Nama Generik: Benzocaine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Benzocaine?

Benzocaine adalah obat bius lokal (obat mati rasa) untuk mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman karena iritasi kulit ringan, radang tenggorokan, luka bakar kulit karena sinar matahari, rasa sakit karena tumbuh gigi, iritasi vagina atau rektum, pertumbuhan kuku ke dalam, wasir, dan berbagai sumber rasa sakit ringan lainnya pada permukaan tubuh.

Benzocaine juga berguna untuk mematikan sensasi pada kulit atau permukaan di dalam mulut, hidung, tenggorokan, vagina, atau rektum untuk mengurangi rasa sakit karena memasukkan alat medis seperti selang atau spekulum. Benzocaine bekerja dengan menghambat sinyal saraf di dalam tubuh.

Terdapat banyak merek dan bentuk benzocaine topikal yang berlaku dan tidak semua merek tercantum pada brosur ini. Benzocaine topikal mungkin juga digunakan untuk tujuan yang tidak terdaftar dalam pedoman pengobatan ini.

Bagaimana aturan pakai Benzocaine?

Gunakan tepat sesuai dengan petunjuk pada label atau resep dokter. Jangan menggunakan obat dalam jumlah yang lebih banyak atau sedikit atau lebih lama dari yang disarankan.

Gunakan obat dalam jumlah terkecil yang dibutuhkan untuk mematikan sensai kulit atau meredakan rasa sakit. Jangan menggunakan benzocaine topikal dalam jumlah besar, atau menutupi area kulit yang diobati dengan perban atau pembungkus plastik tanpa nasihat medis. Tubuh mungkin menyerap lebih banyak obat jika Anda menggunakannya terlalu banyak, mengoleskan obat di area kulit yang lebar, atau menaruh kompres panas, menutupi dengan perban atau pembungkus plastik di area kulit yang diobati. Kulit yang tergores atau iritasi mungkin juga menyerap obat topikal daripada kulit yang sehat.

Obat ini disertai dengan instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif. ikuti semua petunjuk dengan hati-hati. Tanyakan dokter atau apoteker jika ingin bertanya. untuk mengobati kondisi kulit ringan, oleskan benzocaine topikal tipis-tipis ke area yang terpengaruh. Bila menggunakan penyemprot, pegang botol sejauh 6-12 inci dari kulit. Jangan menyemprot obat ini ke atas wajah. Semprotkan ke atas tangan lalu gosokkan ke atas wajah, hindari kontak dengan mata. Untuk mengobati wasir, bersihkan area dengan sabun dan air putih sebelum mengoleskan benzocaine topikal. Oleskan obat sampai 6 kali per hari. Bila Anda sedang menggunakan supositoria rektum, cobalah mengosongkan perut dan kantong kemih sebelum memasukkan supositoria. Singkirkan pembungkus luar dari supositoria sebelum memasukkannya. Hindari memegang supositoria terlalu lama atau obat akan meleleh di tangan.

Jangan menggunakan benzocaine topikal untuk mengobati area kulit lebar atau luka tusuk dalam. Hindari penggunaan obat ini di atas kulit yang lecet atau melepuh, misalnya luka bakar parah atau abrasi. Hubungi dokter apabila gejala tidak kunjung membaik atau semakin memburuk dalam 7 hari pertama penggunaan benzocaine topikal. Hubungi dokter jika gejala telah hilang tapi kambuh.

Bila sedang mengobati radang tenggorokan, hubungi dokter kalau rasa sakit luar biasa atau berlangsung lebih dari 2 hari, terutama jika Anda juga demam, sakit kepala, ruam, bengkak, mual, muntah, batuk, atau pernapasan terganggu.

Bagaimana cara menyimpan Benzocaine?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Benzocaine untuk orang dewasa?

Benzocaine topikal 20% semprotan membran mukus:

  • Intubasi terjaga, saluran udara oral, bronkoskopi: Gunakan ½ second burst ke lipatan buccal. Perintahkan pasien untuk menelan berkali-kali. Tunggu 30 detik, kemudian pasangkan scope.
  • Endoskopi atas: Gunakan ½ second burst ke lipatan buccal. Perintahkan pasien untuk menelan berkali-kali. Tunggu selama 30, kemudian pasangkan scope.
  • Motilitas esofagus: tidak lagi menggunakan ½ second burst pada setiap naris. Tunggu 30-60 detik, lalu pasangkan transducer. Laringoskopi tidak langsung, pemeriksaan wajah dan leher: semprotkan ½ second burst pada setiap lipatan buccal, suruh pasien menelan berkali-kali. Tunggu 30-60 detik sebelum memulai prosedur.
  • Pengambilan arch bar: Semprotkan area yang terpengaruh tidak lebih dari ½ detik. Tunggu 30-60 detik, lalu ambil arch bar. Stomatitis, mucositis, faringitis, sariawan, kanker tenggorokan: Gunakan secara topikal ke area yang terkena seperlunya.

Benzocaine topikal 20% gel membran berlendir:

  • Intubasi terjaga, saluran udara oral, bronkoskopi: Gunakan sejumlah kecil naris sebelum intubasi hidung.
  • Proktoskopi, sigmoidoskopi fleksibel: Gunakan secara topikal ke area rektum, tunggu 30-60 detik lalu mulailah prosedur. Stomatitis, mucositis, faringitis, sariawan, kanker tenggorokan: Gunakan secara topikal ke area yang terkena seperlunya.

Benzocaine topikal 20% cairan membran lendir:

  • Motilitas esofagus: Miringkan kepala pasien ke belakang dan teteskan 2-3 kali ke dalam naris sebelum memasukkan transducer. Laringoskopi tidak langsung, pemeriksaan wajah dan leher: Berkumur 1 sendok teh selama sekitar 15 detik, lalu keluarkan sisanya. Tunggu 30-60 detik, lalu mulailah prosedur.
  • Biopsi hidung: miringkan kepala pasien ke belakang dan teteskan 2-3 kali ke dalam setiap naris. Tunggu 30-60 detik, lalu mulailah prosedur.
  • Stomatitis, mucositis, faringitis, sariawan, kanker tenggorokan: Gunakan secara topikal ke area yang terkena seperlunya.

Benzocaine topikal 20% swab membran mukus:

Biopsi hidung: Gunakan secara topikal ke naris. Tunggu 30-60 detik, lalu mulailah prosedur.

Benzocaine topikal 10%-15% gel membran mukus:

Gunakan secara topikal ke area yang terkena di mulut dan gusi sampai 4 kali sehari.

Benzocaine topikal 10% bubuk membran mukus  untuk pemulihan:

Ulkus mucositis aphthous oral, sariawan, stomatitis, luka mulut dan jaringan karena pemasangan gigi palsu yang salah dan penyakit gusi, dan gangguan mulut yang terkait dengan HIV: gunakan secara topikal ke area yang terkena pada mulut dan gusi setiap 4-6 jam, tidak melebihi 4 dosis per hari.

Benzocaine topikal tablet oral:

Sakit tenggorokan, sakit mulut: 1 tablet larut dalam mulut setiap 2 jam seperlunya.

Dosis orang dewasa untuk wasir

Benzocaine topikal 20% salep rektum: setelah membersihkan area dengan sabun dan air, oleskan di luar ke area yang terkena seperlunya sampai 6 kali sehari.

Dosis orang dewasa untuk nyeri

Benzocaine topikal 20% gel:

Luka bakar karena sinar matahari: oleskan ke area yang terkena sampai 4 kali sehari.

Benzocaine topikal 20% spray: luka bakar karena sinar matahari, nyeri, gigitan serangga, pruritus: pegang botol sekitar 6-12 inci dari kulit dan semprotkan ke area yang terkena sampai basah seperlunya sampai 4 kali sehari. Ketika digunakan ke area wajah semprotkan ke atas telapak tangan, lalu gosokkan di wajah dan hindari area di sekitar mata.

Benzocaine topikal 20% krim:

Luka bakar karena sinar matahari, pruritus, gigitan serangga, poison ivy: gunakan di area yang terkena seperlunya tidak lebih dari 1-3 kali sehari.

Benzocaine topikal salep:

Gigitan serangga: gunakan secara topikal ke area yang terkena seperlunya.

Benzocaine topikal 20% cairan:

Nyeri: gunakan ke area yang terkena seperlunya sampai 4 kali sehari.

Benzocaine topikal 5% spray:

Luka bakar karena sinar matahari, pruritus: pegang botol sekitar 10 inci dari kulit dan semprotkan ke area yang terkena sampai basah seperlunya sampai 4 kali sehari. Ketika digunakan ke area wajah semprotkan ke atas telapak tangan, lalu gosokkan di wajah dan hindari area di sekitar mata.

Benzocaine topikal krim:

Luka bakar karena sinar matahari, pruritus: gunakan secara terpisah ke area yang terkena seperlunya sampai 3-4 kali sehari.

Benzocaine topikal spray:

Luka bakar sinar matahari, pruritus: pegang botol sekitar 4-6 inci dari kulit dan semprotkan ke area yang terkena sampai basah seperlunya sampai 3 kali sehari.

Benzocaine permen pereda tenggorokan: larutkan 1 permen perlahan di dalam mulut setiap 2 jam seperlunya.

Bagaimana dosis Benzocaine untuk anak?

Dosis anak-anak untuk anestesi

2-18 tahun:

Benzocaine topikal 10% gel membran lendir: gunakan secara topikal ke area yang terkena sampai 4 kali sehari. Kapas mungkin membantu ketika digunakan pada anak kecil.

Lebih dari atau setara dengan 5-18 tahun:

Benzocaine topikal permen pereda tenggorokan: 1 permen pereda tenggorokan larut di dalam mulut setiap 2 jam seperlunya.

Dosis anak-anak untuk wasir

2-18 tahun:

Benzocaine topikal 20% salep rektum: oleskan secara eksternal ke area yang terkena sampai 6 kali sehari.

Dosis anak-anak untuk nyeri

2-18 tahun:

Benzocaine topikal 20% gel: gunakan ke area yang terkena sampai 4 kali sehari.

Benzocaine topikal 20% spray: pegang botol sekitar 6-12 inci dari kulit dan semprotkan ke area yang terkena sampai basah seperlunya sampai 4 kali sehari. Ketika digunakan ke area wajah semprotkan ke atas telapak tangan, lalu gosokkan di wajah dan hindari area di sekitar mata.

Benzocaine topikal 20% krim: gunakan ke area yang terkena seperlunya tidak lebih dari 1-3 kali sehari.

Benzocaine topikal 20% cairan: gunakan ke area yang terkena seperlunya sampai 4 kali sehari.

Benzocaine topikal 5% spray topika: pegang botol sekitar 6-12 inci dari kulit dan semprotkan ke area yang terkena sampai basah seperlunya sampai 4 kali sehari. Ketika digunakan ke area wajah semprotkan ke atas telapak tangan, lalu gosokkan di wajah dan hindari area di sekitar mata.

Benzocaine topikal-krim topikal: gunakan ke area yang terkena secara terpisah seperlunya sampai 3-4 kali sehari.

Benzocaine topikal-spray topikal: pegang botol sekitar 4-6 inci dari kulit dan semprotkan ke area yang terkena secara terpisah seperlunya sampai 3 kali sehari.

Benzocaine permen pereda tenggorokan:

Anak-anak berumur 5 tahun dan lebih: larutkan 1 permen pereda tenggorokan perlahan di dalam mulut setiap 2 jam seperlunya.

Dalam dosis dan sediaan apakah Benzocaine tersedia?

Aerosol, eksternal:

Ivy-Rid: 2% (82,5 mL)

Gel, mulut/tenggorokan:

  • Anbesol: 10% (9 g)
  • Anbesol JR: 10% (9 g)
  • Anbesol Maximum Strength: 20% (9 g)
  • Baby Anbesol: 7.5 % (9 g)
  • Benz-O-Sthetic: 20% (15 g)
  • Benz-O-Sthetic: 20% (29 g)
  • Dentapaine: 20% (11 g)
  • Hurricaine: 20 % (5.25 g)
  • Hurricaine: 20 % (28.4 g)
  • Hurricaine: 20 % (30 g)
  • Oral Pain Relief Max St: 20 % (14.2 g)
  • Zilactin Baby: 10% (9.4 g)

Cairan, mulut/tenggorokan:

  • Anbesol: 10% (12 mL)
  • Anbesol Maximum Strength: 20% (12 mL)
  • Benz-O-Sthetic: 20% (56 g)
    Cepacol Dual Relief: 5% (22.2 mL)
  • Dent-O-Kain/20: 20% (9 mL)
  • Oral Pain Relief Max St: 20% (15 mL)

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Benzocaine?

Dermatitis kontak dan/atau hipersensitivitas terhadap benzocaine dapat menyebabkan rasa terbakar, menyengat, pruritus, kelunakan, erythema, ruam, urticaria, dan edema. Benzocaine jarang menyebabkan methemoglobinemia penyebab gangguan pernapasan dan cyanosis.

Intravenous methylene blue adalah terapi khusus untuk kondisi ini.

Anda harus memeriksakan diri dengan dokter secepat mungkin apabila efek samping di bawah ini terjadi ketika menggunakan benzocaine topikal:

  • Insiden yang tidak diketahui
  • Sakit kepala
  • Demam tinggi
  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri, merah, bengkak, atau iritasi di dalam atau sekitar mulut semakin memburuk

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Benzocaine?

Jangan menggunakan benzocaine topikal apabila Anda pernah mengalami methemoglobinemia sebelumnya.

Overdosis obat yang membuat mati rasa dapat menyebabkan efek samping mematikan jika terlalu banyak obat diserap melalui kulit dan ke dalam darah. Hal ini lebih sering terjadi ketika menggunakan obat mati rasa tanpa nasihat dokter medis (misalnya selama prosedur kosmetik seperti penghilangan bulu dengan laser). Berhati-hatilah bahwa banyak kosmetik prosedur dilakukan tanpa adanya dokter medis.

Tanyakan dokter atau apoteker apakah penggunaan obat ini aman bagi Anda bila Anda mengalami:

  • Asma, bronkitis, emphysema, atau gangguan pernapasan lainnya;
  • Penyakit jantung;
  • Riwayat pribadi atau keluarga atas methemoglobinemia, atau defisiensi enzim genetik (bawaan);
  • Jika Anda merokok.

Apakah Benzocaine aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Penelitian pada hewan telah menunjukkan adanya efek merugikan dari penggunaan Benzocaine pada ibu hamil.

Tidak diketahui apakah obat ini bisa menyerap ke dalam ASI. Karena banyak obat masuk ke dalam ASI, kewaspadaan harus ditingkatkan ketika benzocaine diberikan kepada wanita menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Benzocaine?

Walaupun obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan secara bersamaan, dalam kasus lainnya dua obat yang berbeda boleh digunakan bersama sekalipun interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter mungkin ingin mengubah dosis, atau peringatan lainnya mungkin penting.

Beritahu penyedia layanan kesehatan profesional kalau Anda sedang menggunakan obat resep atau tanpa resep.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Benzocaine?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Benzocaine?

Adanya gangguan medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lain, terlebih:

  • Anemia
  • Defisiensi glucose-6-phosphodiesterase (kelainan metabolisme bawaan yang mempengaruhi sel darah merah)
  • Penyakit hemoglobin-M (kelainan metabolisme bawaan yang mempengaruhi sel darah merah) atau
  • Defisiensi NADH-methemoglobin reductase (kelainan metabolisme bawaan yang mempengaruhi sel darah merah)
  • Defisiensi pyruvate-kinase (kelainan metabolisme bawaan yang mempengaruhi sel darah merah)—gunakan dengan hati-hati. Mungkin meningkatkan risiko berkembangnya efek samping bernama methemoglobinemia.
  • Asma
  • Bronkitis
  • Emphysema
  • Penyakit jantung
  • Infeksi pada tempat penggunaan obat
  • Luka besar, kulit rusak, atau luka pada tempat penggunaan obat
  • Perokok—gunakan dengan hati-hati. Mungkin memperparah efek samping.
  • Anak-anak berumur di bawah 2 tahun—tidak boleh digunakan pada kelompok umur ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan