4 Tips Mudah Mengatasi Bentol di Kulit Bayi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika si kecil terlihat terus menerus menggaruk area kulit tertentu, dalam waktu yang tidak begitu lama, biasanya akan muncul benjolan yang warnanya agak kemerahan atau biasa disebut bentol. Jangan biarkan si kecil terus menggaruk karena bisa-bisa kulitnya jadi iritasi. Anda harus tahu cara menghilangkan rasa gatal dan bentol ini. Lantas, bagaimana cara mengatasi bentol di kulit bayi? Begini caranya.

Bagaimana cara mengatasi bentol di kulit bayi?

Gatal pada bayi yang menyebabkan tubuh si kecil jadi bentol-bentol bisa dipicu oleh beberapa hal. Bisa jadi karena alergi, cuaca yang cukup panas, atau karena digigit serangga seperti nyamuk. Bentol di kulit bayi sebagian besar tidak memerlukan pengobatan khusus, gejalanya biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa jam atau hari.

Namun, jika Anda khawatir bentol di kulit bayi jadi semakin merah dan mengganggu kenyamanan buah hati Anda, coba lakukan cara-cara di bawah ini untuk mengatasi bentol di kulit bayi.

1. Dinginkan kulit bayi

Si kecil mungkin jadi terlihat gelisah, rewel, dan berusaha menggaruk bentol-bentol pada kulitnya. Segera kendurkan atau lepas baju anak Anda, jika area bentol di kulit bayi tertutupi oleh pakaiannya.

Jika Anda sedang ada di ruangan panas, atau di luar ruangan yang cuacanya cukup terik, segera bawa si kecil masuk dan nyalakan AC, kipas angin, atau kipas-kipaskan tubuh si kecil dengan menggunakan kipas tangan. Setelah itu, Anda bisa membawa si kecil ke kamar mandi.

Alirkan area dingin ke bagian tubuh yang gatal-gatal atau bentol, hal ini bertujuan untuk membersihkan bayi Anda dari keringat, debu, atau minyak. Anda juga bisa melakukan kompres dingin dengan menggunakan kain basah dingin pada bagian bentol di kulit bayi. Hal ini untuk mengurangi rasa gatal dan bentol di kulit bayi. 

2. Keringkan kulit bayi

Setelah Anda membasahi kulit si kecil dengan air atau sekedar melakukan kompres dingin, biarkan kulit bayi kering dengan sendirinya, jangan digosok menggunakan handuk. Anda juga bisa menggunakan kipas angin atau kipas tangan agar si kecil cepat kering. Namun, jangan melakukannya terlalu lama.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi iritasi pada si kecil karena kondisi kulit bayi yang berbeda-beda, bentol di kulit bayi bisa memiliki arti kondisi kesehatan tertentu pada si kecil.

3. Gunakan lotion dan krim yang mengandung calamine

Jika si kecil menangis ketika Anda menyentuh kulitnya dan bentol di kulit bayi kelihatannya sangat gatal, oleskan lotion calamine pada kulitnya. Namun, jangan sampai mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata si kecil.

Jika bentol di kulit bayi parah, gunakan krim hidrokortison sesuai saran dokter. Anda disarankan untuk tidak menggunakan salep dan lotion jenis lainnya karena dapat membuat bentol di kulit bayi semakin parah atau bayi mengalami reaksi alergi.

perawatan bayi

4. Biarkan kulit bayi bernapas

Untuk sementara waktu, biarkan si kecil telanjang atau usahakan pakaikan si kecil baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat atau yang agak tipis, berbahan lembut, dan longgar misalnya katun. Jangan memakaikan baju yang terlalu tebal dan ketat. 

Hal ini untuk membiarkan kulit bayi Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, hal ini juga baik untuk mencegah infeksi yang mudah terjadi ketika kulit terlalu lembap atau berkeringat. Jangan biarkan si kecil menggaruk area kulit yang bentol. Jika gigitan nyamuk adalah penyebab bentol di kulit bayi, pasanglah jaring nyamuk saat si kecil tidur pulas.

5. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter

Jika usaha yang Anda lakukan tidak ada perubahan, dan bentol di kulit bayi semakin parah dan terasa begitu gatal, ada baiknya segera konsultasikan hal ini lebih lanjut ke dokter. Terutama jika Anda  adanya tanda-tanda infeksi, kemerahan, dan pembengkakan.

Banyak penyakit berbahaya yang bisa ditularkan oleh gigitan nyamuk. Biasanya, gigitan nyamuk tidak begitu berbahaya. Tapi jika anak Anda mengalami gejalanya seperti demam, muntah, sakit kepala, dan rewel. Segera temui dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan si kecil.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Kadang, ibu tidak memperhatikan kapan harus mengganti popok dan cenderung membiarkan bayinya memakai popok terlalu lama. Ini akibatnya pada bayi Anda.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Ruam Popok

Bayi yang keseringan pakai popok, memang rentan terkena ruam popok. Jangan khawatir, ikuti cara berikut ini untuk mengobati dan mengatasi ruam popok.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 13 menit

Berbagai Cara Mudah Mengatasi Ruam Susu Pada Bayi ASI Eksklusif

Para ibu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kemunculan ruam susu atau ruam di pipi bayi. Namun, apakah ruam susu itu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Memilih Sabun untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Kulit bayi masih sangat sensitif, untuk itu Anda perlu memilih sabun yang tepat. Bagaimana cara memilih sabun bayi untuk kulit sensitif?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

patah tulang selangka atau fraktur klavikula

Mengenal Patah Tulang Selangka (Fraktur Klavikula) yang Bisa Terjadi pada Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 7 November 2020 . Waktu baca 10 menit
cara merawat kulit bayi

Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat Tanpa Membuat Iritasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
masalah kulit pada bayi

Ibu, Ini 9 Penyakit Kulit yang Paling Umum Dialami Bayi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit