Rocaltrol

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Apa fungsi Rocaltrol?

Rocaltrol adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi tertentu yang disebabkan oleh kadar hormon paratiroid yang tinggi atau rendah. Rocaltrol digunakan untuk mengatasi kadar kalsium darah yang rendah pada pasien yang menjalani dialisis ginjal kronis. Rocaltrol juga dapat digunakan untuk kondisi lain yang ditentukan oleh dokter Anda.

Rocaltrol merupakan suatu bentuk vitamin D. Rocaltrol bekerja dengan mendorong penyerapan dan penggunaan kalsium dan fosfat yang tepat oleh tubuh dalam perkembangan dan pemeliharaan tulang yang normal.

Bagaimana cara pakai Rocaltrol?

Gunakan Rocaltrol sesuai arahan dokter Anda. Periksa label pada obat untuk petunjuk dosis yang tepat.

Obat ini untuk diminum sebelum atau sesudah makan, biasanya satu kali setiap hari atau sesuai arahan dokter. Jika Anda menggunakan bentuk cairannya, ukur dosis dengan sendok atau alat takar khusus. Jangan menggunakan sendok dapur karena Anda mungkin tidak akan mendapat dosis yang tepat.

Jangan minum minyak mineral atau antasida yang mengandung magnesium bersama dengan Rocaltrol. Hal tersebut dapat mengurangi efek dari obat ini.

Tanyakan pada dokter jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai aturan minum obat ini.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan dan dijauhkan dari paparan cahaya langsung serta tempat yang lembap. Jangan menyimpan obat ini  di dalam kamar mandi dan jangan pula dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda jika ada informasi yang tidak Anda pahami pada kemasan tersebut. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan sebaliknya oleh dokter atau apoteker. Jangan menyimpan obat yang sudah melebihi tanggal kedaluwarsanya, atau jika obat sudah basi.

Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda, termasuk Rocaltrol.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Rocaltrol.

Berapa dosis Rocaltrol untuk orang dewasa?

akan memberikan Anda dosis rendah sebagai permulaan dan menyesuaikan dosis dengan perlahan untuk menemukan dosis terbaik untuk Anda. Ikuti petunjuk dokter dengan saksama. Gunakan obat ini dengan teratur untuk mendapatkan manfaatnya secara penuh.

Dosis harian optimal dari obat ini harus ditentukan dengan hati-hati untuk setiap pasien. Rocaltrol dapat diberikan secara oral baik sebagai kapsul (0.25 mkg atau 0.50 mkg) atau sebagai solusi oral (1 mkg/mL). Terapi Rocaltrol harus selalu dimulai dengan dosis serendah mungkin dan tidak boleh ditingkatkan tanpa pengamatan yang saksama akan serum kalsium.

Efektivitas terapi Rocaltrol didasarkan pada asumsi bahwa setiap pasien mendapatkan asupan harian akan kalsium yang cukup tapi tidak berlebihan. Pasien disarankan untuk mendapatkan asupan kalsium minimal 600 mg setiap harinya.

RDA Amerika untuk kalsium pada orang dewasa adalah 800 mg sampai 1200 mg. Untuk memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan asupan harian kalsium yang cukup, dokter harus meresepkan suplemen kalsium atau menginstruksikan langkah-langkah diet yang tepat pada pasien.

Oleh karena meningkatnya penyerapan kalsium dari saluran cerna, beberapa pasien yang menggunakan Rocaltrol dapat dijaga pada asupan kalsium yang lebih rendah. Pasien yang cendrung untuk terkena hiperkalemia mungkin memerlukan kalsium dalam dosis rendah atau tidak memerlukan suplemen sama sekali.

Berapa dosis Rocaltrol untuk anak?

Dosis belum ditetapkan pada pasien anak-anak. Ini mungkin tidak aman untuk anak Anda. Selalu penting untuk sepenuhnya memahami keamanan obat sebelum menggunakannya. Konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam bentuk apa saja obat ini tersedia?

Rocaltrol tersedia dalam bentuk dan kekuatan dosis berikut:

  • Tablet Rocaltrol 0.25 mkg
  • Tablet Rocaltrol 0.5 mkg

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Rocaltrol?

Jangan gunakan obat ini jika:

  • Anda alergi terhadap salah satu bahan dalam Rocaltrol.
  • Anda memiliki kadar vitamin D atau kalsium dalam darah yang tinggi.

Hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan dengan segera jika Anda mengalami hal di atas.

Apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Jika Anda kemudian hamil, hubungi dokter Anda. Anda harus mendiskusikan manfaat dan risiko penggunaan Rocaltrol selama masa kehamilan. Tidak diketahui apakah obat ini ditemukan dalam ASI. Jangan menyusui jika Anda menggunakan Rocaltrol.

Efek Samping

Apa efek samping Rocaltrol yang mungkin terjadi?

Menurut WebMD, berikut adalah tanda-tanda reaksi alergi Rocaltrol yang perlu Anda waspadai:

  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas
  • pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter dengan segera jika Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Kelemahan, sakit kepala, mengantuk
  • Mual, muntah, nyeri perut, sembelit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Rasa metalik dalam mulut
  • Buang air kecil lebih dari biasanya
  • Detak jantung cepat, lambat atau tak teratur
  • Perubahan perilaku
  • Nyeri otot, nyeri tulang, kelemahan otot, kehilangan tinggi badan
  • Pertumbuhan lambat (pada anak-anak yang menggunakan Rocaltrol), atau
  • Nyeri parah di perut bagian atas menjalar ke punggung

Ini bukanlah daftar lengkap dan efek samping lainnya mungkin dapat terjadi. Hubungi dokter untuk saran medis mengenai efek samping.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Rocaltrol?

Beberapa obat dapat berinteraksi dengan obat ini. Beri tahu dokter jika Anda menggunakan obat-obatan lainnya, terutama yang berikut:

  • Diuretik Thiazide (misal hydrochlorothiazide), karena risiko kadar kalsium darah yang tinggi dapat meningkat
  • Digoxin, karena risiko detak jantung tak teratur dapat meningkat
  • Antasida yang mengandung magnesium karena kadar darah magnesium yang tinggi dapat terjadi
  • Barbiturat (misal, phenobarbital), cholestyramine, kortikosteroid (misal, prednisone), hydantoins (misal, phenytoin), atau ketoconazole karena dapat menurunkan efektivitas Rocaltrol

Ini mungkin bukanlah daftar lengkap dari semua interaksi yang dapat terjadi. Tanyakan pada dokter apakah Rocaltrol dapat berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan. Konsultasikan pada dokter sebelum Anda memulai, menghentikan, atau mengubah dosis satupun obat.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Rocaltrol?

Obat ini dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang dapat berinteraksi dengan Rocaltrol?

Beberapa kondisi kesehatan dapat berinteraksi dengan obat ini. Beri tahu dokter atau apoteker jika memiliki kondisi kesehatan apapun, terutama kondisi-kondisi di bawah ini:

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Transplantasi Ginjal

Pelajari hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani transplantasi ginjal, mulai dari persiapan, proses, pemulihan, sampai risikonya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Urologi, Ginjal 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Berbagai Pilihan Obat dan Perawatan untuk Sakit Ginjal

Selain perubahan gaya hidup, ada beberapa pilihan obat dan perawatan untuk sakit ginjal demi kualitas hidup yang lebih baik. Ini pilihan obat sakit ginjal.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Sudah Osteoporosis, Masih Bisakah Minum Susu untuk Menguatkan Tulang?

Susu disebut sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, benarkah susu untuk tulang keropos bisa atasi osteoporosis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 12 Januari 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Macam Nutrisi yang Tidak Boleh Disisihkan dari Menu Diet

Diet terkadang dilakukan secara ekstrim sehingga meninggalkan sejumlah nutrisi yang penting dikonsumsi. Apa saja nutrisi untuk diet yang sering dilupakan?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pemeriksaan HBsAg adalah

HBsAg, Tes Darah untuk Mendiagnosis Penyakit Hepatitis B

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
fungsi kalsium

Calcium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
Konten Bersponsor
fungsi sistem imun

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit
hemodialisis

Hemodialisis, Prosedur Cuci Darah untuk Penyakit Gagal Ginjal

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 11 menit