Nama Generik: Bromocriptine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Bromocriptine?

Obat ini dapat digunakan sendiri atau juga bersama dengan obat lain (misalnya levodopa) untuk mengobati penyakit Parkinson. Obat ini dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk bergerak dan meredakan gemetar (tremor), kekakuan, gerakan melambat, dan ketidakstabilan. Obat ini juga dapat menurunkan kondisi tidak bisa bergerak (on-off syndrome).

Bromocriptine juga digunakan untuk mengobati masalah hormonal yang disebabkan oleh tingginya tingkat zat kimia tertentu yang dibuat oleh tubuh (prolaktin). Masalah tersebut termasuk keluarnya ASI yang tidak diinginkan , terhentinya menstruasi, kesulitan hamil, menurunnya produksi sperma, dan penurunan kemampuan seksual. Karena kemungkinan efek samping yang serius (seperti tekanan darah tinggi, kejang, serangan jantung, dan stroke), bromocriptine tidak dianjurkan untuk menghentikan ASI yang tidak diinginkan setelah kehamilan, keguguran, atau aborsi.

Obat ini juga digunakan sendiri atau dengan pengobatan  lain untuk menurunkan kadar hormon pertumbuhan yang tinggi (akromegali). Bromocriptine juga digunakan untuk mengobati tumor yang mensekresi prolaktin. Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi ukuran tumor sebelum operasi atau untuk mengontrol gejala sampai pengobatan lain mulai bekerja.

Bromocriptine adalah obat ergot yang bekerja dengan membantu untuk mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu (dopamin) di otak. Obat ini juga mencegah pelepasan hormon tertentu (seperti hormon pertumbuhan dan  prolaktin). Bromocriptine dapat menurunkan kadar hormon ini, tetapi tidak dapat menyembuhkan penyebab dari tingkat hormon yang meningkat.

PENGGUNAAN LAIN: Cycloset digunakan dengan diet yang baik dan program latihan untuk mengontrol gula darah tinggi pada orang dengan diabetes tipe 2.

Bromocriptine adalah obat ergot yang dipercaya untuk membuat fungsi insulin tubuh Anda lebih baik, meningkatkan kontrol gula darah. Mengontrol kadar gula darah yang tinggi dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh, dan masalah fungsi seksual. Kontrol diabetes yang tepat juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke

Bagaimana aturan pakai Bromocriptine?

Konsumsi obat ini dengan makanan, biasanya 1-2 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan memulai pengobatan pada dosis rendah dan secara bertahap dosis ditingkatkan guna menemukan dosis yang tepat untuk Anda. Obat ini sering menyebabkan pusing, terutama setelah mengonsumsi dosis pertama. Segera berbaring setelah mengambil dosis pertama Anda untuk mengurangi risiko cedera karena jatuh.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, kondisi yang sedang dirawat, dan respon Anda terhadap pengobatan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda selalu ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Untuk penyakit Parkinson, dokter akan menyesuaikan dosis Anda berdasarkan gejala dan efek samping. Dokter Anda mungkin mengarahkan Anda untuk menurunkan dosis levodopa setelah Anda mulai menggunakan obat ini. Jangan mengubah atau menghentikan pengobatan tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Untuk kadar prolaktin yang tinggi, mungkin diperlukan waktu 6-8 minggu agar efek prolaktin tinggi dapat menurun. Kondisi ini bisa memakan waktu hingga 12 bulan sebelum Anda mendapatkan manfaat penuh dari obat ini.

Untuk akromegali, dokter akan memantau kadar hormon pertumbuhan Anda dan menyesuaikan dosis.

Jangan berhenti minum obat ini tanpa persetujuan dokter. Jika Anda tiba-tiba berhenti minum obat ini, reaksi penghentian penggunaan mungkin terjadi. Reaksi tersebut dapat berupa demam, kekakuan otot, dan kebingungan. Laporkan setiap reaksi tersebut kepada dokter Anda segera. Ketika berhenti, pengobatan rutin dengan obat ini tetap dilakukan secara bertahap dengan mengurangi dosis seperti yang diarahkan dokter, hal ini akan membantu mencegah reaksi penghentian penggunaan obat. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Beritahu dokter jika gejala tidak membaik atau semakin memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Bromocriptine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan membuang obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Bromocriptine untuk orang dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk hiperprolaktinemia

  • Awal: 1,25 mg 2,5 mg secara oral setiap hari.
  • Titrasi: Tambahkan 2,5 mg secara oral, selama dapat  ditoleransi, untuk dosis pengobatan setiap 2 sampai 7 hari.
  • Pemeliharaan: 2,5 mg sampai 15 mg secara oral setiap hari.

Dosis dewasa biasa untuk akromegali

  • Awal: 1,25 mg 2,5 mg oral sekali sehari, dengan makanan, pada waktu tidur selama 3 hari.
  • Titrasi: Tambahkan 1,25 mg sampai 2,5 mg secara oral, selama dapat ditoleransi, untuk dosis pengobatan setiap 3 sampai 7 hari.
  • Pemeliharaan: 20 mg sampai 30 mg secara oral setiap hari.

Dosis maksimum tidak boleh melebihi 100 mg / hari.

Dosis dewasa biasa untuk penyakit parkinson

  • Awal: 1,25 mg dua kali sehari dengan makanan.
  • Titrasi: Tambahkan 2,5 mg / hari, dengan makanan, untuk regimen dosis setiap 14 sampai 28 hari.
  • Dosis maksimum: 100 mg / hari.

Dosis dewasa biasa untuk diabetes tipe 2

Untuk Cycloset (R) nama dagang dari bromocriptine saja:

  • Awal: 0,8 mg secara oral setiap hari, digunakan dalam waktu dua jam setelah bangun di pagi hari dengan makanan
  • Titrasi: Meningkatkan 0,8 mg per minggu selama dapat ditoleransi
  • Pemeliharaan: 1,6-4,8 mg secara oral setiap hari, diambil dalam waktu dua jam setelah bangun di pagi hari dengan makanan

Dosis maksimum tidak boleh melebihi 4,8 mg setiap hari.

Bagaimana dosis Bromocriptine untuk anak?

Dosis anak-anak biasa untuk hiperprolaktinemia

Berusia 11 sampai 15 tahun:

  • Awal: 1,25 mg 2,5 mg secara oral setiap hari.
  • Pemeliharaan: 2,5 mg sampai 10 mg secara oral setiap hari.

Dalam dosis dan sediaan apakah Bromocriptine tersedia?

Kapsul, Oral:

  • Parlodel: 5 mg
  • Generik: 5 mg

Tablet, Oral:

  • Cycloset: 0,8 mg
  • Parlodel: 2.5 mg
  • Generik: 2.5 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Bromocriptine?

Efek samping yang umum, yaitu sakit kepala ringan, pusing, perasaan lelah, kantuk ringan, mual, muntah, sakit perut, hilangnya nafsu makan, diare, konstipasi, perasaan dingin atau mati rasa di jari Anda, mulut kering, atau hidung tersumbat.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi, seperti mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan .

Hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Masalah penglihatan, pilek konstan
  • Nyeri dada, nyeri ketika Anda bernapas, denyut jantung cepat, napas cepat, merasa sesak napas (terutama ketika berbaring)
  • Kambuhnya rasa sakit, bengkak di pergelangan kaki atau kaki, buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • Kebingungan, halusinasi, merasa seperti Anda akan pingsan
  • Gula darah rendah (sakit kepala, rasa lapar, lemah, berkeringat, tremor, iritabilitas, kesulitan berkonsentrasi)
  • Gerakan otot tidak dapat dikontrol, kehilangan keseimbangan atau koordinasi
  • Tinja berdarah atau seperti tanah liat, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • Tekanan darah tinggi berbahaya (sakit kepala parah, penglihatan kabur, berdengung di telinga, kecemasan, kebingungan, nyeri dada, sesak napas, detak jantung yang tidak beraturan, kejang)

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • Pusing, sensasi berputar, rasa kantuk ringan, merasa lelah
  • Sakit kepala ringan, perasaan depresi, masalah tidur (insomnia)
  • Mulut kering, hidung tersumbat
  • Perut mulas, mual, muntah, sakit perut, hilangnya nafsu makan, diare, konstipasi
  • Perasaan dingin atau mati rasa di jari-jari

Tidak semua orang mengalami efek samping seperti di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Bromocriptine?

Sebelum menggunakan bromocriptine,

  • Beritahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap bromocriptine ergot alkaloid seperti kabergolin (Dostinex), dihydroergotamine (DHE 45, Migranal), mesylates ergoloid (Germinal, Hydergine), ergonovin (Ergotrate), ergotamine (Bellergal-S, Cafergot, Ergomar, Wigraine), metilergonovin (Methergine), methysergide ( Sansert), dan pergolid (Permax) obat lain atau salah satu bahan dalam tablet atau kapsul bromocriptine . Tanyakan apoteker Anda untuk daftar bahan penyusun.
  • Beritahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: amitriptyline (Elavil) antijamur seperti itrakonazol (Sporanox) dan ketoconazole (Nizoral) antihistamin kloramfenikol deksametason (Decadron, DexPak) agonis dopamin lainnya seperti kabergolin (Dostinex), levodopa (Dopar, Larodopa), pergolid (Permax), dan ropinirol (Requip) jenis obat ergot seperti dihydroergotamine (DHE 45, Migranal), mesylates ergoloid (Germinal, Hydergine), ergonovin (Ergotrate), ergotamine (Bellergal-S, Cafergot, Ergomar, Wigraine), metilergonovin (Methergine), dan methysergide (Sansert)  haloperidol (Haldol) imipramine (Tofranil) insulin macrolide antibiotik seperti clarithromycin (Biaxin, di PrevPac) dan eritromisin (E.E.S., E-Mycin, Erythrocin) obat tertentu untuk human immunodeficiency virus (HIV) atau acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) seperti indinavir (Crixivan), nelfinavir (Viracept), dan ritonavir (ritonavir, di Kaletra) obat oral untuk diabetes obat untuk asma, pilek, tekanan darah tinggi, migrain, dan mual obat untuk penyakit mental seperti clozapine (Clozaril, FazaClo), olanzapine (Zyprexa, di Symbyax), thiothixene (Navane), dan ziprasidone (Geodon) metildopa (di Aldoril) metoclopramide (Reglan) nefazodone octreotide (Sandostatin) pimozide (Orap) probenesid (di Col-Probenesid, Probalan) reserpin rifampin (Rifadin, di Rifamate, di Rifater, Rimactane) dan sumatriptan (Imitrex).. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping. Banyak obat-obatan lainnya juga dapat berinteraksi dengan bromocriptine, jadi pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda gunakan, bahkan yang tidak muncul di daftar ini.
  • Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau sakit kepala migrain yang menyebabkan pingsan. Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk tidak menggunakan bromocriptine.
  • Beritahu dokter jika Anda baru saja melahirkan, jika Anda pernah pingsan, dan jika Anda memiliki atau pernah mengalami serangan jantung detak jantung lambat, cepat, atau tidak teratur, penyakit mental, tekanan darah rendah, borok perdarahan di perut atau usus, sindrom Raynaud (kondisi di mana tangan dan kaki menjadi mati rasa dan sejuk bila terkena suhu dingin), penyakit jantung, ginjal, atau penyakit hati, atau kondisi yang mencegah Anda untuk mencerna makanan yang mengandung produk gula, pati, atau susu normal.
  • Beritahu dokter jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Jika Anda menggunakan bromocriptine (Parlodel) untuk mengobati kurangnya periode menstruasi dan infertilitas disebabkan oleh hiperprolaktinemia, menggunakan metode pengendalian kelahiran selain kontrasepsi hormonal (pil KB, patch, cincin, atau suntikan) sampai Anda memiliki periode menstruasi yang teratur kemudian berhenti menggunakan kontrol kelahiran. Anda harus diuji untuk kehamilan  setiap 4 minggu sekali selama Anda tidak menstruasi. Setelah periode menstruasi Anda kembali, Anda harus diuji untuk kehamilan setiap saat periode menstruasi Anda terlambat 3 hari. Jika Anda tidak ingin hamil, gunakan metode pengendalian kelahiran selain kontrasepsi hormonal saat Anda mengambil bromocriptine. Jika Anda menjadi hamil selama pengobatan Anda dengan bromocriptine, berhenti minum obat dan hubungi dokter Anda.
  • Jangan menyusui saat Anda mengambil bromocriptine.
  • Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang penggunaan bromocriptine (Cycloset).
  • Anda harus tahu bahwa bromocriptine dapat membuat Anda mengantuk dan menyebabkan Anda tiba-tiba jatuh tertidur. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
  • Tanyakan pada dokter Anda tentang penggunaan yang aman dari minuman beralkohol saat Anda mengambil bromocriptine. Alkohol dapat membuat efek samping dari bromocriptine memburuk.
  • Anda harus tahu bahwa bromocriptine dapat menyebabkan pusing, mual, berkeringat, dan pingsan ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi berbaring. Hal ini lebih umum terjadi ketika Anda pertama kali mulai menggunakan bromocriptine atau bila dosis meningkat. Untuk menghindari masalah ini, bangunlah dari tempat tidur perlahan-lahan, istirahatlah kaki Anda di lantai selama beberapa menit sebelum berdiri.
  • Tanyakan dokter Anda apa yang harus dilakukan jika Anda sakit, mengalami infeksi atau demam, mengalami stres yang tidak biasa, atau terluka. Kondisi ini dapat mempengaruhi gula darah Anda dan jumlah bromocriptine (Cycloset) yang Anda butuhkan.

Apakah Bromocriptine aman untuk ibu hamil atau menyusui?

  • Kehamilan
Kategori Kehamilan Penjelasan
Semua Trimester B Penelitian pada hewan tidak menunjukkan ada bukti membahayakan bagi janin, namun tidak ada studi yang memadai pada wanita hamil ATAU penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk, tetapi penelitian yang memadai pada wanita hamil telah gagal menunjukkan risiko pada janin.
  • Menyusui

Studi menunjukkan bahwa obat ini dapat mengubah produksi atau komposisi ASI.. Jika alternatif obat ini tidak ditentukan, Anda harus memantau bayi untuk efek samping dan asupan ASI yang cukup.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Bromocriptine?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Ketika Anda menggunakan obat ini, sangat penting bahwa ahli kesehatan Anda tahu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang tercantum di bawah. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti semuanya.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini tidak dianjurkan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak memberikan obat ini pada Anda atau mengubah beberapa obat lain yang Anda ambil.

  • Eletriptan
  • Frovatriptan
  • Naratriptan
  • Phenelzine
  • Rizatriptan
  • Sumatriptan

Menggunakan bromocriptine dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Almotriptan
  • Amoxapine
  • Carbamazepine
  • Ceritinib
  • Clomipramine
  • Cobicistat
  • Crizotinib
  • Dabrafenib
  • Dihydroergotamine
  • Eslicarbazepine Acetate
  • Idelalisib
  • Indinavir
  • Isocarboxazid
  • Isometheptene
  • Itraconazole
  • Ketoconazole
  • Linezolid
  • Metoclopramide
  • Mitotane
  • Nefazodone
  • Nelfinavir
  • Nilotinib
  • Phenylpropanolamine
  • Piperaquine
  • Primidone
  • Procarbazine
  • Rasagiline
  • Ritonavir
  • Selegiline
  • Siltuximab

Menggunakan bromocriptine dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan yang terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Bromperidol
  • Clarithromycin
  • Cyclosporine
  • Erythromycin
  • Kava
  • Thioridazine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Bromocriptine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Bromocriptine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • Penyakit arteri koroner atau gangguan kardiovaskular serius lainnya, termasuk riwayatnya
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi), yang tidak terkontrol
  • Kehamilan -berdampak tekanan darah tinggi- Parlodel® tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini kecuali diperlukan
  • Ketoasidosis diabetik (keton dalam darah)
  • Syncopal (pingsan) sakit kepala migren
  • Diabetes tipe I -Cycloset® tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • Demam
  • Infeksi
  • Bedah
  • Trauma -kondisi ini dapat menyebabkan masalah sementara dengan kontrol gula darah dan dokter Anda mungkin ingin memperlakukan Anda sementara dengan insulin
  • Intoleransi galaktosa (gangguan genetik langka)
  • Malabsorbsi glukosa -galaktosa (gangguan genetik langka)
  • Defisiensi laktase (gangguan genetik langka), yang berat -penggunaan Parlodel® tidak dianjurkan pada pasien dengan kondisi ini
  • Serangan jantung, termasuk riwayatnya
  • Penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah (misalnya, efusi perikardial)
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit paru-paru (misalnya, efusi pleura, fibrosis paru)
  • Penyakit mental (misalnya, psikosis), termasuk riwayatnya
  • Fibrosis retroperitoneal
  • Kejang, termasuk riwayatnya
  • Bisul perut atau perdarahan, termasuk riwayatnya
  • Stroke, termasuk riwayatnya -gunakan dengan hati-hati, mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • Penyakit hati -gunakan dengan hati-hati, efek dapat ditingkatkan karena pembersihan lebih lambat obat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan