Memahami Rooting Reflex, Saat Bayi Spontan Buka Mulut Ketika Disentuh Pipinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/04/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat memeluk atau mengendong bayi, Anda mungkin pernah melihat si kecil menunjukkan refleks tubuh. Ini merupakan gerakan spontan yang dilakukan bayi yang baru lahir. Salah satu refleks pada bayi, yaitu rooting reflex. Apasih rooting reflex pada bayi dan kapan si kecil menunjukkan refleks ini? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Mengenal rooting refleks, jenis refleks pada bayi

Rooting reflex adalah satu jenis dari sekian banyak refleks yang terjadi pada bayi. Gerakan tubuh bayi ini ditandai dengan bayi membuka mulut ketika Anda menyentuh bagian kulit di sekitar mulut dan pipi. Selain itu bayi juga akan berusaha mendapatkan jari tangan Anda ke mulut dengan menggerakan kepalanya.

Refleks pada bayi ini bukan gerakan yang tidak mengandung arti. Ini merupakan transisi bayi baru lahir supaya dapat beradaptasi dan bertahan hidup di lingkungan baru. Rooting reflex ini juga membuat bayi mampu menemukan payudara atau botol susu untuk mulai menyusui.

Rooting reflex pada bayi berbeda dengan sucking reflex atau refleks mengisap. Rooting reflex terjadi lebih dahulu untuk membantu bayi menemukan payudara atau dot pada botol susu.

Sementara, sucking reflex akan muncul setelahnya untuk membantu bayi mengisap puting atau dot untuk mendapatkan ASI maupun susu. Meski berbeda, tujuan kedua refleks ini sama, yaitu membantu bayi untuk mendapatkan makanan.

Kapan bayi menunjukkan rooting refleks?

perkembangan bayi 13 minggu

Sebenarnya, berbagai jenis refleks sudah dimiliki oleh bayi selama di dalam kandungan, termasuk rooting reflex. Namun, akan terlihat jelas setelah ia dilahirkan ke dunia. Jadi, pada beberapa bulan pertama, beberapa bayi sudah bisa menunjukkan refleks untuk membuka mulut ketika tangan Anda menyentuh kulit di dekat bibir.

Dalam tiga minggu ke depan, sebagian besar bayi sudah bisa memalingkan kepala dan menggerakkan kepalanya untuk memasukkan tangan Anda ke mulut mereka. Pada usia 4 bulan, refleks ini akan hilang sebab bayi sudah bisa mendapatkan puting susu atau dot botol tanpa kesulitan lagi mencari-carinya.

Namun, tidak semua rooting reflex pada bayi akan ditunjukkan di waktu yang sama pada umumnya. Contohnya, pada bayi prematur. Bayi yang lahir lebih awal ini mungkin akan menunjukkan rooting reflex pada usia 28 hingga 30 minggu. Jangan khawatir, meski lebih lambat mengembang rooting reflex, sebagian besar bayi sudah bisa mengembangkan sucking reflex.

Untuk memudahkan si kecil menyusui, Anda perlu mengarahkan puting susu atau botol susu langsung ke mulutnya. Lakukan secara perlahan, sampai bayi dapat menemukan puting atau dot botol dengan sendirinya. Bagi bayi prematur yang mendapatkan makanan melalui intravena (selang makanan), minta dokter untuk membantu Anda membuat rencana memberi makan bayi sendiri di rumah.

Segera ke dokter, bila bayi mengalami hal ini

bayi tertidur saat menyusu

Refleks pada bayi seperti rooting reflex dikuasai dalam waktu yang berbeda-beda. Jika Anda atau bayi terlihat mengalami kesulitan, jangan ragu untuk konsultasi pada dokter. Terutama jika Anda khawatir jika si kecil kekurangan cukup makanan pada beberapa hari pertama karena lambat menguasai refleks.

Untuk mengetahui terpenuhinya kebutuhan ASI di kecil setelah ia dilahirkan, Anda bisa mengeceknya dengan memerhatikan popok bayi. Bayi usia 3 hari yang menyusui dengan baik, biasanya akan menghabiskan 3 popok per hari. Kemudian, jumlah popoknya akan bertambah pada hari ke lima.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Menit baca

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . Menit baca

Bayi 6 Bulan Ternyata Suka Saat Gerak-geriknya Ditiru Orang Dewasa

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi ternyata mengerti dan suka bila gerakannya ditiru. Mengapa begitu dan adakah pengaruhnya dalam perkembangan sosial?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 10/06/2020 . Menit baca

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 22/04/2020 . Menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Menit baca

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Menit baca
pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Menit baca