi harus membuka mulutnya dan menempel dengan baik di payudara ibu agar bisa mengisap payudara ibu dengan nyaman. Saat mengisap payudara ibu, bayi harus menggerakkan sekitar 40 otot wajahnya untuk mendapatkan ASI sampai perutnya kenyang.

Bila bayi mengisap dot, ia tidak harus bersusah payah seperti itu untuk mendapatkan susu. Bayi hanya tinggal membuka mulutnya dan kemudian dot akan menghampiri mulutnya. Kemudian, susu pun akan menetes sedikit demi sedikit dari lubang dot dan bayi tidak perlu sekuat tenaga mengisap dot.

Nah, saat bayi sudah terbiasa mengisap dot dengan mudahnya, ia bisa saja merasa kesulitan saat harus mengisap payudara, sehingga menolak untuk menyusu di payudara ibu. Biasanya, untuk menempel pada payudara ibu dengan baik pun bayi akan merasa kesulitan jika ia sudah terbiasa dengan dot.

Bagaimana cara mengatasi bingung puting?

Bingung puting biasanya dialami oleh bayi yang diperkenalkan dengan botol susu terlalu dini. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar bayi tidak diberi botol susu sampai usianya kira-kira mencapai 4-6 minggu, dilansir dari WebMD.

Tentu, bingung puting bisa berdampak buruk bagi bayi. Bingung puting dapat membuat bayi merasa kesulitan dalam mendapatkan ASI dari payudara ibu. Bahkan, beberapa orang menganggap bingung puting sebagai salah satu penyebab bayi berhenti menyusu di payudara ibu lebih awal. Untuk itu, bingung puting harus segera diatasi. Bagaimana caranya?

  • Terus susui bayi. Satu hal yang harus terus Anda lakukan agar bayi tidak mengalami bingung puting adalah terus menawarkan bayi ASI langsung dari payudara Anda. Awalnya mungkin Anda merasa kesulitan, bayi pun merasa kesulitan untuk menempel di payudara Anda. Namun, jika terus-terusan dicoba (tanpa memaksa bayi), hal ini dapat membantu bayi untuk menemukan posisi nyamannya untuk menyusu di payudara ibu.
  • Bantu bayi saat menyusu. Anda mungkin bisa membantu bayi agar lebih mudah meraih payudara Anda. Saat mulut bayi sudah terbuka, bantu bayi agar bisa menempel dan mengisap puting payudara Anda dengan baik. Anda juga bisa memijat payudara Anda untuk membantu mengeluarkan ASI saat menyusui.
  • Menyusui pada waktu yang tepat. Bayi harus dalam kondisi yang lapar agar ia menyusu di payudara Anda dengan baik. Bayi yang lapar biasanya akan mengisap payudara Anda dengan semangat, sehingga bisa mendapatkan ASI lebih banyak. Hal ini membuat ia puas dan kenyang setelah menyusu.
  • Kurangi penggunaan botol susu, termasuk empeng. Terus-menerus menawarkan botol susu dan empeng pada bayi dapat membuat bayi tambah kesulitan untuk bisa menikmati menyusu di payudara ibu. Untuk itu, sebaiknya kurangi frekuensi penggunaan botol susu atau empeng, terutama saat bayi masih kecil atau belum pandai menyusu di payudara ibu dengan baik.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Arinda Veratamala adalah ahli gizi lulusan program studi Ilmu Gizi dari Universitas Indonesia. Bakatnya di bidang penulisan mendorongnya untuk menelurkan ...

Artikel dari ahli Arinda Veratamala, S.Gz

Zat Besi Sangat Penting Bagi Bayi, Berapa Banyak yang Dibutuhkannya?

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi bayi. Nah, jika terjadi kekurangan zat besi, apa sih dampaknya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
kebutuhan zat besi bayi

Makanan Padat Bayi Sebaiknya yang Seperti Apa?

Bayi yang tadinya biasa menerima makanan dalam bentuk cair (ASI), harus belajar menerima makanan padat. Nah, makanan padat bayi sebaiknya yang seperti apa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
makanan padat untuk aanak

Bayi Baru Belajar Makan, Berapa Banyak Porsi yang Harus Diberikan?

Memberi makanan pertama bayi merupakan tantangan khusus bagi ibu. Salah-salah, asupan gizi bayi bisa kurang. Nah, berapa banyak sebaiknya bayi diberi makan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
makanan pertama bayi
READ MORE FROM Arinda Veratamala, S.Gz

Yang juga perlu Anda baca

Ini Cara Menyusui Bayi Prematur Agar Pertumbuhan Optimal

Bayi prematur membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari bayi yang lahir secara normal. Sebaiknya Anda mengikuti cara menyusui bayi prematur ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Parenting, Menyusui 06/01/2020

5 Tips Bagi Ibu Menyusui Agar Liburan Tetap Asyik dan Nyaman

Kegiatan menyusui saat liburan adalah suatu tantangan tersendiri. Berikut sejumlah tips yang akan membuat liburan Anda terasa tetap nyaman walau menyusui.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Parenting, Menyusui 30/12/2019

Bolehkah Ibu Dengan Diabetes Menyusui Bayinya?

Diabetes merupakan penyakit yang bisa diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Oleh karena itu, bolehkah ibu dengan diabetes menyusui bayinya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

5 Hal yang Harus Dilakukan Suami saat Dampingi Istri Berikan ASI

Ayah ASI perlu tahu betapa pentingnya mendampingi ibu dalam proses menyusui. Pendampingan tersebut dapat dimulai dengan memberikan dukungan kepada ibu.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Parenting, Menyusui 31/10/2019
Arinda Veratamala adalah ahli gizi lulusan program studi Ilmu Gizi dari Universitas Indonesia. Bakatnya di bidang penulisan mendorongnya untuk menelurkan ...

Direkomendasikan untuk Anda

puasa dan perubahan yang terjadi bagi ibu yang baru setelah melahirkan

4 Kiat Jitu Agar Produksi ASI Tetap Lancar Meski Sedang Berpuasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
bayi bingung puting

Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Bayi Bingung Puting

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020
ibu menyusui positif coronavirus

Panduan Aman untuk Ibu Menyusui yang Positif COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020
puting menyusui

Tips Menyusui yang Baik Sesuai Bentuk Puting Ibu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020