Cyclosporine

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Cyclosporine Obat Apa?

Untuk apa cyclosporine?

Cyclosporine adalah obat untuk mengobati mata kering (keratoconjunctivitis sicca). Obat ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah air mata yang diproduksi oleh mata. Siklosporin merupakan mediator imunosupresif. 

Dosis Cyclosporine

Bagaimana cara penggunaan cyclosporine?

Cyclosporine adalah obat yang harus diteteskan pada mata dua kali sehari dalam rentang waktu 12 jam atau sesuai anjuran dokter Anda.

Sebelum meneteskan obat ini, cucilah tangan Anda terlebih dahulu. Untuk menghindari kontaminasi, jangan menyentuh ujung botol atau mata Anda. Sebelum diteteskan, pastikan obat tetes telah dikocok. Obat tetes ini berwarna putih susu.

Miringkan kepala Anda ke belakang sambil melihat ke atas, lalu tarik kelopak bawah mata Anda sehingga terbentuk kantung. Teteskan 1 tetes obat tepat di atas kantung sambil melihat ke bawah kemudian tutup mata Anda selama 1 sampai 2 menit. Jangan berkedip atau menggosok mata Anda.

Buang botol dan sisa cairan seteah digunakan. Jangan menyimpan botol yang telah dibuka untuk digunakan lagi selanjutnya.

Jika Anda memakai lensa kontak, lepaskanlah terlebih dahulu sebelum meneteskan obat ini dan jangan dipakai lagi sampai 15 setelah obat diteteskan.

Jika Anda ingin meneteskan obat mata lain, harap tunggu selama 15 menit kemudian setelah obat ini diteteskan.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Cyclosporine adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda

Efek samping Cyclosporine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cyclosporine untuk orang dewasa?

Untuk mengobati mata kering, gunakan 1 tetes dua kali sehari (setiap 12 jam)

Bagaimana dosis cyclosporine untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak.  Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah cyclosporine tersedia?

Cyclosporine adalah obat yang tersedia dalam dosis emulsi dan opthalmic: 0.05%

Peringatan dan Perhatian Obat Cyclosporine

Efek samping apa yang dapat dialami karena cyclosporine?

Cyclosporine adalah obat yang menyebabkan beberapa efek samping. Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: mata memerah, perih, luka, gatal, atau penglihatan kabur.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat Cyclosporine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cyclosporine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat oleh Anda dan dokter Anda. Untuk meminum obat ini, perhatikan hal berikut:

  • Beri tahu dokter jika mata Anda infeksi atau jika ada alat yang dimasukkan dokter di mata Anda untuk mengontrol air mata, atau jika Anda pernah terinfeksi herpes di mata.
  • Jika Anda ingin meneteskan air mata buatan, gunakan 15 menit sebelum atau sesudah meneteskan obat ini.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil atau sedang menyusui.
  • Anda harus tahu bahwa obat ini tidak akan bekerja jika Anda meggunakan lensa kontak. Lepaskan lensa kontak Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini kemudian pasang kembali setelah 15 menit obat diteteskan. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan lensa kontak jika Anda mengidap penyakit mata kering.

Alergi

Beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Apakah cyclosporine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  C menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika:

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika:

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Masih belum diketahui apakah obat ini dapat mengendap dalam ASI setelah dikonsumsi. Konsultasikan pada dokter jika Anda sedang menyusui saat mengonsumsi obat ini. Beri tahu dokter jika mungkin terjadi efek samping pada bayi Anda.

Overdosis Cyclosporine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cyclosporine?

Cyclosporine adalah obat yang dapat menimbulkan interaksi. Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep atau nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter. Misalnya obat-obatan topikal anti inflamasi, yang apat menyebabkan efektivitas obat menurun (contoh Ketolorac).

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan cyclosporine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan cyclosporine?

Cyclosporine adalah obat yang dapat bereaksi pada kesehatan tertentu. Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Infeksi mata
  • Sangat sensitif terhadap cyclosporine atau obat-obatan yang mengandung cyclosporine – Jangan gunakan obat ini.
  • Memiliki riwayat sakit herpes pada kornea mata – Jangan gunakan obat ini
  • Jika Anda menggunakan lensa kontak – Pasien yang mengidap sakit mata kering tidak dianjurkan menggunakan lensa kontak.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Habis Pakai Obat Tetes Mata, Kok, Jadi Terasa Pahit Saat Menelan. Kenapa, Ya?

Apa rasanya saat pakai obat tetes mata? Penglihatan memang jadi lebih jelas, tapi beberapa orang mengeluhkan tenggorokan terasa pahit ketika menelan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

6 Penyebab Mata Perih dan Pedih Seperti Terbakar

Mata terasa perih seperti sensasi terbakar bukanlah hal yang lazim. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu dulu penyebabnya. Yuk cari tahu di ulasan ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Pilihan Obat Tetes Mata untuk Anda yang Mengalami Mata Kering

Mata kering butuh perawatan yang tepat, salah satunya pakai obat tetes mata. Lantas, apa saja pilihan obat tetes untuk mata kering?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Obat Tetes Mata?

Ibu hamil rentan mengeluhkan mata kering. Masalah ini dapat diatasi dengan obat tetes mata. Namun, amankah pakai obat tetes mata untuk ibu hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengatasi gejala glaukoma

3 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 01/10/2019

4 Cara Mengatasi Mata Merah yang Disarankan Secara Medis

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2019
mengobati infeksi mata

Mata Merah dan Sensitif Akibat Keratitis? Ini 3 Kunci Penting Mengobatinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2019
Cendo lyteers

Cendo Lyteers

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 04/03/2019