Sangobion

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Sangobion digunakan?

Sangobion adalah suplemen zat besi dan obat penambah darah yang digunakan untuk kondisi-kondisi berikut ini:

Sangobion mengandung ferrous gluconate, yaitu suplemen zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Bagaimana aturan pakai Sangobion?

Sangobion ditelan lewat mulut (diminum) sesuai anjuran dokter atau sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Biasanya Sangobion diminum sambil atau setelah makan. 

Ikuti aturan minum obat yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum Anda mulai menggunakan obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Zat besi diserap dengan baik oleh tubuh saat perut kosong (biasanya jika dikonsumsi1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan). Jika terjadi perut mulas, Anda dapat minum obat ini dengan makanan.

Sangobion kapsul

Konsumsilah tablet atau kapsul dengan segelas air (8 ons atau 240 mililiter) kecuali bila diinstruksikan dengan cara lain oleh dokter Anda. Jangan berbaring selama 10 menit setelah minum dosis tablet atau kapsul.

Hindari penggunaan antasida, produk susu, teh, atau kopi dalam waktu 2 jam sebelum atau setelah minum obat ini karena mereka akan menurunkan efektivitas.

Sangobion dalam bentuk sirup

Jika Anda menggunakan Sangobion dalam bentuk sirup untuk anak-anak, pastikan Anda mengocok botol dengan baik terlebih dahulu.

Kemudian, ukur dosis dengan menggunakan alat pengukur atau sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumahan karena Anda mungkin tidak menuang dosis yang benar.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Sangobion paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis Sangobion untuk dewasa?

Orang dewasa dianjurkan untuk minum Sangobion satu sampai dua kapsul setiap hari. Baik sambil atau setelah makan. Konsultasikan pada dokter Anda untuk menentukan dosis terbaik dan paling aman buat Anda.

Berapa dosis Sangobion untuk anak-anak?

Anak-anak di atas usia 2 tahun dianjurkan untuk minum satu sendok teh sirup Sangobion setiap hari. Kecuali kalau dokter menganjurkan dosis yang berbeda.

Misalnya untuk menangani kondisi khusus seperti kekurang zat besi akut. Anak mungkin harus minum tiga sampai enam sendok teh sirup Sangobion.

Dalam dosis dan sediaan apa obat ini tersedia?

Sangobion tersedia dalam bentuk kapsul untuk orang dewasa. Kandungannya yaitu terdiri dari:

Sangobion juga tersedia dalam bentuk sirup untuk anak-anak dan orang yang punya kesulitan menelan. Kandungannya diperkaya dengan zat besi Ferrazone dan vitamin B kompleks. Sangobion sirup menawarkan rasa buah-buahan supaya anak lebih mudah minum.

Efek Samping

Apa efek samping Sangobion yang mungkin terjadi?

Sama halnya dengan obat-obatan lain, Sangobion termasuk obat penambah darah yang berpotensi menimbulkan terjadinya efek samping pada beberapa orang. Gejala dan tingkat keparahan efek samping mungkin akan bervariasi.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • feses berdarah warna merah terang
  • nyeri di dada atau tenggorokan saat menelan tablet

Efek samping yang lebih umum terjadi termasuk:

  • sembelit, diare
  • mual, muntah, mulas
  • sakit perut, sakit perut
  • feses atau urin berwarna hitam atau gelap
  • gigi berubah warna untuk sementara

Tidak menutup kemungkinan obat penambah darah ini juga dapat menimbulkan tanda-tanda reaksi alergi parah. Segera hentikan pengobatan dan periksakan diri ke dokter jika muncul tanda-tanda berikut:

  • mual dan muntah
  • berkeringat
  • gatal-gatal
  • ruam kulit
  • kesulitan bernapas
  • pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • merasa akan pingsan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Sangobion?

Sangobion mungkin menimbulkan kontraindikasi pada orang yang punya gangguan atau kelainan dalam fungsi zat besi atau penumpukan zat besi.

Selain itu, orang yang sistem pencernaannya sensitif mungkin lebih baik minum Sangobion sambil makan untuk mencegah gangguan pencernaan. Akan tetapi, hal ini mungkin saja mengurangi penyerapan zat besi secara maksimal.

Apakah Sangobion aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan suplemen ini.

Sangobion termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian) menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Sangobion?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menurut Drugs.com, berikut adalah obat-obatan yang mungkin berinteraksi dengan Sangobion:

  • aspirin
  • vitamin D atau kalsium
  • pantoprazole
  • levothyroxine
  • cetirizine
  • vitamin C (ascorbic acid)
  • furosemide

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Sangobion?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan Sangobion dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Apakah ada penyakit atau kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

Hemoglobinopati

Hemoglobinopati adalah istilah yang merujuk pada penyakit atau kelainan pada sel darah merah. Beberapa kondisi kesehatan yang berkaitan dengan hemoglobinopati adalah:

  • thalasemia
  • hemosiderosis
  • hemokromatosis
  • pasien penerima donor darah

Jika Anda memiliki atau sedang mengalami kondisi-kondisi di atas, hindari konsumsi Sangobion.

Achlorhydria

Achlorhydria adalah kondisi di mana lambung tidak memproduksi asam (hidroklorik). Memberikan Sangobion pada pasien dengan kondisi ini dapat berakibat fatal.

Iritasi sistem pencernaan

Jika Anda memiliki masalah atau iritasi pada sistem pencernaan, seperti tukak lambung atau radang usus, Anda sebaiknya tidak minum obat penambah darah, termasuk Sangobion. Hal ini dikarenakan zat besi dapat melukai mukosa lambung dan usus.

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Sangobion dan apa efeknya?

Overdosis atau keracunan zat besi yang terkandung dalam Sangobion bisa mengakibatkan gejala overdosis serius hingga mengancam nyawa.

Karena itu, jangan pernah minum Sangobion melebihi dosis yang telah dianjurkan dokter atau apoteker Anda.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum dosis Anda  saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis digandakan.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Oprelvekin

    PenggunaanUntuk apa obat Oprelvekin? Oprelvekin adalah obat untuk mencegah jumlah platelet yang sangat rendah (trombositopenia) dan untuk mengurangi transfusi platelet setelah perawatan kemoterapi tertentu. Platelet ...

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

    Direkomendasikan untuk Anda

    obat anemia

    Macam-Macam Obat Anemia yang Diresepkan Dokter Sesuai Jenisnya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 03/09/2018
    obat penambah darah

    Sembarangan Minum Obat Penambah Darah Bisa Merusak DNA

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Dipublikasikan tanggal: 20/10/2017
    buah untuk penambah darah

    6 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 22/08/2017
    daftar makanan penambah darah, obat penambah darah

    Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 20/02/2017