Albothyl

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa Albothyl digunakan?

Albothyl adalah obat supositoria yang mengandung policresulen. Supisitoria artinya jenis obat yang cara pakainya harus dimasukkan ke dalam vagina.

Obat Albothyl memiliki khasiat mengobati peradangan serviks dan vagina, atau untuk mengatasi infeksi dan kerusakan jaringan organ intim wanita. 

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai obat ini?

Albothyl disarankan digunakan pada malam hari atau sebelum tidur. Begini cara pakainya:

  • Posisikan badan Anda telentang berbaring dengan lutut ditekuk, atau Anda bisa berdiri dengan lutut ditekuk dengan satu kaki diangkat keatas.
  • Masukkan aplikator Albothyl ke dalam vagina sejauh mungkin. Anda bisa membasahi aplikator dengan air terlebih dahulu agar nyaman masuk ke dalam vagina.
  • Setelahnya, pencet botol atau aplikator. gunanya agar obat masuk ke dalam vagina.
  • Cabut aplikator. Jika aplikator akan digunakan kembali, bersihkan seperti yang diarahkan oleh instruksi di dalam kemasan. Jika tidak dapat digunakan kembali, buang ke tempat sampah.

Anda bisa menggunakan handuk atau pembalut agar obat tidak tumpah mengotori pakaian dan sprei Anda. Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, atau lebih lama dari yang disarankan.

Konsultasi dan tanyakan pada dokter tentang dosisnya, sebab dosis dan cara pakai tergantung pada sifat dan tingkat keparahan kondisi.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Albothyl paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkanlah obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi atau membekukannya di freezer.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Albothyl ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan dengan Albothyl.

Bagaimana dosis Albothyl untuk orang dewasa?

1 dosis supositoria vagina setiap hari selama 7-14 hari.

Bagaimana dosis Albothyl untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah obat ini tersedia?

Albothyl adalah obat supositoria dengan sediaan 90 mg.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Albothyl?

Sebelum memutuskan untuk memakai Albothyl, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah kondisi-kondisi yang harus dipertimbangkan:

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan Albothyl.

Interaksi obat dapat membuat potensi efek samping muncul atau kinerja obat menjadi tidak efektif.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat, terutama pada Albothyl, policresulen, atau bahan lainnya yang terkandung dalam obat ini. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Selain itu, hindari hubungan seksual selama 7 hari setelah menggunakan Albothyl supositoria vagina.

Anak-anak

Obat ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak di bawah 18 tahun. Sebelum memberikan Albothyl untuk anak-anak, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Albothyl bukan obat sariawan

Orang Indonesia masih suka salah kaprah menggunakan albothyl sebagai obat sariawan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sudah lama melarang penggunaan obat ini untuk sariawan. Albothyl adalah obat untuk infeksi bakteri vagina. Sariawan di mulut belum tentu disebabkan oleh infeksi bakteri. 

Mengobati sariawan pakai albothyl bisa berbahaya. Apabila langsung diteteskan ke sariawan, kandungan policresulen dalam obat tersebut bisa menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan di sekitar sariawan tersebut. Alhasil, sariawan malah semakin lama sembuhnya.

Apakah Albothyl aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan.

Selain itu, belum ada penelitian lebih lanjut apakah obat ini terserap ke dalam air susu ibu (ASI) dan terminum oleh bayi yang menyusu.

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan Anda mengenai konsumsi obat ini selama masa kehamilan atau menyusui.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena obat ini?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan Albothyl dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini.

Berikut adalah efek-efek samping yang mungkin timbul akibat obat ini:

  • adanya perasaan aneh di dalam rahim
  • ketidaknyamanan di perut bagian bawah
  • iritasi vagina
  • vagina kering

Tidak menutup kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Segera hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda jika terjadi reaksi alergi parah (anafilaktik), dengan gejala-gejala seperti:

  • pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah
  • ruam kulit
  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Albothyl?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan, termasuk obat-obatan resep, nonresep, dan produk herbal. Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi obat yang ada. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obatapa pun tanpa seizin dokter.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Albothyl?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, perawat, atau tenaga medis lainnya.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Albothyl?

Albothyl dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberitahu dokter dan apoteker semua kondisi kesehatan yang Anda miliki.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis obat, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118 atau 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Berikut adalah gejala-gejala overdosis obat yang perlu Anda waspadai:

  • mual
  • muntah-muntah
  • pusing
  • hilang keseimbangan
  • mati rasa dan kesemutan
  • kejang-kejang

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal minum obat semula. Jangan menggandakan dosis obat dalam satu kali minum.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    9 Hal yang Menjadi Penyebab Sariawan Muncul Tiba-tiba

    Selain karena tergigit, ternyata ada banyak penyebab sering sariawan yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Penasaran apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 28/07/2019 . 7 menit baca

    GOM (Borax Glycerine)

    GOM adalah obat kumur. Cari tahu informasi tentang cara penggunaan, efek samping, keamanan, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 02/03/2019 . 1 menit baca

    Meski Tampak Sama, Ini Beda Oral Trush, Lidah Peta dan Oral Hairy Leukoplakia (OHL)

    Sekilas ketiganya tampak sama sehingga sulit untuk dibedakan. Agar tak keliru, berikut beda oral thrush, lidah peta dan OHL yang penting untuk Anda ketahui. 

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/01/2019 . 3 menit baca

    Mengenal Tonsil, Organ Kecil yang Berperan Penting Melawan Infeksi

    Tonsil adalah amandel. Meski kecil, amandel berperan penting untuk kesehatan Anda. Simak semua informasi tentang tonsil dalam artikel ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hidup Sehat, Tips Sehat 21/11/2018 . 5 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    obat sariawan ibu hamil

    Daftar Obat Alami untuk Sariawan pada Ibu Hamil

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020 . 4 menit baca
    mengobati sariawan di amandel

    Intip 4 Cara Ampuh Mengobati Sariawan di Amandel

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 04/01/2020 . 4 menit baca
    oral seks cabut gigi

    Bolehkah Melakukan Oral Seks Setelah Cabut Gigi?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 13/10/2019 . 3 menit baca
    sariawan setelah cabut gigi

    Alasan Kenapa Anda Sariawan Setelah Cabut Gigi Plus Cara Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 26/09/2019 . 3 menit baca