Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Berbagai Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Didapat di Apotik

Berbagai Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Didapat di Apotik

Bila mengalami sakit atau radang tenggorokan, sebaiknya Anda minum obat agar lekas sembuh. Anda bisa membeli obat sakit atau radang tenggorokan di apotik.

Ada beberapa obat yang dijual bebas tanpa harus resep dokter, tapi ada pula yang memerlukan resep. Nah, berikut pilihan obat radang tenggorokan yang bisa Anda beli secara bebas di apotik.

Pilihan obat radang tenggorokan yang dapat diperoleh di apotik

Radang tenggorokan, atau dalam bahasa medis disebut faringitis, biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Akan tetapi, Anda mungkin perlu minum obat agar bisa pulih lebih cepat dan gejalanya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anda bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan alami yang dibuat sendiri atau minum obat yang dibeli di apotek.

Namun, sebelum membeli obat untuk radang tenggorokan di apotik, sebaiknya cari tahu lebih dulu penyebab radang tenggorokan yang Anda alami

Berkonsultasi kepada dokter merupakan cara terbaik agar Anda tahu penyakit yang mendasari sakit tenggorokan yang Anda alami.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan dengan gejala yang cukup parah atau tidak kunjung sembuh, sebaiknya juga konsultasikan dengan dokter mengenai cara pengobatan yang dianjurkan.

Berikut beberapa obat sakit atau radang tenggorokan yang bisa Anda beli di apotik dengan atau tanpa resep dokter.

1. Obat pereda nyeri

Perempuan sakit tenggorokan

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini biasanya tidak perlu penanganan khusus, sehingga pengobatan hanya dilakukan untuk meredakan gejala yang dialami.

Jika Anda baru menderita sakit tenggorokan dan mengalami gejala, seperti demam, pegal linu, dan tubuh lemas, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotik.

Anda bisa memilih obat-obatan NSAID yang berfungsi sebagai antinyeri sekaligus antiperadangan, contohnya aspirin dan ibuprofen.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi obat antinyeri lain, tetapi tidak berfungsi sebagai antiperadangan, contohnya paracetamol.

Paracetamol biasanya lebih dianjurkan untuk anak-anak karena memiliki risiko efek samping yang lebih aman bagi mereka dibandingkan NSAID.

2. Obat antibiotik

Obat radang tenggorokan yang bisa dibeli di apotik berikutnya adalah obat antibiotik, seperti penicillin.

Namun, obat ini hanya untuk mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Obat ini biasanya juga tidak terlalu efektif untuk meredakan gejala sakit tenggorokan.

Bila disebabkan oleh infeksi virus atau alergi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat ini karena tidak efektif.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter untuk memastikannya.

Minum obat antibiotik sembarangan dapat membuat tubuh Anda tidak mempan lagi terhadap pengobatan antibiotik pada masa mendatang.

Antibiotik untuk radang tenggorokan tetap perlu dihabiskan meski kondisi Anda sudah membaik atau gejala sudah menghilang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kekebalan bakteri dan penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain yang dapat memperparah kondisi Anda.

Jika antibiotik dihentikan, obat bisa menjadi tidak ampuh dalam menghentikan radang yang diakibatkan infeksi bakteri dan menyebabkan sakit tenggorokan kambuh lagi.

3. Obat kortikosteroid

Anda bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan di apotik yang berjenis kortikosteroid, contohnya methylprednisolone, prednisone, dan dexametason.

Obat jenis ini bisa berupa tablet ataupun suntikan dan sebaiknya menggunakan resep dokter sebelum mengonsumsinya.

Obat kortikosteroid bisa dikonsumsi untuk mengobati radang tenggorokan akibat infeksi bakteri maupun virus.

Namun, penggunaannya tidak boleh berlebihan atau dalam jangka panjang, sehingga harus sesuai dengan anjuran dari dokter.

4. Obat antihistamin

Bila disebabkan oleh rinitis alergi, dokter biasanya akan meresepkan obat antihistamin untuk mengatasinya.

Beberapa contoh obat antihistamin yaitu chlorpheniramine maleate (CTM), cetirizine, hydroxyzine, dan brompheniramine.

Melansir Cleveland Clinic, ada sejumlah zat yang biasanya memicu alergi, seperti debu, serbuk bunga, bulu hewan, lateks, sengatan hewan, dan makanan-makanan tertentu.

Anda mungkin sudah mengetahui apa saja zat yang membuat Anda alergi. Jika belum, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter terkait hal ini.

Jadi, Anda bisa segera tahu bahwa sakit tenggorokan yang Anda alami karena alergi.

antibiotik untuk flu

5. Obat antijamur

Selain karena infeksi bakteri atau virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur.

Jadi, untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi obat radang tenggorokan di apotik yang mengandung antifungal (antijamur)

Pada umumnya, gejala infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan ditandai dengan adanya bintik-bintik putih pada mulut atau pangkal tenggorokan.

Selain itu, Anda juga akan merasakan nyeri, lidah mati rasa, dan ada rasa seperti kain katun di tenggorokan Anda.

Untuk memastikannya, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika terbukti karena jamur, dokter akan memberikan obat antijamur.

Obat ini dapat berupa obat minum, obat kumur, atau obat tetes. Beberapa contoh obat antijamur, yaitu seperti klotrimazol, mikonazol, atau nistatin.

6. Obat antiseptik

Pada umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi mikroorganisme.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan menggunakan antiseptik.

Anda bisa membeli obat radang tenggorokan yang mengandung antiseptik di apotik. Obat ini dapat berupa obat minum, obat kumur, atau obat semprot.

Antiseptik dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan peradangan pada tenggorokan.

Biasanya, obat ini tidak memerlukan resep dokter, tetapi pastikan Anda tetap mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan untuk mengetahui cara penggunaannya yang tepat.

7. Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Obat sakit atau radang tenggorokan lainnya yang bisa Anda dapatkan di apotik, yaitu permen hisap pereda tenggorokan.

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di supermarket juga bisa menjadi obat untuk mengurangi rasa sakit akibat radang.

Kebanyakan permen pelega tenggorokan mengandung ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus.

Kandungan tersebut bisa memberikan efek sejuk sekaligus sensasi hangat di tenggorokan Anda.

Ketiga bahan alami ini juga mengandung senyawa antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Di samping manfaat ini, permen pelega tenggorokan juga berfungsi meningkatkan produksi air liur, sehingga mencegah tenggorokan kering dan perih.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum minum obat radang tenggorokan

tenggorokan sakit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya infeksi virus, bakteri, iritasi, reaksi alergi, dan sebagainya.

Pengobatan faringitis harus sesuai dengan penyebab dan gejala yang menyertainya.

Jadi, sebelum membeli obat radang tenggorokan di apotik, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu kepada dokter.

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa tidak ada satu obat yang benar-benar efektif bagi semua orang.

Jadi, pantaulah respons tubuh Anda terhadap obat-obatan apapun yang dikonsumsi.

Jika gejala yang Anda rasakan tidak kunjung membaik atau justru semakin bertambah parah, sampaikan kepada dokter agar bisa ditangani sesuai dengan kondisi Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sore Throat (Pharyngitis): Causes & Treatments. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/8274-sore-throat-pharyngitis

Sore throat – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/diagnosis-treatment/drc-20351640

Sore throat. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/sore-throat/

Sore throat causes and treatments. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/ears-nose-and-throat/sore-throat#treating-a-sore-throat

Candida infections of the mouth, throat, and esophagus | Fungal Diseases | CDC. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.cdc.gov/fungal/diseases/candidiasis/thrush/index.html

Allergies: Types, Symptoms, Causes & Treatments. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8610-allergy-overview

Antihistamines: Definition, Types & Side Effects. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/21223-antihistamines

Prednisone and other corticosteroids: Balance the risks and benefits. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/steroids/art-20045692

Nystatin: medicine to treat or prevent infections caused by a fungus (or yeast). (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.nhs.uk/medicines/nystatin/

Encyclopedia, M., & children, A. (2022). Acetaminophen dosing for children: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 2 June 2022, from https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000783.htm

Benzocaine topical. (2022). Retrieved 2 June 2022, from https://www.drugs.com/mtm/benzocaine-topical.html

Medical Answers What’s the best sore throat medicine to use?. (2020). Retrieved 2 June 2022, from https://www.drugs.com/answers/good-medicine-severe-sore-throat-612310.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui Jun 09
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto