backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Segudang Ide Kegiatan Seru Antara Ayah dan Anak Perempuan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 16/02/2024

Segudang Ide Kegiatan Seru Antara Ayah dan Anak Perempuan

Sejak si Kecil lahir, peran ayah sangatlah penting di mata anak. Ayah hadir tidak hanya memberikan kasih sayang, tetapi juga sebagai fondasi bagi pengembangan dirinya. Nah, untuk membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuan, ada berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan.

Kira-kira apa saja aktivitas yang dapat dilakukan untuk membangun kebersamaan ini? Simak ide-idenya di bawah ini. 

Ide kegiatan seru ayah bersama anak perempuan

Sebagian besar ayah memang dipenuhi dengan kesibukan bekerja. Namun ternyata, dalam hubungan antara ayah dan anak perempuan, terdapat ikatan yang khusus dan penuh keajaiban, sehingga penting untuk diperhatikan dan diperkuat. 

Bahkan menurut sebuah penelitian dari Journal of Family Psychology, hubungan yang baik antara anak perempuan dan ayah mereka ternyata memiliki efek positif. 

Para ayah yang memiliki interaksi yang buruk dengan anak perempuannya, seperti tidak perhatian dan suka memaksa, bisa memengaruhi emosional putri mereka. 

Sebaliknya, saat hubungan dengan ayah dibangun dengan lebih hangat, kebanyakan anak perempuan tersebut akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. 

Supaya Anda sebagai orangtua dapat mempertahankan hal tersebut, ada beberapa ide kegiatan seru yang dapat dilakukan ayah dan anak perempuan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mengajarkan anak hal baru

peran ayah dalam pengasuhan anak

Salah satu ide kegiatan seru yang dapat dilakukan antara ayah dan anak perempuan adalah mengajarkan anak hal-hal baru. 

Anda bisa mulai mengajarkan anak mengendarai sepeda motor atau aktivitas yang dipandang sebagai kegiatan pria oleh masyarakat, seperti mengganti ban mobil atau merakit komputer. 

Kegiatan yang dianggap maskulin tersebut bisa diajarkan kepada putri Anda agar mereka lebih mandiri dan memahami bagaimana dunia bekerja. 

Selain itu, kegiatan baru seperti ini juga dapat memupuk kepercayaan diri anak untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan hubungan ayah dan anak perempuan.

2. Menari bersama

Selain mengajarkan putri Anda hal-hal baru, aktivitas seru antara ayah dan anak perempuan juga dapat dilakukan dengan menari bersama. 

Cobalah untuk memulai dengan membawa putri Anda ke tempat les dansa antara ayah dan anak perempuan. Ajak putri Anda ke salon, biarkan mereka berdandan, dan ambil foto sebagai kenang-kenangan. 

Jika kelas dansa tidak tersedia di sekitar rumah, Anda dapat belajar menari melalui video secara onlineMelalui video ini, Anda dapat mengajarkan bagaimana langkah-langkah sederhana bersama putri Anda.

Apabila masih terasa sulit, ajak anak perempuan Anda untuk menari sesuka hati di ruang tamu sembari diiringi musik yang seru. 

Biasanya dari sinilah kenangan yang menyenangkan antara ayah dan anak perempuannya terbentuk dan mendekatkan hubungan Anda berdua. 

3. Berlibur berdua

Ide kegiatan seru antara ayah dan anak perempuan juga bisa berupa pergi liburan berdua semalam saja. 

Ajak anak perempuan Anda melakukan perjalanan menggunakan mobil, entah itu pergi ke daerah yang hanya beberapa kilometer dari rumah atau membutuhkan waktu berjam-jam. 

Umumnya, perjalanan menggunakan transportasi darat bersama seseorang dapat meningkatkan kualitas hubungan antara dua orang tersebut. Tidak mungkin bukan Anda dan putri Anda akan berdiam diri dalam mobil selama berjam-jam?

Bahkan, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membahas hal-hal yang mungkin sulit dibicarakan di rumah, seperti kejadian saat di sekolah atau bahkan kisah asmara putri Anda.

Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan membangun sosok sebagai ayah yang bisa diajak berdiskusi tentang apa pun. 

4. Berolahraga dan bermain bersama

Jika berlibur tidak memungkinkan, kegiatan seru ayah dan anak perempuan juga bisa berupa berolahraga dan bermain bersama. Misalnya bersepeda, hiking, atau berenang.

Tidak hanya berolahraga, Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik lainnya yang disukai oleh putri Anda. Tanyakan kepada putri Anda kegiatan apa yang disukainya. 

Namun sebelum bertanya, perhatikan terlebih dahulu sebenarnya apa yang putri Anda sukai. Setelah mengetahui jawabannya, ajaklah putri Anda untuk melaksanakan kegiatan tersebut bersama-sama. 

Misalnya putri Anda menyukai film Star Wars. Anda berdua mungkin dapat melakukan movie-marathon pada akhir pekan dan berdiskusi tentang film tersebut. 

Dengan begitu, putri Anda melihat bahwa sosok ayahnya sangat memperhatikan apa pun yang dilakukan oleh anaknya, termasuk kesukaannya. 

5. Berkemah di halaman belakang

Bila memungkinkan untuk dilakukan, berkemah di halaman belakang rumah juga dapat menjadi ide kegiatan yang dapat dilakukan oleh ayah dan anak perempuan. 

Meski terdengar sederhana, berkemah di halaman belakang rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi putri kecil Anda. 

Ayah dan si Kecil dapat menyusun tenda bersama, memasak makanan di atas api unggun, hingga bercerita sebelum tidur di bawah langit malam.

Anda dan putri Anda bisa bercerita tentang apa pun, termasuk pengalaman kehidupan Anda, untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. 

6. Mengunjungi museum 

Menghabiskan waktu bersama dengan putri kecil yang berkualitas juga dapat menciptakan kenangan yang abadi untuknya. 

Kegiatan yang dilakukan pun tidak harus megah atau mahal, Anda dapat mengajaknya untuk mengunjungi museum. 

Tidak hanya menciptakan kenangan yang tak terlupakan, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi si Kecil untuk belajar. 

Ayah dapat menjelaskan secara singkat sesuai dengan umur putri kecil Anda agar ia lebih mudah memahami tentang sejarah yang terdapat di museum tersebut. 

7. Mempelajari musik atau seni 

Bila Anda memiliki minat terhadap musik atau seni, mungkin putri kecil Anda juga punya minat yang sama.

Jadi, ayah bisa coba mengajak anak perempuan mereka untuk mengikuti kegiatan belajar musik atau seni bersama-sama. Anda bisa memainkan alat musik bersama atau melukis.

Tidak hanya membangun hubungan yang erat antara ayah dan anak, aktivitas ini juga dapat dilakukan untuk membangun minat dan bakat si Kecil.

8. Berpartisipasi aktif dalam kehidupan anak 

Berpartisipasi aktif ke dalam kehidupan anak juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini melibatkan lebih dari sekedar aktivitas fisik, tetapi juga emosional, minat, dan berbagai aspek kehidupannya. 

Ayah dapat berpartisipasi aktif dalam kehidupan mereka dengan terlibat dalam kegiatan sekolah, menghadiri pertemuan orangtua-guru, dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler mereka. 

Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ayah dan anak perempuannya. Jadi, sudahkah Anda menentukan mau mencoba aktivitas yang mana? Selamat mencoba, ya, Ayah!

Mengapa peran ayah sangat penting?

Peran ayah memiliki banyak kepentingan yang mendalam dan penting dalam perkembangan anak, termasuk anak perempuan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Kehadiran seorang ayah memberikan rasa keamanan dan kebahagiaan kepada anak-anaknya.
  • Ayah membantu anak-anak mereka mengembangkan keterampilan sosial dan emosionalnya dengan memberikan dukungan, dorongan, dan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain.
  • Ayah sering kali menjadi model perilaku bagi anak-anak mereka, termasuk cara mereka berinteraksi dengan orang lain, menangani konflik, dan mengekspresikan emosi.
  • Peran ayah sering kali mendorong anak-anak mereka untuk meraih prestasi dan menjadi mandiri.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 16/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan