backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

11 Pilihan Kado untuk Bayi yang Bermanfaat sampai Ia Besar

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 15/01/2024

    11 Pilihan Kado untuk Bayi yang Bermanfaat sampai Ia Besar

    Saat ada keluarga atau kerabat yang baru saja melahirkan, sudah menjadi tradisi untuk memberikan kado, baik untuk sang ibu maupun si buah hati. Namun, tidak jarang di antara Anda yang masih bingung harus memberi kado apa. Untuk membantu Anda, simak beberapa pilihan kado bayi yang bahkan juga bisa bermanfaat sampai ia beranjak besar di bawah ini.

    Pilihan kado untuk bayi yang bermanfaat sampai besar

    Memberikan kado untuk bayi yang bisa bermanfaat sampai ia beranjak besar adalah pilihan yang baik.

    Berikut beberapa ide kado untuk bayi yang bermanfaat dalam membantu perkembangan dan kesejahteraan si Kecil sampai ia besar.

    1. Buku bayi dan anak

    Membacakan buku untuk bayi dan anak memiliki banyak manfaat bagi pengembangan dan pertumbuhannya.

    Oleh karena itu, buku bisa menjadi pilihan pertama kado bayi yang bermanfaat sampai ia besar.

    Buku bayi sering kali memiliki gambar-gambar warna-warni dan sederhana yang dapat merangsang perkembangan visual dan kognitif anak.

    Membaca buku bersama anak juga bisa membantu membentuk ikatan emosional antara orangtua dan anak. Ini adalah waktu yang baik untuk membangun kepercayaan dan kedekatan di antara keduanya.

    Pilih buku dengan gambar yang cerah dan sederhana. Namun, jangan lupa untuk pilih juga buku yang terbuat dari bahan yang aman jika bayi suka menggigit atau menjilat.

    2. Mainan edukatif

    Mainan edukatif untuk bayi dan anak bisa menjadi pilihan kado selanjutnya yang bermanfaat sampai ia bertambah besar, karena dapat membantu merangsang perkembangan kognitif, motorik, sosial, dan emosionalnya.

    Contohnya, mainan bayi sering kali dirancang dengan warna-warna cerah dan bentuk-bentuk yang menarik, sehingga membantu bayi mengenal dan memahami konsep dasar seperti bentuk dan warna.

    Selain itu, mainan dengan fitur seperti pegangan yang mudah, tekanan yang tepat, atau bentuk-bentuk yang dapat dipegang membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar.

    Sementara mainan dengan elemen interaktif, seperti mainan stacking, bisa membantu mengembangkan keterampilan kognitif, seperti pemecahan masalah dan pemahaman konsep.

    Mainan yang mendorong imajinasi dan kreativitas, seperti boneka, juga membantu dalam pengembangan daya imajinasi si Kecil.

    3. Selimut

    Selimut untuk bayi dan anak tidak hanya menyediakan kehangatan dan kenyamanan, tetapi juga memiliki manfaat lain dalam pertumbuhan dan kesehatannya.

    Pada bayi, selimut bisa membantu menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil dan hangat saat cuaca dingin serta memberikan rasa nyaman.

    Ini penting karena bayi belum dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri sepenuhnya.

    Bahkan bukan hanya saat bayi, selimut tersebut umumnya juga masih bisa digunakan hingga beberapa tahun, sehingga bisa menjadi kado untuk bayi yang bermanfaat sampai besar.

    Jangan lupa juga untuk pilih selimut bayi yang terbuat dari bahan yang lembut agar bayi bisa merasa lebih nyaman.

    4. Perlengkapan makan

    anak makan pakai sendok

    Perlengkapan makan untuk bayi tidak hanya membantu memberikan nutrisi yang diperlukan, tetapi juga memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan makan dan kemandirian anak.

    Sendok dan garpu bayi dirancang khusus untuk membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus saat bayi belajar memegang dan menggunakan alat makan.

    Perlengkapan makan bayi juga sering kali memiliki berbagai tekstur, warna, dan bentuk yang merangsang indera bayi, sehingga membantu perkembangan sensoriknya.

    Selain itu, piring dan mangkuk bayi biasanya tersedia dengan desain yang mudah digunakan dan aman untuk membantu bayi belajar makan sendiri dan mendukung perkembangan kemandirian.

    Pilih piring dan mangkuk anak-anak yang aman untuk digunakan dan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya.

    5. Tempat tidur atau box bayi

    Tempat tidur atau box bayi termasuk perlengkapan untuk bayi yang bisa menjadi pilihan kado yang dapat dipakai sampai ia besar.

    Umumnya, tempat tidur bayi atau box bayi sudah dirancang untuk memenuhi standar keamanan dalam memberikan tempat tidur yang aman bagi bayi.

    Penggunaan tempat tidur yang aman dan benar untuk bayi diketahui dapat membantu mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), yaitu kematian tiba-tiba dan tanpa penjelasan yang terjadi selama tidur.

    Ini karena tempat tidur yang tepat bisa membantu bayi untuk tidur dalam posisi yang aman dan mendukung pernapasan yang baik.

    Perlukah memberi bayi mainan elektronik?

    Jangan terkecoh dengan klaim bahwa mainan mewah dan dilengkapi fitur elektronik akan membuat bayi Anda lebih pintar. Pasalnya, dilansir dari Zero to Three, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa mainan dengan lampu dan suara bisa meningkatkan kekuatan otak anak. Sebaliknya, ingat semakin banyak mainan tersebut bergerak atau berfungsi, semakin sedikit anak Anda akan belajar.

    6. Peralatan kebersihan

    Peralatan mandi dan berdandan untuk bayi memiliki beberapa manfaat penting, termasuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan bayi serta merawat penampilannya.

    Namun, penting bagi Anda untuk memilih sabun, sampo, dan handuk khusus bayi.

    Kebutuhan mandi tersebut umumnya dibuat agar lebih lembut dan aman untuk bayi, sehingga membantu membersihkan kulit bayi tanpa menyebabkan iritasi atau kering.

    Peralatan mandi untuk bayi sering kali dirancang dengan warna-warna cerah, tekstur yang menarik, dan mainan mandi yang bisa merangsang indera bayi dan membantu perkembangan sensoriknya.

    Kebiasaan mandi yang baik juga dapat memberikan momen relaksasi bagi bayi dan anak serta membantu agar bisa tidur lebih nyenyak.

    Untuk itu, peralatan kebersihan bisa menjadi kado bayi yang bermanfaat sampai ia besar.

    7. Gendongan bayi

    gendongan bayi depan

    Gendongan bayi atau baby carrier adalah perlengkapan bayi yang dirancang untuk membawa bayi atau anak dengan nyaman.

    Namun, bukan hanya itu, gendongan bayi juga dapat membantu memperkuat ikatan emosional antara orangtua dan bayi. Dekatnya bayi dengan orangtua dapat menciptakan rasa aman dan nyaman.

    Bayi yang dibawa dalam gendongan bisa mendapatkan rangsangan sensorik yang lebih intensif, seperti gerakan, sentuhan, dan suara detak jantung orangtua, yang dapat merangsang perkembangan sensorik bayi.

    Oleh karena itu, gendongan bayi termasuk kado untuk bayi yang juga bisa bermanfaat sampai ia tumbuh besar. 

    8. Kursi mobil bayi

    Kursi mobil bayi atau car seat merupakan perangkat yang penting untuk dimiliki oleh para orangtua.

    Perlengkapan bayi ini bisa membantu memastikan keselamatan dan kenyamanan bayi atau anak selama perjalanan.

    Kursi mobil khusus bayi dirancang untuk menyediakan tempat yang aman dan sesuai standar keamanan saat bayi berada di dalam mobil.

    Maka dari itu, kursi ini bisa membantu melindungi bayi dari potensi cedera selama perjalanan.

    9. Kereta dorong (stroller)

    Kereta dorong bayi (stroller) juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda jika ingin memberikan perlengkapan bayi yang bisa dipakai sampai besar.

    Perlengkapan bayi ini membantu memastikan si Kecil tetap selamat, aman, dan nyaman selama beraktivitas di luar rumah.

    Bukan hanya pada bayi, kereta dorong juga bisa memberikan kenyamanan dan mobilitas kepada orangtua untuk beraktivitas di luar rumah.

    Pasalnya, orangtua bisa membawa bayi atau anak bepergian tanpa harus repot menggendong atau menggandengnya setiap saat.

    10. Diaper bag atau tas popok

    diaper bag tas bayi

    Dengan membawa tas popok (diaper bag), orangtua dapat dengan mudah membawa perlengkapan bayi saat bepergian, termasuk selama perjalanan jarak jauh atau kunjungan ke luar rumah.

    Tas popok dirancang khusus untuk menyimpan popok, tisu basah, dan perlengkapan bayi lainnya dengan teratur, sehingga membuat semua perawatan bayi tersebut mudah diakses saat dibutuhkan.

    Bahkan, beberapa tas popok dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk menyimpan perlengkapan makan bayi, seperti botol susu, piring, sendok, dan makanan bayi.

    Bukan hanya perlengkapan bayi, tas popok juga masih bisa digunakan untuk membawa keperluan lainnya seiring dengan pertambahan usia anak. Misalnya, pakaian atau sepatu cadangan.

    Dengan begitu, tas popok juga bisa menjadi kado bayi yang bermanfaat sampai ia tumbuh besar.

    11. Tabungan untuk masa depan

    Menyimpan tabungan untuk masa depan bayi sejak dini bisa memberikan keamanan lebih dalam menjamin tumbuh kembang yang baik bagi bayi.

    Tabungan untuk masa depan bayi dapat digunakan untuk mendanai pendidikan mereka hingga tingkat yang lebih tinggi, seperti pendidikan perguruan tinggi atau program pelatihan keterampilan.

    Ini membantu mengurangi beban keuangan orangtua di masa mendatang.

    Maka dari itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan tabungan untuk si bayi kepada kedua orangtuanya sebagai kado yang bisa bermanfaat sampai ia besar.

    Anda bisa langsung memberikan dalam bentuk uang atau bahkan bentuk lain, seperti emas dan investasi.

    Itu adalah beberapa pilihan kado perlengkapan untuk bayi yang bisa dipakai dan bermanfaat sampai ia besar.

    Pastikan untuk mempertimbangkan faktor keamanan, kualitas, dan kelayakan usia saat memilih hadiah untuk bayi. Selain itu, menyesuaikan hadiah dengan kebutuhan dan keinginan orang tua juga bisa menjadi pertimbangan.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 15/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan