Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Begini Proses Otak untuk Membentuk Ikatan Batin Antara Ibu dan Anak

Begini Proses Otak untuk Membentuk Ikatan Batin Antara Ibu dan Anak

Setiap ibu pasti memiliki ikatan batin tersendiri dengan anaknya. Ada yang bilang ikatan batin mulai terbentuk ketika bayi lahir, bahkan dari bayi masih di dalam kandungan. Lalu sebenarnya kapan ikatan batin ibu-anak ini terbentuk? Bagaimana ikatan ini bisa terbentuk? Ini penjelasannya.

Bagaimana proses terbentuknya ikatan batin ibu dan anak?

Ikatan batin seorang ibu dengan sang anak baru mulai terbentuk ketika bayi lahir. Memang sampai saat ini belum ada penjelasan bagaimana sebuah ikatan batin ibu dan anak terbentuk. Namun yang jelas, dopamin ibu berperan penting dalam hal ini. Jadi begini, saat ibu melihat anaknya baru lahir, hormon dopamin atau yang biasa disebut dengan hormon kebahagiaan ini diproduksi oleh tubuh.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apa saja yang terjadi di otak ketika ibu termotivasi untuk merawat bayinya. Penelitian ini mengukur cara kerja otak ibu dengan cara memindai otak melalui alat medis khusus. Pemeriksaan ini dilakukan ketika ibu melihat kembali foto dan video mereka sedang merawat bayinya.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa otak ibu memproduksi lebih banyak dopamin yang lebih banyak ketika mereka melihat video tersebut. Oleh karena itu, para peneliti sepakat menganggap dopamin sebagai penguat ikatan batin ibu dengan anak. Dopamin dapat memotivasi ibu untuk berbuat lebih banyak untuk anak-anak mereka dan hal tersebut membuat ibu merasa lebih baik dan tentunya lebih bahagia.

Anda memiliki waktu setidaknya satu tahun untuk menjalin ikatan batin dengan si anak

Memang idealnya, ikatan batin akan benar-benar terbentuk sesaat setelah bayi lahir. Namun bagaimana jika ibu dan bayi terpisah ketika persalinan selesai, akibat beberapa hal seperti bayi prematur atau membutuhkan perawatan medis lebih lanjut? Hal ini tentu saja membuat ibu menjadi stress dan takut ikatan batin dengan bayinya tidak kuat. Namun hal ini tidak mungkin terjadi.

Setiap bayi yang baru lahir sudah dapat mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya jika sudah melakukan interaksi dengan intensitas yang banyak. Para peneliti menyebutkan bahwa ikatan batin seorang ibu dengan anaknya masih bisa terjalin kuat jika dibangun selama satu tahun pertama kehidupan si bayi. Sehingga, Anda masih punya waktu untuk itu.

Ikatan batin akan diperkuat ketika ibu memberikan ASI-nya kepada sang bayi, ikatan batin akan semakin kuat. Bahkan penelitian terdahulu menemukan bahwa hormon oksitosin yang diproduksi ibu ketika menyusui, mampu menguatkan ikatan antara ibu-anak.

Bayi juga akan secara alami membentuk ikatan batin dengan ibunya. Ketika bayi menangis, menghasilkan suara atau gumaman, tersenyum, mencari puting saat menyusu, serta kontak mata, ini adalah cara ia membangun ikatan batin dengan sang ibu. Dan tenang, hal tersebut akan terjadi secara alami, pada semua bayi.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Consumer HealthDay. (2017). The Motherlode of ‘Mother Love’ Chemicals. [online] Available at: https://consumer.healthday.com/kids-health-information-23/child-development-news-124/the-motherlode-of-mother-love-chemicals-719601.html  [Accessed 30 Mar. 2017].

UC Davis Health, P. (2017). The Importance of Infant Bonding – UC Davis Medical Center – UC Davis Health System. [online] Ucdmc.ucdavis.edu. Available at: https://www.ucdmc.ucdavis.edu/medicalcenter/healthtips/20100114_infant-bonding.html  [Accessed 30 Mar. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x