Ferrous Gluconate

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Ferrous Gluconate Obat Apa?

Untuk apa obat Ferrous Gluconate digunakan?

Ferrous gluconate adalah suplemen zat besi yang digunakan untuk mengobati defisiensi zat besi (kadar zat besi darah rendah). Kondisi ini biasanya sering terjadi pada wanita hamil dan pasien yang mengalami anemia. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bagaimana aturan pakai obat Ferrous Gluconate?

Ikuti panduan pengobatan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum Anda mulai menggunakan obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Zat besi diserap dengan baik oleh tubuh saat perut kosong (biasanya jika dikonsumsi1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan). Jika terjadi perut mulas, Anda dapat minum obat ini dengan makanan. Lihatlah petunjuk di bawah ini tentang penggunaan obat tetes untuk bayi/anak-anak. Hindari penggunaan antasid, produk susu, teh, atau kopi dalam waktu 2 jam sebelum atau setelah minum obat ini karena mereka akan menurunkan efektivitas.

Konsumsilah tablet atau kapsul dengan segelas air (8 ons atau 240 mililiter) kecuali diarahkan berbeda oleh dokter Anda. Jangan berbaring selama 10 menit setelah minum dosis tablet atau kapsul.

Telanlah kapsul extended-release secara keseluruhan. Jangan menghancurkan atau mengunyah kapsul atau tablet extended-release. Melakukan hal tersebut dapat melepaskan semua obat sekaligus dan meningkatkan risiko efek samping. Selain itu, jangan memecahkan tablet extended-release kecuali jika memiliki garis bagi dan dokter atau apoteker memberitahu Anda untuk melakukannya. Telanlah seluruh atau sebagian tablet tanpa menghancurkan atau mengunyahnya.

Jika Anda mengambil tablet kunyah, kunyahlah obat secara menyeluruh, lalu telan.

Jika Anda mengambil bentuk obat suspensi cair, kocok botol dengan baik sebelum setiap pemberian dosis.

Jika Anda mengambil bentuk obat cair untuk orang dewasa, ukur dosis dengan hati-hati menggunakan alat pengukur/sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar. Campur dosis dalam segelas air atau jus, dan minuman campuran melalui sedotan untuk mencegah pewarnaan gigi.

Jika Anda memberikan obat tetes cair untuk bayi atau anak-anak, gunakan pipet yang disediakan mengukur dosis secara hati-hati. Dosis dapat ditempatkan langsung ke dalam mulut (ke arah belakang lidah) atau dapat dicampur dalam formula (bukan susu), jus buah, sereal, atau makanan lainnya seperti yang diarahkan agar mudah dikonsumsi oleh anak Anda. Cara terbaik adalah dengan memberikan obat ini setelah makan. Ikuti petunjuk pada paket produk untuk penggunaan merek yang Anda gunakan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Ferrous Gluconate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Ferrous Gluconate

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Ferrous Gluconate?

Anda tidak boleh menggunakan glukonat besi jika Anda alergi terhadap suplemen ini.

Apakah Ferrous Gluconate aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada cukup informasi tentang keamanan menggunakan obat ini selama kehamilan dan menyusui. Diharapkan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Efek samping Ferrous Gluconate

Apa efek samping Ferrous Gluconate yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan .

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Feses berdarah warna merah terang
  • Nyeri di dada atau tenggorokan saat menelan tablet

Efek samping yang umum mungkin termasuk:

  • Sembelit, diare
  • Mual, muntah, mulas
  • Sakit perut, sakit perut
  • Feses atau urin berwarna hitam atau gelap
  • Gigi berubah warna, sementara

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Ferrous Gluconate

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Ferrous Gluconate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Menggunakan suplemen makanan ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Ferrous Gluconate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Ferrous Gluconate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Penyalahgunaan alkohol (atau riwayat)
  • Transfusi darah (dengan kandungan zat besi sel darah merah yang tinggi)
  • Infeksi ginjal
  • Penyakit hati
  • Porfiria kulit tarda-kadar tinggi dari suplemen zat besi dapat terjadi yang dapat meningkatkan kemungkinan efek samping
  • Arthritis
  • Asma atau alergi
  • Penyakit jantung – asupan tambahan zat besi dapat membuat kondisi memburuk
  • Kolitis atau masalah usus lainnya atau
  • Kondisi kelebihan zat besi (misalnya, hemochromatosis, hemosiderosis, hemoglobinopathies)
  • Maag – suplemen zat besi mungkin membuat kondisi memburuk
  • Anemia lainnya – suplemen zat besi dapat meningkatkan kadar zat besi hingga mencapai tingkat beracun pada kondisi anemia yang tidak terkait dengan kekurangan zat besi.

Interaksi Obat Ferrous Gluconate

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis Ferrous Gluconate untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Anemia Terkait Defisiensi Besi

Awal: 325 mg oral sekali sehari.

Pemeliharaan: 325 mg secara oral 3 kali sehari.

Pemulihan anemia terkait defisiensi besi mungkin memerlukan suplemen glukonat besi selama beberapa minggu atau bulan, tergantung pada durasi dan keparahan anemia.

Dosis Dewasa Biasa untuk Anemia Terkait dengan Gagal Ginjal Kronis

Awal: 325 mg oral sekali sehari.

Pemeliharaan: 325 mg secara oral 3 kali sehari. Pada pasien dengan gagal ginjal kronis, status besi harus dievaluasi jika terapi epoetin alfa dimulai. Kejenuhan transferrin kurang dari 20%, atau tingkat serum ferritin kurang dari 100 mcg/L menunjukkan jumlah zat besi yang tidak memadai dan kebutuhan untuk terapi penggantian zat besi. Terapi penggantian zat besi terus diperlukan pada kebanyakan pasien yang menerima pengobatan epoetin alfa.

Dosis Dewasa Biasa untuk Suplemen Vitamin/Mineral selama Kehamilan/Menyusui

325 mg oral sekali sehari. CDC telah mendefinisikan anemia selama kehamilan sebagai konsentrasi hemoglobin kurang dari 100 g/L selama trimester pertama dan ketiga dan kurang dari 105 g/L selama trimester kedua atau nilai hematokrit kurang dari 32%. Dosis zat besi harian yang direkomendasikan (RDA) adalah 30 mg secara oral selama kehamilan dan 15 mg secara oral selama menyusui.

Dosis Dewasa Biasa untuk Suplemen Vitamin/Mineral

325 mg oral sekali sehari. Dosis zat besi harian yang direkomendasikan (RDA) adalah 10 mg untuk laki-laki dewasa, 15 mg untuk wanita premenopause dewasa, dan 10 mg untuk wanita menopause.

Berapa dosis Ferrous Gluconate untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak Biasa untuk Anemia Terkait Defisiensi Besi

Bayi prematur: 2 sampai 4 mg zat besi/kg/hari dibagi setiap 12 sampai 24 jam (dosis harian maksimum = 15 mg).

Bayi dan anak-anak <12 tahun: Profilaksis: 1 sampai 2 mg zat besi/kg/hari (maksimal 15 mg) dalam 1-2 dosis terbagi.

Anemia kekurangan zat besi ringan sampai sedang: 3 mg zat besi/kg/hari dalam 1-2 dosis terbagi.

Anemia kekurangan zat besi parah: 4-6 mg zat besi/kg/hari dalam 3 dosis terbagi

Dalam dosis dan sediaan apa Ferrous Gluconate tersedia?

Tablet: 300 mg.

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Jenis Obat Penambah Darah yang Umum Diresepkan Dokter

Meski umumnya bersifat ringan, pada beberapa kasus Anda mungkin butuh obat anemia. Tak hanya zat besi, dokter mungkin meresepkan obat kurang darah lainnya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Anemia

Pengobatan anemia berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Beberapa cara mengatasi anemia juga tergolong sederhana, seperti mengonsumsi vitamin dan zat besi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Mengenal Ferritin, Protein Penentu Kadar Zat Besi dalam Tubuh

Tes ferritin menjadi salah satu pemeriksaan anemia untuk mengetahui kadar zat besi dalam tubuh. Apa yang harus dilakukan bila hasilnya abnormal?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi adalah anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Ini merupakan jenis anemia yang umum terjadi. Bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah untuk penambah darah

12 Buah-buahan Penambah Darah untuk Bantu Atasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
setelah donor darah

Serba-serbi Donor Darah: Prosedur, Persyaratan, dan Hal yang Harus Diperhatikan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 17 November 2020 . Waktu baca 7 menit
bahaya dan komplikasi anemia

Waspada, Ini Bahaya Anemia yang Mungkin Mengintai Anda

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit