Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Segudang Ide Aktivitas Seru Antara Ayah dan Anak Perempuannya

Segudang Ide Aktivitas Seru Antara Ayah dan Anak Perempuannya

Sejak lahir, peran ayah sangat penting di mata putri mereka. Entah itu sebagai cinta pertama atau panutan dalam perkembangan kepribadian mereka. Namun, hubungan antara ayah dan anak perempuan tidak jarang menjadi jauh. Tidak perlu khawatir, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh ayah bersama anak perempuan demi membangun kembali kedekatan mereka.

Ide kegiatan seru ayah bersama anak perempuan

ayah dan anak perempuan

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Family Psychology, hubungan yang baik antara anak perempuan dan ayah mereka ternyata memiliki efek positif.

Para ayah yang memiliki interaksi yang buruk dengan anak perempuannya, seperti tidak perhatian dan suka memaksa bisa memengaruhi emosional putri mereka. Jika hubungan antara ayah dan anak perempuan tersebut dibangun dengan lebih hangat, kebanyakan anak perempuan mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Supaya Anda sebagai orangtua dapat mempertahankan hal tersebut, ada beberapa ide kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh ayah dan anak perempuan.

1. Mengajarkan anak hal baru

Sumber: Freepik

Salah satu ide kegiatan seru yang dapat dilakukan antara ayah dan anak perempuan adalah mengajarkan anak hal-hal baru.

Bukankah menyenangkan mengajarkan putri Anda hal-hal baru yang tidak biasa ia lakukan? Mulai dari mengendarai sepeda motor atau aktivitas yang dipandang sebagai kegiatan pria oleh masyarakat, seperti mengganti ban mobil atau merakit komputer.

Kegiatan yang dianggap maskulin tersebut bisa diajarkan kepada putri Anda agar mereka lebih mandiri dan memahami bagaimana dunia bekerja.

Selain itu, kegiatan baru seperti ini juga dapat memupuk kepercayaan diri anak untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan hubungan ayah dan anak perempuan.

2. Kegiatan ayah dan anak perempuan lewat menari bersama

Sumber: Free Pik

Selain mengajarkan putri Anda hal-hal baru, aktivitas seru antara ayah dan anak perempuan juga dapat dilakukan dengan menari bersama.

Cobalah untuk memulai dengan membawa putri Anda ke tempat les berdansa antara ayah dan anak perempuan. Ajak putri Anda ke salon, biarkan mereka berdandan, dan ambil foto sebagai kenang-kenangan.

Jika kelas dansa tidak tersedia di sekitar rumah, Anda dapat belajar menari melalui video di YouTube.

Dengan begitu, Anda dapat mengajarkan bagaimana langkah-langkah sederhana bersama putri Anda. Apabila masih terasa sulit, ajak anak perempuan Anda untuk menari sesuka hati di ruang tamu sembari diiringi musik yang seru.

Biasanya dari sinilah kenangan yang menyenangkan antara ayah dan anak perempuannya terbentuk dan mendekatkan hubungan Anda berdua.

3. Berlibur berdua

Sumber: Free Pik

Ide kegiatan seru antara ayah dan anak perempuan bisa dilakukan dengan berlibur berdua semalam saja.

Ajak anak perempuan Anda melakukan perjalanan menggunakan mobil. Entah itu pergi ke daerah yang hanya beberapa kilometer dari rumah atau membutuhkan waktu berjam-jam.

Umumnya, perjalanan menggunakan transportasi darat bersama seseorang dapat meningkatkan kualitas hubungan orang tersebut. Tidak mungkin bukan Anda dan putri Anda akan berdiam diri dalam mobil selama berjam-jam?

Bahkan, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membahas hal-hal yang mungkin tidak dapat dibicarakan di rumah, seperti kisah asmara hingga kehidupan pernikahan.

Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan membangun sosok sebagai ayah yang bisa diajak berdiskusi tentang apapun.

4. Berolahraga dan bermain bersama

Sumber: Free Pik

Jika berlibur bersama tidak memungkinkan, mungkin kegiatan seru antara ayah dan anak perempuan bisa dilakukan dengan berolahraga dan bermain bersama.

Melakukan sesuatu bersama yang bermanfaat tentu bisa memberikan efek positif untuk Anda berdua. Misalnya, bersepeda, hiking, atau berenang dapat membangun kenangan yang menyenangkan dan membuat kualitas hubungan Anda berdua semakin baik.

Tidak hanya berolahraga, Anda bisa melakukan kegiatan yang disukai oleh putri Anda. Sebelum bertanya, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu sebenarnya apa yang putri Anda sukai.

Setelah mengetahui jawabannya, ajaklah putri Anda untuk melaksanakan kegiatan tersebut bersama-sama.

Misalnya, putri Anda menyukai film Star Wars. Anda berdua mungkin dapat melakukan movie-marathon pada akhir pekan dan berdiskusi tentang film tersebut.

Dengan begitu, putri Anda melihat bahwa sosok ayah mereka sangat memperhatikan apapun yang dilakukan oleh anaknya, termasuk kesukaannya.

Melakukan kegiatan seru antara ayah dan anak perempuan mereka adalah cara yang sangat efektif untuk membangun kedekatan antara ayah dan anak remaja.

 

Sumber Foto: All Pro Dad

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Byrd-Craven, J., Auer, B. J., Granger, D. A., & Massey, A. R. (2012). The father-daughter dance: the relationship between father-daughter relationship quality and daughters’ stress response. Journal of family psychology : JFP : journal of the Division of Family Psychology of the American Psychological Association (Division 43), 26(1), 87–94. doi:10.1037/a0026588 Retrieved 6 December 2019. 

Kromberg, J. (2013). How Dads Shape Daughter’s Relationships. Retrieved 6 December 2019, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/inside-out/201307/how-dads-shape-daughters-relationships

Parker, W. (2017). Strengthening Father-Daughter Relationships. Retrieved 6 December 2019, from https://www.verywellfamily.com/strengthening-father-daughter-relationships-1270127

Foster, B.J. 7 Father-Daughter Bonding Activities. Retrieved 6 December 2019, from https://www.allprodad.com/7-father-daughter-bonding-activities/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 6 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x