home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Takut Digigit Nyamuk di Rumah Sendiri? Yuk, Cegah dengan 6 Cara Ini

Takut Digigit Nyamuk di Rumah Sendiri? Yuk, Cegah dengan 6 Cara Ini

Tak hanya di luar rumah, kebun, atau tempat yang banyak semak, gigitan nyamuk juga bisa terjadi di rumah sendiri. Gigitan nyamuk ini bisa mengganggu karena menyebabkan bentol yang gatal. Agar terhindar dari gigitan nyamuk, intip cara mencegah berikut ini.

Yang terjadi setelah digigit nyamuk

akibat gigitan nyamuk digigit nyamuk

Kebanyakan orang setelah digigit nyamuk akan merasakan gatal dan kulit memerah serta adanya pembengkakan atau bentol.

Menurut American Academy of Allergy Asthma & Immunology, sebagian orang yang mengalami gigitan nyamuk justru menimbulkan reaksi yang cukup parah akibat alergi. Mulai dari demam, sendi membengkak, hingga anafilaksis.

Anafilaksis adalah reaksi dari sebuah alergi yang dapat membuat penderitanya pingsan atau bahkan kematian. Reaksi ini terjadi dalam hitungan detik dan menit bersamaan dengan penurunan tekanan darah dan sulit bernapas.

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami hal tersebut, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Oleh karena ada kemungkinan yang cukup berbahaya, Anda tentu perlu mengetahui cara-cara mencegah gigitan nyamuk.

Cara ampuh mencegah gigitan nyamuk

Seperti yang dilansir dari CDC (lembaga pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika), nyamuk biasanya menggigit pada saat siang dan malam, baik di luar maupun dalam ruangan.

Serangga yang satu ini biasanya mencari tempat yang hangat ketika suhu mulai dingin. Nyamuk biaanya akan berkumpul di ruang yang tertutup, seperti garasi atau gudang.

Umumnya, nyamuk akan berkembang biak pada tempat yang lembap atau penampungan air, seperti kolam, ban bekas, tanaman yang basah, hingga sampah.

Jika merasa rumah Anda belum terbebas dari serangan nyamuk, ini dia beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mencegah gigitan nyamuk.

1. Menggunakan kipas angin

mengatasi kepanasan saat puasa

Nyamuk ternyata merupakan binatang yang tidak terlalu bisa terbang. Itu sebabnya, salah satu cara mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan kipas angin.

Angin yang diciptakan mungkin akan membuat kemampuan terbangnya terganggu. Jika Anda berdiri atau duduk di dekat kipas angin, kemungkinan besar nyamuk akan kesulitan menggigit Anda.

2. Mengoleskan minyak peppermint

Menurut sebuah penelitian tahun 2011, peppermint termasuk ke dalam salah satu yang mampu menjadi pengusir nyamuk. Tanaman ini terbukti dapat menjadi cara mencegah gigitan nyamuk, termasuk Aedes aegypti selama 45 menit.

Ekstrak tumbuhan peppermint ini dijadikan minyak esensial agar bisa dioleskan ke lengan atau area tubuh yang Anda inginkan. Cara pemakaiannya pun mudah, Anda cukup mencampurkan minyak peppermint dengan lemon agar mendapatkan aroma mint yang sempurna.

Akan tetapi, ada hal yang perlu diingat bahwa minyak peppermint dapat menimbulkan sensasi panas di kulit. Anda mungkin dapat mengombinasikannya dengan minyak canola.

3. Rutin membuang sampah

buang sampah

Sadarkah Anda bahwa sampah yang menumpuk di sudut ruangan dan membuat lantai lembap dapat menjadi sarang nyamuk?

Supaya Anda dan anggota keluarga lainnya bebas dari anacaman digigit nyamuk, jangan lupa rutin membuang sampah ke tempat pembuangannya.

Selain itu, memisahkan sampah yang basah dengan kering pun dapat dilakukan untuk mempermudah Anda ketika memilih dan menyortirnya.

4. Memakai minyak catnip

minyak esensial untuk tenggorokan sakit

Selain digunakan dalam dunia kuliner, catnip juga dijadikan salah satu cara mencegah gigitan nyamuk di rumah.

Ekstrak catnip dinilai lebih aman dan tidak membawa efek samping pada kulit. Supaya tidak digigit nyamuk, Anda bisa menggunakan minyak catnip. Minyak ini mampu melindungi tubuh Anda dari gigitan nyamuk selama 7 jam.

5. Memanfaatkan kegunaan tanaman sereh

manfaat minyak sereh

Kandungan alami yang biasa ada di losion anti nyamuk adalah sereh. Jika Anda ingin memakai cara yang alami untuk mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa menggabungkan minyak sereh dengan minyak esensial lainnya.

Salah satu minyak esensial yang dianjurkan untuk dicampurkan dengan minyak sereh adalah minyak kulit kayu manis. Kombinasi dari keduanya ternyata dapat menghasilkan penangkal nyamuk yang cukup kuat.

6. Membersihkan genangan air

genangan air

Tempat sampah yang lembap, genangan air, dan kolam yang tidak terurus dapat menjadi sarang nyamuk. Oleh karena itu, membersihkan genangan air di halaman dan dalam rumah dapat membuat nyamuk enggan berkembang biak di sana.

Tips menjaga kebersihan rumah dari genangan air supaya Anda tidak digigit nyamuk, antara lain:

  • Membersihkan talang air di atap yang tersumbat
  • Mengosongkan penampuangan air apa pun
  • Memastikan air hujan tidak akan menetesi tempat sampah
  • Menyimpan pot bunga atau wadah lainnya yang tidak digunakan dalam keadaan terbalik
  • Menjaga tepi kolam agar terhindar dari jamur
  • Memakai jaring antinyamuk pada tangki septik, sumur, atau tempat penampungan air.

Sebenarnya, cara paling amouh untuk mencegah gigitan nyamuk adalah membasmi sarang nyamuk. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah dan melakukan fogging 3-6 bulan sekali adalah langkah yang cukup tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Maia, Marta Ferreira, and Sarah J Moore. “Plant-Based Insect Repellents: A Review Of Their Efficacy, Development And Testing”. Malaria Journal, vol 10, no. S1, 2011. Springer Nature, doi:10.1186/1475-2875-10-s1-s11. Accessed 4 July 2019.

Take a bite out of mosquito stings https://www.aaaai.org/conditions-and-treatments/library/allergy-library/taking-a-bite-out-of-mosquitoes accessed July 4, 2019. 

Prevent mosquito bites https://www.cdc.gov/features/stopmosquitoes/index.html accessed July 4, 2019. 

7 Natural ways to prevent mosquito bites https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-ways-to-prevent-mosquito-bites.aspx accessed July 4, 2019. 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 23/07/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x