Resep Kentang Goreng Sehat Rendah Kolesterol

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda suka kentang goreng? Berapa kali dalam seminggu atau sebulan Anda makan kentang goreng? Kentang goreng sering menjadi pilihan camilan di saat sedang menonton atau bersantai. Anda yang memilih kepraktisan pun lebih menyukai memesan kentang goreng di restoran cepat saji dibandingkan memasaknya sendiri. Padahal, jika Anda makan kentang goreng terlalu sering, ancaman kolesterol siap menghampiri jantung Anda. Tak mau ini terjadi? Jangan khawatir, ada cara masak resep kentang goreng sehat di artikel in.

Apa bahaya kalau terlalu sering makan kentang goreng?

Kentang goreng atau yang lebih dikenal dengan french fries memiliki rasa yang gurih serta renyah. Kentang goreng ini biasanya disajikan selagi masih panas agar lebih lezat. Kentang goreng banyak disajikan oleh restoran cepat saji sebagai menu pelengkap, dengan tambahan garam, keju atau saus. Namun, mengonsumsi kentang goreng secara berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Satu porsi besar kentang goreng di restoran cepat saji memiliki 370 hingga 730 kalori. Dari nilai kalori ini, biasanya tersimpan sekitar antara 11-37 gram lemak, dengan 4,5-8 gram lemak jenuh. Kentang goreng porsi ini juga memiliki 500 miligram sodium. Mengonsumsi kentang goreng yang dibumbui dengan garam terlalu sering akan membuat perut Anda merasa kembung. Hal ini disebabkan oleh kadar garam tinggi yang ada di kentang goreng kesukaan Anda.

Kentang goreng yang digoreng dengan minyak sayur yang dicampur hidrogen atau minyak hidrogenasi akan menghasilkan kandungan lemak trans. Minyak jenis ini banyak dimanfaatkan restoran dengan tujuan produk yang digoreng akan lebih tahan lama.

Namun, lemak trans sangat berbahaya untuk tubuh. Konsumsi lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yaitu low density lipoprotein (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik yaitu high density lipoprotein (HDL). Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kentang goreng juga tinggi kandungan senyawa kimia akrilamida yang dikaitkan dengan peningkatan risiko menderita kanker.

Resep kentang goreng sehat

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang berukuran sedang
  • 4 sendok teh minyak zaitun/kaldu sayuran
  • 1/2 sendok teh garam/2 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Cuci bersih kentang tanpa dikupas kulitnya. Kulit kentang banyak mengandung serat dan gizi.
  • Rebus kentang yang sudah Anda cuci sampai setengah matang. kurang lebih 15 menit.
  • Potong 4 buah kentang yang sudah setengah matang, masing-masing menjadi dua bagian atau sesuai selera Anda.
  • Olesi kentang yang sudah Anda potong dengan minyak zaitun atau Anda bisa menggantinya dengan kaldu sayuran jika Anda tidak ingin menggunakan minyak.
  • Jika Anda ingin menghindari garam. Anda bisa menggantinya dengan bawang putih. Caranya kupas 2 siung bawang putih. Cuci bersih lalu haluskan. jika sudah halus, oleskan pada kentang yang sudah Anda potong.
  • Panggang dalam oven sampai matang berwarna kecokelatan. Anda bisa memanggangnya dengan suhu 200 derajat celcius selama 12 menit.
  • Resep kentang goreng sehat Anda siap dihidangkan.

Cara lain supaya resep kentang goreng Anda makin sehat

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin Anda akan langsung merasa takut. Jangan khawatir, Anda masih bisa menyantap camilan ini dengan cara yang sehat. Bagaimana? Ubahlah resep kentang goreng Anda menjadi resep kentang goreng sehat. Usahakan Anda memasaknya sendiri bukan memesan dari restoran cepat saji. Resep kentang goreng sehat sangat mempengaruhi nilai gizi dan juga rasa kentang goreng Anda.

1. Panggang jangan digoreng

Memanggang kentang akan memberikan lebih banyak manfaat karena dapat mengurangi kalori dan lemak. Jika Anda masak kentang goreng selama ini menggunakan minyak yang mengandung banyak lemak dan kalori. Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun yang baik untuk kesehatan jantung. Caranya, gunakan dua sendok makan minyak zaitun pada kentang sebelum dipanggang.

2. Tanpa minyak

Jika Anda ingin mengurangi lebih banyak lagi kalori, cobalah memanggang kentang tanpa menggunakan minyak sama sekali. Anda dapat mengganti minyak zaitun dengan mengoleskan kaldu dari sayuran atau putih telur yang sudah dikocok. Kemudian, panggang selama beberapa menit hingga tampak kecokelatan.

3. Hindari garam

Jika Anda membuat kentang panggang di rumah. Anda bisa mengganti garam dengan beragam rempah untuk memperkaya rasa seperti bawang putih, paprika, jintan, dan lain-lain. Rempah-rempah ini dapat menggantikan garam dan menurunkan risiko Anda menderita kembung setelah konsumsi kentang goreng.

Ubahlah cara Anda masak kentang goreng jika Anda tidak ingin berhadapan dengan risiko yang ditimbulkan. Ada banyak cara menikmati kentang tanpa menggoreng yang tidak kalah nikmat. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan dan selera Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Minuman Penurun Kolesterol yang Baik untuk Kesehatan dan Nikmat Dikonsumsi

Ternyata tidak hanya makanan yang dapat menjadi penurun kolesterol, tapi minuman juga. Yuk, simak berbagai minuman sehat yang dapat menurunkan kolesterol.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Kolesterol 31 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Nasi uduk atau donat mungkin menjadi pilihan sarapan Anda. Sayangnya,keduanya termasuk sarapan tidak sehat. Yuk, cek makanan yang harus dihindari pagi hari.

Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Daging Kambing vs Daging Domba: Mana yang Lebih Sehat?

Anda penggemar sate kambing? Atau lebih suka steak domba muda? Kira-kira mana yang lebih baik untuk kesehatan, daging kambing atau domba?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Fakta Gizi, Nutrisi 20 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Jenis Minyak yang Sebaiknya Tidak Digunakan untuk Memasak

Minyak merupakan salah satu sumber lemak yang kaya manfaat. Meski demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua minyak cukup sehat untuk memasak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
medical checkup

Perlukah Melakukan Medical Check Up secara Rutin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
kolesterol ldl tinggi

Kolesterol Ldl

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit