Albothyl obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Albothyl Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Albothyl digunakan?

Albothyl adalah obat untuk mengobati peradangan serviks dan vagina, atau untuk mengatasi infeksi dan kerusakan jaringan organ intim wanita. 

Albothyl adalah supositoria yang mengandung policresulen. Supisitoria artinya jenis obat yang cara pakainya harus dimasukkan ke dalam vagina.

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai obat ini?

Albothyl disarankan digunakan pada malam hari atau sebelum tidur. Begini cara pakainya:

  1. Posisikan badan Anda telentang berbaring dengan lutut ditekuk, atau Anda bisa berdiri dengan lutut ditekuk dengan satu kaki diangkat keatas.
  2. Masukkan aplikator albothyl ke dalam vagina sejauh mungkin. Anda bisa membasahi aplikator dengan air terlebih dahulu agar nyaman masuk ke dalam vagina.
  3. Setelahnya, pencet botol atau aplikator. gunanya agar obat masuk ke dalam vagina.
  4. Cabut aplikator. Jika aplikator akan digunakan kembali, bersihkan seperti yang diarahkan oleh instruksi di dalam kemasan. Jika tidak dapat digunakan kembali, buang ke tempat sampah.

Anda bisa  menggunakan handuk atau pembalut agar obat tidak tumpah mengotori pakaian dan sprei Anda.  Jangan sembarang asal pakai obat ini. Konsultasi dan tanyakan pada dokter tentang dosisnya, sebab dosis dan cara pakai tergantung pada sifat dan tingkat keparahan kondisi.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Obat ini sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin, namun jangan dibekukan.  Merek lain dari obat ini dapat memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.  Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk Anda, atau tanyakan kepada apoteker Anda. Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Albothyl untuk orang dewasa?

1 dosis supositoria vagina setiap hari selama 7-14 hari.

Bagaimana dosis Albothyl untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah obat ini tersedia?

Albothyl adalah obat supositoria dengan sediaan 90 mg.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Albothyl?

Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda, jika:

  • Anda alergi terhadap Albothyl atau obat lain yang sejenis.
  • Anda sedang haid. Pada periode ini, Anda harus menghindari penggunaan supositoria vagina.
  • Hamil atau menyusui.

Tidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien di bawah usia 18 tahun dan wanita pascamenopause.

Selain itu, hindari hubungan seksual selama 7 hari setelah menggunakan Albothyl supositoria vagina.

Apakah Albothyl aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Albothyl bukan obat sariawan!

Orang Indonesia masih suka salah kaprah menggunakan albothyl sebagai obat sariawan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sudah lama melarang penggunaan obat ini untuk sariawan. Albothyl adalah obat untuk infeksi bakteri vagina. Sariawan di mulut belum tentu disebabkan oleh infeksi bakteri. 

Dikutip dari Kompas, mengobati sariawan pakai albothyl bisa berbahaya. Apabila langsung diteteskan ke sariawan, kandungan policresulen dalam obat tersebut bisa menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan di sekitar sariawan tersebut. Alhasil, sariawan malah semakin lama sembuhnya.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena obat ini?

Obat ini dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut:

  • Adanya perasaan aneh di dalam rahim
  • Ketidaknyamanan di perut bagian bawah
  • Iritasi vagina
  • Vagina kering dan reaksi alergi.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Albothyl?

Tidak ada data tentang penggunaan obat lain. Untuk menghindari interaksi obat yang potensial, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonprescription, dan produk herbal) dan berbagi dengan dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Albothyl?

Albothyl dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker terkait potensi interaksi antara makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Albothyl?

Albothyl dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberitahu dokter dan apoteker semua kondisi kesehatan yang Anda miliki.

Overdosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Albothyl.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 14, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 14, 2019

Yang juga perlu Anda baca