home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Aturan Utama Melakukan "Cheat Day" Saat Sedang Diet

5 Aturan Utama Melakukan "Cheat Day" Saat Sedang Diet

Untuk sebagian orang yang sedang program diet sehat, akhir pekan biasanya menjadi hari yang paling ditunggu. Pasalnya, akhir pekan kerap menjadi cheat day. Meski begitu, cheat day juga ada aturan supaya program diet yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

Perlukah melakukan cheat day saat diet?

cheat day diet keto

Cheat day adalah satu hari atau kondisi di mana Anda memberikan sedikit kebebasan (tapi tetap terkendali) kepada diri sendiri dengan “mengizinkan” mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu.

Bahkan, sebagian orang terutama wanita yang sedang melakukan diet ketat mengaku melakukan cheat day sebagai salah satu bentuk hadiah akan perjuangannya menjalani diet.

Waktu dan aturan yang digunakan untuk cheat day setiap orang berbeda-beda. Ada yang menentukan hanya pada akhir pekan, ada juga yang pada satu hari tertentu.

Ada banyak perdebatan terkait cheat day. Beberapa peneliti yang kontra umumnya mengemukakan bahwa cara tersebut malah memicu pola makan yang tidak sehat dan menjebak pelaku diet menjadi lebih rakus karena sulit mengontrol makan.

Sementara itu, pakar kesehatan yang pro beranggapan bahwa hal tersebut bermanfaat untuk melengkapi kekurangan kalori selama melakukan program diet yaitu pembatasan kalori saat diet.

Cheat day juga bisa bermanfaat bagi tubuh untuk beristirahat sejenak. Pasalnya, Anda tentu perlu berpikir dan mengira-ngira perhitungan kalori setiap makanan yang masuk dalam tubuh.

Nah, waktu istirahat ini berfungsi sebagai tombol reset yang membuat tubuh menjadi segar dan siap lagi ketika harus kembali pada pola makan yang ketat.

Ditambah lagi, bila pada aturan harinya sudah ditetapkan pada jadwal yang teratur, cheat day dapat membantu Anda agar tetap disiplin saat menjalani pola maakn sehat harian.

Kekeliruan yang sering terjadi saat cheat day

bahaya junk food pada otak remaja

Cheat day yang benar dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengisi ulang glikogen yang habis sekaligus membuat tubuh tetap dalam fase membakar lemak.

Namun, kesalahan terbesar bagi sebagian orang yaitu mereka umumnya menjadikannya sebagai hari “balas dendam” dengan mengonsumsi makanan tidak sehat banyak-banyak. Hal itulah yang justru membuat berat tubuh tidak berkurang tapi malah bertambah.

Itu sebabnya, sebelum menjalani cheat day, Anda harus selalu ingat prinsip kalori berlebih sama dengan simpanan lemak. Jadi, ketahuilah cara tepat melakukan cheat day agar target tubuh langsing idaman Anda mudah tercapai.

Yang tidak kalah penting, jadwalkan menu sehat untuk sebagai santapan saat cheat day dengan bijaksana karena tujuannya mempermudah pola makan yang telah Anda jalani agar meraih berat badan ideal, bukan sebaliknya.

Aturan cheat day yang benar dan aman

diet yang salah

Di bawah ini beberapa panduan cheat day yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukannya. Dengan menerapkan aturan ini, semua makanan bisa secara aman dikonsumsi tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Tidak hanya ketika diet saja, mengonsumsi makanan sehat pada dasarnya wajib untuk dilakukan setiap hari. Jadi, aturan cheat day yang pertama, pastikan Anda tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan serat.

Pasalnya, makanan tersebut dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan tetapi tetap menjaga kebugaran tubuh Anda walaupun sedang membatasi pola makan.

2. Makan secara perlahan

Meski bebas konsumsi apa pun saat libur diet, ingatlah untuk memperhatikan cara makan Anda. Makanlah makanan yang Anda sukai secara perlahan dengan mengunyah secara perlahan-lahan sehingga Anda bisa menikmati rasa pada makanan tersebut.

Makan secara perlahan dapat membantu Anda merasa lebih cepat kenyang, lho! Dengan begitu, Anda akan memberi waktu bagi hormon bernama leptin untuk mengirim sinyal pada otak guna menimbulkan rasa kenyang dan senang setelah makan.

3. Memperhatikan porsi

Selain memperhatikan cara makan, Anda juga harus memperhatikan porsi makan selama melakukan cheat day. Aturan cheat day yang satu ini pada dasarnya sama saat Anda sedang melakukan program diet.

Konsumsilah makanan tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi, makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar.

Selain mengurangi risiko perut begah, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah.

Cara Praktis Menakar Porsi Makan untuk Menjaga Berat Badan

4. Buat versi sehat dari makanan favorit Anda

Anda suka pizza? Burger? Atau junk food serta fast food lainnya? Kesemua jenis makanan tersebut bisa Anda konsumsi saat cheat day. Meski begitu, hari libur diet bukan berarti Anda bebas makan segala makanan yang tidak sehat.

Maka dari itu, Anda tetap harus menyiasati makanan yang Anda konsumsi dengan pilihan yang lebih baik. Misalnya, Anda ingin ngemil es krim, cobalah pilih alternatif es krim yang rendah lemak atau yang berbasis vegan.

Atau, Anda juga bisa mencoba membuat camilan sehat sendiri di rumah. Selain lebih enak, makanan yang Anda buat sendiri tentu lebih terjamin kandungan gizinya. Jadi, jangan malas untuk bereksplorasi, ya!

5. Rileks dan nikmati hari Anda

Anggaplah cheat day Anda sama seperti hari libur yang sesungguhnya. Maka dari itu, jalani dengan rileks dan tidak perlu terlalu menggebu-gebu untuk mengonsumsi makanan yang akan disantap.

Agar tidak kalap, rencanakan dari jauh hari pilihan makanan saat cheat day. Tentukan makanan yang Anda sukai dan jangan asal makan yang macam-macam saat hari itu tiba. Tetap sesuaikan pola makan pada aturan cheat day yang baik.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Skinny on Cheat Days. (n.d.). Northwestern Medicine. Retrieved 20 April 2021, from https://www.nm.org/healthbeat/healthy-tips/nutrition/the-skinny-on-cheat-days

Warren, J. M., Smith, N., & Ashwell, M. (2017). A structured literature review on the role of mindfulness, mindful eating and intuitive eating in changing eating behaviours: effectiveness and associated potential mechanisms. Nutrition research reviews, 30(2), 272–283. Retrieved 20 April 2021.

Why Eating Slowly Can Make You Fuller. (2010). Harvard Health Publishing. Retrieved 20 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/why-eating-slowly-may-help-you-feel-full-faster-20101019605

Do ‘Cheat Meals’ Help or Hurt Your Diet? (2018). Cleveland Clinic. Retrieved 20 April 2021, from https://health.clevelandclinic.org/do-cheat-meals-help-or-hurt-your-diet/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 07/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri