Perkembangan Bayi 31 Bulan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/01/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 31 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan?

Pada masa perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, mungkin Anda akan sering mendengar si kecil sering mengucapkan kata “tidak”. Biasanya hal itu dilakukan karena ia mulai meniru apa yang sering diucapkan oleh teman sebayanya.

Selain meniru, umumnya perkembangan bayi 31 bulan sudah memiliki kemampuan di bawah ini:

  • Mencari perhatian.
  • Merasa stres dengan perubahan kebiasaan, misalnya saat harus potty training.
  • Mengucapkan 6 anggota tubuh.
  • Menyusun 6-8 balok sehingga menjadi menara.
  • Melempar bola dengan menekuk sikunya.
  • Mengucapkan nama teman.
  • Merangkai kalimat dari dua kata, misalnya mau makan.
  • Ucapan semakin jelas.
  • Berusaha memakai dan melepas pakaian sendiri.
  • Menyikat gigi sendiri sambil diarahkan oleh orang lain.

Kemampuan motorik kasar

Bila dilihat dari grafik Denver II, perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan dari aspek  kemampuan motorik kasar, anak sudah mampu naik anak tangga, berlari, melompat dengan jarak yang lebih jauh, menyeimbangkan tubuh selama 1-2 detik saat mengangkat satu kaki, menendang dan melempar bola. 

Di usia ini, anak mulai berlatih aktivitas yang bisa dilakukan dalam grup, misalnya menari atau senam bersama. Perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan juga memperlihatkan anak mulai senang memanjat sampai berguling di rumput.

Tidak perlu dilarang anak cukup awasi dari jauh. Kegiatan ini memiliki efek baik untuk perkembangan bayi 31 bulan atau bayi 2 tahun 7 bulan.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Dari semua kata yang dipelajari oleh anak Anda, pada masa perkembangan 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan ini, kata yang paling sering ia ucapkan adalah “tidak”.

Melansir dari Babycenter, bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan yang sudah masuk usia prasekolah, mereka merasakan kebebasan dengan mengatakan “tidak”. Kadang penggunaan kata ini dibarengi dengan rasa marah, bingung, kesal, atau bertahan dengan pendapat si kecil. 

Berdasarkan grafik milestones Denver II, perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan dari segi kemampuan bahasa, pengucapan anak sudah semakin baik dan jelas. Ia sudah bisa menunjukkan empat benda dan mengucapkannya.

Tidak hanya itu, si kecil juga sudah mengenal bagian tubuhnya dengan mengucapkan setidaknya enam bagian.

Kemampuan motorik halus

Si kecil sedang senang melipat kertas? Kegiatan ini adalah salah satu perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan dilihat dari kemampuan motorik halus.

Kamloopschildrenstherapy menyebutkan bahwa di perkembangan bayi 31 bulan umumnya sudah bisa melipat kertas menjadi dua, menggambar garis lurus dan lingkaran, meniru gambar yang Anda buat, memegang krayon memakai jempol dan jari lain, berusaha menggunting kertas.

Kemampuan sosial dan emosional

Dalam perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, si kecil sudah mulai mengenal rasa stres ketika ada sesuatu yang berubah dari kebiasaan. Sebagai contoh, saat potty training, anak Anda mulai belajar membiasakan diri untuk buang air di kloset dan bukan di popok lagi. Kemampuan emosional anak sedang dilatih di fase ini.

Di perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 6 bulan, kemandirian anak juga sedang dilatih. Grafik Denver II memperlihatkan bahwa si kecil mulai senang membantu Anda di rumah, menyikat gigi sendiri dengan arahan orang lain, memakai dan melepas baju sendiri, juga mencuci tangan dan mengeringkannya.

Perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan dari segi kemampuan sosial juga menunjukan ia sudah bisa menyebutkan nama teman yang sering ditemuinya.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan si kecil, yaitu:

Ajak bermain di taman 

Apakah si kecil kurang aktif bergerak? Anda bisa melatih motorik kasar anak dengan mengajaknya bermain di taman. Kenalkan semua benda yang ada di lingkungan sekitar, misalnya pohon cemara, rumput, bangku taman, atau burung yang berkicau. 

Untuk mendukung perkembangan bayi 31 bulan, biarkan anak berlarian di taman. Kalau ia sampai memanjat batu besar atau pohon yang pendek, beri si kecil semangat namun tetap menjaganya dari belakang.

Anak juga belajar untuk menyentuh dedaunan atau rumput yang bisa melatih sensorik si kecil. Bermain di taman merupakan salah satu cara untuk membantu perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan.

Ajarkan anak tentang keamanan saat bermain

Dalam perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, anak aktif bermain dan permainannya tidak bisa diduga. Terkadang aman, tapi tidak jarang membuat Anda harus ekstra hati-hati dan mengawasi. Di usia ini Anda sudah bisa memberitahu si kecil tentang keamanan saat bermain.

Sebagai contoh, ketika turun dari tangga, biasakan tubuh menghadap tangga dan berjalan mundur. Bisa juga ketika ia sedang berkreasi memakai gunting untuk menggunting kertas lipat, ajari si kecil menggenggam gunting dengan benar.

Tunjukkan area yang tajam dan jelaskan bahwa  itu bisa menyakitinya bila tidak hati-hati memakai gunting. Ini untuk membantu perkembangan bayi 31 bulan.

Kesehatan Anak Usia 31 Bulan

Apa yang harus didiskusikan tentang perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan?

Pada masa perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan tidak baik untuk membandingkan anak dengan anak lain. Amati dan observasi perkembangan anak Anda sesuai dengan usianya. Anda perlu berkonsultasi ke dokter bila si kecil terlihat mengalami beberapa kondisi di bawah ini:

  • Anak kurang aktif komunikasi, misalnya anak mengulang kata-kata, namun tidak ikut dalam percakapan atau tidak merespons jika namanya dipanggil.
  • Tidak mampu membaca ekspresi wajah atau bentuk komunikasi nonverbal lainnya.
  • Tidak dapat melakukan kontak mata.
  • Berusaha menghindari kontak sosial.
  • Hanya tertarik pada sedikit hal.
  • Menggunakan mainan anak dengan tidak tepat, misalnya menyusun/menumpuk mainan masak, bukannya berpura-pura main masak-masakan.
  • Kurang atau terlalu sensitif pada stimulasi sensorik, seperti suara atau sentuhan.
  • Kemampuan sosial atau bahasanya berkurang.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan?

Saat berkonsultasi seputar perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, dokter akan melakukan pemeriksaan ini:

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan?

Memasuki perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, penting bagi Anda untuk memerhatikan hal berikut:

Perhatikan jam tidur anak

Rata-rata anak usia 2 tahun ke atas butuh waktu tidur sekitar 11-12 jam di malam hari dan tidur siang sekitar 1-3 jam. Upayakan si kecil pada masa perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan memperoleh kebutuhan tidur yang sesuai untuk menjaga perkembangan anak agar tetap optimal.

Bila saat malam hari anak Anda sulit tidur, matikan semua lampu dan sisakan lampu redup agar kondisi anak lebih tenang. Membacakan dongeng dapat bermanfaat membantu perkembangan bayi 31 bulan. Tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak, dongeng juga meningkatkan hubungan antara Anda dan anak.

Biarkan anak memilih makanan sendiri

Dalam perkembangan bayi 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, si kecil sudah mulai mengenal rasa dan keinginan untuk memilih. Bila ia sedang susah makan dan anak menolak makanan yang Anda buat, biarkan anak memilih makanan sendiri.

Berikan pilihan yang menurut Anda, dua-duanya bergizi dan disukai oleh anak. Sebagai contoh, pasta dan makaroni keju. Selain memilih makanan sendiri, kurangi distraksi ketika makan, misalnya tayangan video atau mainan yang bisa membuat anak asyik sendiri.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 32 bulan?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Anak Usia 12 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Memasuki usia 12 tahun, anak Anda masih akan mengalami berbagai tahapan perkembangan yang baru. Apa saja yang akan dialami anak pada usia ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Remaja, Tumbuh Kembang Remaja, Parenting 01/05/2020 . Waktu baca 8 menit

Perkembangan Anak Usia 11 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Pada usia 11 tahun, anak akan mengalami tahapan perkembangan baru yang meliputi fisik, kognitif, psikologi, dan bahasa. Apa saja yang dialami anak saat itu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Remaja, Tumbuh Kembang Remaja, Parenting 30/04/2020 . Waktu baca 10 menit

Cara Mengajari Anak Menulis dengan Baik dan Rapi

Saat masuk sekolah dasar (SD), kadang anak belum mampu menulis dengan baik dan rapi. Berikut cara mengajari anak menulis yang dapat Anda lakukan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Parenting, Tips Parenting 27/04/2020 . Waktu baca 8 menit

Perkembangan Anak Usia 9 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Perkembangan anak usia 9 tahun mencakup perkembangan fisik, kognitif, emosional, sosial, dan bahasa. Apa saja yang dialami anak pada usia ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 26/04/2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips melatih anak belajar tengkurap

5 Cara Mudah Melatih Si Kecil Belajar Tengkurap

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
bahan kimia kosmetik autisme

Benarkah Bahan Kimia Kosmetik Tingkatkan Risiko Autisme pada Janin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 3 menit
tahap perkembangan anak 6-9 tahun

Tahap-tahap Perkembangan Anak Usia 6-9 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . Waktu baca 18 menit
suplemen penambah berat badan

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . Waktu baca 3 menit