backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merek Water Purifier Terbaik untuk Jernihkan Air di Rumah

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 24/08/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Merek Water Purifier Terbaik untuk Jernihkan Air di Rumah

    Syarat air minum yang baik adalah tidak berasa, berbau, atau berwarna. Salah satu cara untuk menjaga kualitas air minum yakni dengan menggunakan produk water purifier terbaik yang telah kami rekomendasikan berikut ini.

    Cara kami memilih water purifier untuk rumah tangga

    filter air minum rumah tangga terbaik

    Water purifier adalah alat untuk membersihkan dan menyaring air supaya lebih aman diminum.

    Produk filter air minum rumah tangga ini umumnya menerapkan metode ultrafiltration (UF) dan reverse osmosis (RO). Keduanya memiliki perbedaan seperti berikut.

    Ultrafiltration (UF) Reverse Osmosis (RO)
    Proses pemurnian:
    filter atau saringan untuk menyaring partikel besar dan mikroorganisme dalam air.
    Proses pemurnian:
    tekanan melewati membran untuk menyaring molekul air dan senyawa terlarut.
    Ukuran partikel yang disaring:
    0,01–0,1 mikrometer.
    Ukuran partikel yang disaring:
    hingga 0,0001 mikrometer.
    Konsumsi energi:
    bisa bekerja tanpa listrik.
    Konsumsi energi:
    membutuhkan listrik.

    Air purifier harus mampu menghasilkan air minum yang sehat sesuai syarat Kementerian Kesehatan RI, yaitu:

    • tidak berasa,
    • tidak berbau,
    • tidak berwarna,
    • tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan
    • tidak mengandung logam berat.

    Dalam memilih produk water purifier terbaik, kami pun telah mencatat beberapa fitur tambahan yang sebaiknya Anda perhatikan saat hendak membelinya.

    Beberapa fitur tersebut di antaranya kapasitas yang besar, indikator untuk mengganti filter, serta fitur untuk mengubah air saringan menjadi air hangat atau dingin layaknya dispenser.

    Beragam fitur yang tersedia pada produk penyaring air minum ini tentu memengaruhi harganya. Oleh sebab itu, penting untuk menetapkan anggaran Anda sebelum mulai berbelanja.

    10 rekomendasi merek water purifier terbaik

    Kami telah memastikan bahwa produk filter air minum rumah tangga berikut bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda setelah mempertimbangkan ulasan pembeli pada beberapa situs e-commerce.

    Berikut ini adalah beberapa rekomendasi water purifier terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

    1. Pureit Classic Water Purifier

    Pureit Classic Water Purifier adalah pelopor produk filter air minum rumah tangga di Indonesia. Water purifier ini punya kapasitas 9 liter sehingga bisa memenuhi kebutuhan air minum keluarga.

    Produk dari Unilever ini dibekali dengan empat tahap pemurnian untuk menghasilkan air minum yang jernih, tidak berbau, dan memiliki rasa yang enak untuk diminum.

    Untuk mencegah infeksi virus dan bakteri, penyaring air ini juga memiliki fitur Germkill Life Indicator yang dapat menunjukkan kapan Anda harus mengganti filter air.

    2. Midea Water Purifier MC122

    Penyaring air Midea MC122 termasuk salah satu produk yang paling praktis. Pasalnya, produk ini bisa langsung Anda pasang pada keran air di rumah atau kantor.

    Meski berukuran kecil, produk dari Midea ini dibekali dengan empat tahap pemurnian air. Midea pun mengklaim bahwa penyaring air ini bisa mengurangi hingga 96% residu klorin.

    Alat ini mampu menyaring 2 liter air per menitnya. Air hasil saringan dapat Anda gunakan untuk mencuci buah dan sayuran atau bahkan membersihkan wajah.

    3. Meval Water Purifier Precision UF (380gpd)

    Apabila Anda mencari penyaring air terbaik untuk rumah tangga atau perkantoran kecil, produk keluaran Meval yang satu ini dapat dipertimbangkan.

    Produk pemurni air dari Meval ini menggunakan metode ultrafiltrasi yang dapat menghilangkan 99,99% klorin dan mikroorganisme dalam air tanah.

    Alat ini memiliki lima filter untuk memastikan air minum yang Anda konsumsi bebas dari virus dan bakteri yang berisiko menyebabkan penyakit.

    4. Nazava Murni

    Nazava Murni adalah filter air minum rumah tangga terbaik dengan harga terjangkau. Penyaring air minum ini memiliki kapasitas penampungan air yang besar, yakni hingga 16 liter.

    Alat ini dilengkapi dengan Nazava PROT3CT yang dapat menyaring partikel sampai 0,4 mikron.

    Filter ini dapat digunakan untuk menyaring sampai 7.000 liter air atau setara dengan 2–3 tahun pemakaian, tergantung pada jenis air minum yang Anda gunakan.

    5. Pureit Water Purifier CU3040

    Pureit Water Purifier CU3040 adalah alat penyaring air portabel yang praktis. Filter air minum ini bisa Anda pasang tanpa perlu mengebor atau menyambungkan pipa. 

    Alat pemurni air minum ini punya dua tipe saringan, yakni filter ultrafiltrasi dan filter karbon aktif.

    Filter ultrafiltrasi dapat menghilangkan zat berbahaya dalam air, seperti partikel tanah dan karat.

    Sementara itu, filter karbon aktif (activated carbon) mampu menghilangkan zat klorin serta rasa dan bau tidak sedap dari air minum yang akan Anda gunakan.

    6. Panasonic Water Purifier TK-CS10

    Penyaring air Panasonic TK-CS10 memiliki bentuk ringkas yang mudah dibawa ke mana pun.

    Pemurni air ini dibekali dengan filter karbon aktif yang menghambat pertumbuhan bakteri serta menghilangkan bau dan rasa tidak sedap pada air minum Anda.

    Alat ini dapat menyaring 6,5 liter air per menit. Filter pada pemurni air ini punya daya tahan tinggi yang mampu memurnikan 12.500 liter air sebelum Anda harus menggantinya.

    7. CUCKOO Reverse Osmosis Water Purifier Undersink

    Penyaring air CUCKOO Reverse Osmosis memberikan tampilan desain yang clean. Hal ini karena ketiga filter pemurnian airnya dipasang di bawah wastafel dapur rumah Anda.

    Ketiga filter ini terdiri dari filter Sedi-carbon Composite untuk membersihkan klorin, Uni-RO untuk mengeliminasi racun, serta Active Mini untuk menghilangkan bau dan rasa tidak sedap.

    Dalam sekali sentuhan, water purifier terbaik ini mampu memberikan Anda tiga liter air minum.

    Keran pintar dari pemurni air minum CUCKOO ini juga dibekali indikator penggantian saringan sehingga air minum Anda tetap bersih tanpa terkontaminasi partikel berbahaya.

    8. Samono Water Purifier Pitcher

    Sesuai dengan namanya, penyaring air keluaran merek Samono yang satu ini berbentuk teko dan memiliki bahan dasar plastik ABS food-grade.

    Teko berkapasitas 2,6 liter ini dilengkapi dengan empat lapisan filter yang dapat menghilangkan partikel berbahaya dan membuat air minum Anda menjadi lebih sehat.

    Filter pada teko ini mampu menghilangkan hingga 99% bakteri berbahaya. Untuk menghasilkan penyaringan yang optimal, filter sebaiknya Anda ganti setelah 60 hari pemakaian.

    9. Joil Reverse Osmosis Water Purifier

    Penyaring air Joil Reverse Osmosis menggunakan teknologi osmosis terbalik atau reverse osmosis (RO).

    Teknologi RO ini menggunakan membran semipermeabel yang didesain untuk menghilangkan  berbagai kontaminan, termasuk partikel tanah, karat, dan kuman berbahaya.

    Alat penyaring air minum terbaik dari Joil ini juga dilengkapi dengan teko berkapasitas 1,4 liter dengan bahan food-grade yang aman bagi tubuh Anda.

    10. Modena RO 8115 Dispenser Water Purifier

    Modena menyediakan produk kombinasi water purifier dan dispenser dengan desain premium.

    Berbekal teknologi reverse osmosis (RO), penyaring air berbentuk dispenser ini dapat menghilangkan sedimen tanah, klorin, dan mikroorganisme berbahaya dalam air.

    Produk ini juga dilengkapi dengan fitur lain, seperti pengaturan air panas dan dingin, indikator penggantian filter, dan kontrol sentuh yang memudahkan penggunaan.

    Itulah rekomendasi water purifier terbaik yang dapat menghilangkan zat berbahaya dalam air minum dan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Kira-kira produk mana yang ingin Anda coba?

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 24/08/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan