7 Cara Alami Meningkatkan Kadar Dopamin, Hormon yang Memicu Rasa Bahagia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

    Dopamin adalah pembawa pesan kimia penting di otak yang memiliki banyak fungsi, seperti memori dan bahkan mengatur gerakan tubuh. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, ini akan menciptakan perasaan senang yang memotivasi Anda untuk mengulang perilaku tertentu. Kadar dopamin biasanya diatur dengan baik dalam sistem saraf, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kadar dopamin secara alami.

    Cara meningkatkan kadar dopamin secara alami

    1. Makan Banyak Protein

    kebutuhan protein

    Dopamin secara alami diproduksi dari asam amino tirosin dan fenilalanin, yang keduanya dapat diperoleh dari makanan kaya protein, seperti ayam, daging sapi, telur, susu, kedelai dan kacang-kacangan.

    Penelitian menunjukkan asupan asam amino yang sangat tinggi ini dapat meningkatkan kadar dopamin di otak. Meskipun penelitian ini tidak menunjukkan apakah asupan asam amino normal akan berdampak pula pada kadar dopamin.

    2. Kurangi makan lemak jenuh

    makanan gorengan penyebab sakit kepala

    Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa diet tinggi lemak jenuh dapat mengurangi sinyal dopamin di otak, yang mengarah ke respons sistem penghargaan di otak. Selain itu, perlu mengurangi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, karena dapat menurunkan level dopamin di otak.

    Namun, hal ini belum jelas apakah berlaku pada manusia juga. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

    3. Sering berolahraga

    Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan dapat meningkatkan kadar dopamin ketika dilakukan secara teratur.  Peningkatan suasana hati dapat dilihat setelah setidaknya 10 menit melakukan olahraga aerobik tetapi cenderung paling tinggi setelah setidaknya 20 menit.

    Olahraga aerobik teratur juga bermanfaat bagi orang dengan penyakit Parkinson, yaitu kondisi di mana tingkat dopamin yang rendah mengganggu kemampuan otak untuk mengontrol gerakan tubuh.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga berat secara teratur beberapa kali per minggu secara signifikan meningkatkan kontrol motorik pada orang dengan Parkinson, menunjukkan bahwa mungkin ada efek yang menguntungkan pada sistem dopamin.

    4. Tidur yang cukup

    tidur yang cukup cegah Alzheimer

    Kurang tidur dapat mengurangi sensitivitas dopamin di otak, yang menyebabkan perasaan kantuk berlebihan. Beristirahat malam yang baik dapat membantu mengatur ritme dopamin alami tubuh Anda.

    Tidur teratur dan berkualitas tinggi dapat membantu menjaga kadar dopamin Anda seimbang dan membantu Anda merasa lebih waspada dan berfungsi tinggi pada siang hari.

    5. Mendengarkan musik

    mengobati kanker

    Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamin di otak.

    Sebuah penelitian kecil mengamati efek musik pada dopamin menemukan peningkatan 9 persen kadar dopamin otak ketika orang mendengarkan lagu-lagu instrumental yang membuat mereka menggigil.

    Karena musik dapat meningkatkan kadar dopamin, mendengarkan musik bahkan dapat membantu orang dengan penyakit Parkinson meningkatkan kontrol motorik halus.

    Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat apakah lagu dengan lirik memiliki efek yang sama, atau berpotensi lebih besar.

    6. Meditasi

    cara meditasi untuk meningkatkan fokus

    Meditasi adalah praktik membersihkan pikiran Anda, memusatkan pikiran ke dalam dan membiarkan pikiran Anda mengambang tanpa penilaian atau keterikatan. Ini dapat dilakukan sambil berdiri, duduk atau bahkan berjalan dan latihan teratur yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

    Penelitian baru menemukan bahwa manfaat ini mungkin karena peningkatan kadar dopamin di otak. Meditasi dapat meningkatkan kadar dopamin di otak para meditator yang berpengalaman, tetapi tidak jelas apakah efek ini juga akan terjadi pada orang yang baru mengenal meditasi.

    7. ‘Bertemu’ dengan matahari

    sinar matahari dan vitamin d

    Gangguan afektif musiman atau Seasonal affective disorder (SAD) adalah kondisi di mana orang merasa sedih atau stres selama musim dingin atau cuaca mendung ketika mereka tidak terkena sinar matahari yang cukup.

    Kurangnya terkena sinar matahari ke tubuh dapat menyebabkan penurunan tingkat neurotransmitter yang meningkatkan mood, termasuk dopamin.

    Meskipun terkena sinar matahari dapat meningkatkan tingkat dopamin dan meningkatkan suasana hati, tapi jika  terlalu banyak kena sinar matahari dapat berbahaya. Ini dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

    Anda perlu membatasi paparan sinar matahari pada saat radiasi ultraviolet sedang kuat, biasanya antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang, dan sebaiknya menerapkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

    Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

    Was this article helpful for you ?
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Kelenjar Pituitari, Si “Kelenjar Master” Pengendali Banyak Fungsi Vital Tubuh

    Salah satu dari 14 kelenjar utama dalam tubuh adalah kelenjar pituitari. Gangguan pada kelenjar ini bisa memengaruhi banyak fungsi tubuh yang penting.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Brigitta Maharani
    Kesehatan, Informasi Kesehatan 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Ejakulasi Dini

    Ejakulasi dini adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, diet, serta cara mengontrol dan mencegahnya di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Kesehatan Pria, Impotensi 2 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

    Hipogonadisme

    %%title%% adalah kelainan pada fungsi testis dan ovarium. Cari tahu gejala, penyebab, serta pengobatan hipogonadisme di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Konten Bersponsor
    hipogonadisme
    Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 1 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

    Melakukan Tanning, Apa Efeknya untuk Kesehatan Kulit?

    Efek tanning selain menggelapkan dan meratakan warna kulit ternyata juga berefek terhadap kesehatan kulit. Tidak hanya kulit keriput, kanker kulit juga mungkin terjadi.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Monika Nanda
    Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    wanita berbulu lebat nafsu tinggi seks

    Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Satria Perdana
    Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
    terapi cahaya cara mengatasi depresi menghilangkan depresi

    Memanfaatkan Cahaya, Terapi yang Dapat Membantu Mengatasi Depresi

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
    ketidakseimbangan hormon

    9 Tanda Hormon di Tubuh Anda Tidak Seimbang

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
    fungsi hormon yang penting

    Inilah Fungsi 4 Hormon Penting untuk Manusia Bertahan Hidup

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
    Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit