home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Macam Pilihan Kursi Bayi di Mobil (Car Seat) yang Aman dan Nyaman

4 Macam Pilihan Kursi Bayi di Mobil (Car Seat) yang Aman dan Nyaman

Berkendara bersama sang bayi bisa menjadi pengalaman menarik tersendiri, karena ini merupakan kesempatan baik baginya untuk mengenal dunia luar. Di mana biasanya Anda mendudukkan bayi saat di dalam mobil? Daripada harus memangku si kecil sepanjang perjalan, kenapa tidak memanfaatkan kursi bayi di mobil (car seat) saja yang sudah pasti lebih aman dan nyaman?

Namun sebelum menggunakannya, kenali dulu berbagai macam pilihan kursi bayi di mobil sesuai kebutuhan si kecil.

Pilihan jenis kursi bayi di mobil (car seat)

1. Infant car seat

Sesuai namanya, jenis car seat ini memang dirancang untuk dipakai oleh bayi sampai usianya menginjak 2 tahun.

Berbeda dengan kursi pada umumnya, jenis kursi bayi di mobil yang satu ini hanya bisa dipakai dengan posisi menghadap ke belakang (rear-facing position) alias berlawanan dengan posisi duduk.

Keunggulan dari jenis car seat ini yakni bisa dikeluarkan dari dalam mobil tanpa harus melepas tali pengaman yang melingkari badan bayi, atau bahkan tanpa membangunkan bayi yang sedang tidur.

Batas berat maksimal yang bisa ditopang oleh kursi bayi ini berkisar antara 13-27 kilogram (kg).

2. Convertible car seat

camilan sehat untuk anak

Jenis car seat yang satu ini ditujukan untuk anak usia sebelum 2 tahun, tapi memiliki berat badan yang lebih dari batas maksimal infant car seat.

Posisi convertible car seat yang digunakan tetap akan ditempatkan menghadap ke belakang sesuai dengan anjuran untuk usia kurang dari 2 tahun.

Namun setelah usianya memasuki 3 tahun, Anda bisa membalikkan posisi kursi bayi di mobil ini sehingga menghadap ke depan.

Sedikit berbeda dengan infant car seat yang bisa dengan mudah dipindahkan, convertible car seat tidak dirancang untuk dipindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Batas berat maksimal yang bisa ditopang oleh kursi bayi ini berkisar antara 27-45 kilogram (kg).

3. Booster seat

Kini saatnya memakai booster seat ketika anak telah berusia lebih dari 3 tahun, dan sudah mencapai persyaratan untuk menggunakan car seat yang satu ini.

Berat minimal dari booster seat yakni sekitar 30-40 kg, sehingga bisa digunakan terus sampai anak berusia 13 tahun.

Posisi booster seat dipasang menghadap ke depan dan dilengkapi dengan sabuk pengamanan sendiri. Namun, anak juga bisa menggunakan sabun pengaman dari mobil tergantung kenyamanannya.

Setelah anak Anda lebih besar dari kursi mobilnya, mereka masih memerlukan kursi penguat untuk membantu mereka memasang kursi dan sabuk pengaman mobil Anda dengan baik sampai tingginya lebih dari 57 inci (145 cm). Dan mereka harus duduk di belakang mobil Anda sampai mereka berusia 13 tahun.

4. All in one car seat

Sumber: Very Well Family

Jika semua jenis car seat sebelumnya memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing, tidak dengan all in one car seat. Jenis kursi bayi di mobil ini menggabungkan seluruh fungsi dari ketiga jenis car seat sebelumnya.

Dengan kata lain, car seat ini lebih multifungsi sehingga bisa terus dipakai tanpa harus diganti sejak usia anak masih di bawah 2 tahun, sampai ia beranjak dewasa dan mulai bisa duduk sendiri dengan sabun pengaman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Types of Car Seats for Your Baby. https://www.verywellfamily.com/types-of-baby-car-seats-2758097 Diakses pada 11 Desember 2018.

How to Keep Your Child Safe in a Car. https://www.webmd.com/parenting/baby/stay-safe-in-car#1 Diakses pada 11 Desember 2018.

How to Choose the Right Car Seat for Your Child. https://www.parents.com/baby/gear/car-seats/which-car-seat-is-right-for-child/ Diakses pada 11 Desember 2018.

When Can a Child Safely Use a Booster Seat? https://www.healthline.com/health/parenting/booster-seat-weight Diakses pada 11 Desember 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 19/05/2021
x