Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Memasak dengan Air Fryer, Seperti Apa Fungsi dan Cara Pakainya?

Memasak dengan Air Fryer, Seperti Apa Fungsi dan Cara Pakainya?

Teknologi memasak dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan. Ya, beberapa tahun belakangan, Anda bisa memasak makanan tanpa perlu menggorengnya dengan minyak panas. Ini bisa Anda lakukan dengan alat bernama air fryer. Lantas, bagaimana fungsi air fryer?

Fungsi air fryer

Ada beberapa fungsi air fryer dalam pengolahan makanan. Apa saja?

1. Menggoreng tanpa minyak

Air fryer dapat membuat makanan mentah menjadi kering dan renyah, sama seperti ketika Anda menggoreng makanan dengan minyak.

Dengan alat ini, makanan bisa matang tanpa perlu merendam makanan ke dalam minyak panas.

Cara kerja air fryer adalah dengan memberikan aliran udara panas ke makanan. Peredaran udara dengan suhu tinggi ini dibantu oleh bagian air fryer yang menyerupai kipas.

Pemberian udara panas yang merata ini ternyata menimbulkan suatu reaksi bernama reaksi Maillard.

Reaksi inilah yang mengubah warna, rasa, dan tekstur makanan yang sudah diproses dengan air fryer mirip makanan yang digoreng.

2. Memanggang makanan

Dengan hanya mengandalkan aliran udara panas, air fryer juga berfungsi layaknya oven atau microwave.

Jadi, fungsi air fryer tidak terbatas pada memasak “gorengan” saja. Anda bisa menggunakannya untuk memanggang.

Namun, perlu Anda ingat bahwa ukuran air fryer tidak sebesar oven atau microwave.

Jadi, Anda tidak bisa memanggang makanan atau adonan dalam jumlah yang besar.

Beberapa jenis makanan yang bisa dipanggang menggunakan air fryer, yaitu:

  • kue kering (cookies),
  • kue mangkuk (cupcakes),
  • donat, dan
  • bolu.

Cara menggunakan air fryer

Berikut cara menggunakan air fryer yang bisa Anda ikuti.

1. Letakkan makanan ke dalam wadah

Meski tidak perlu merendam makanan ke minyak goreng, Anda sebetulnya bisa menggunakan 1 – 2 sendok teh minyak saat memasak dengan alat ini.

Minyak ini berfungsi untuk mencegah makanan saling menempel atau lengket di permukaan air fryer.

Anda juga bisa meletakkan selembar aluminium foil sebagai pembungkus makanan atau alas agar makanan tidak lengket dan air fryer mudah dibersihkan.

2. Atur suhu dan waktu

Biasanya, air fryer bisa memanaskan hingga suhu 150 – 200 °Celsius. Anda bisa memilih suhu dan waktu berdasarkan makanan yang akan diolah.

Jika Anda ingin memasak sayuran, suhu yang direkomendasikan adalah 180 – 200 ° C selama 8 – 20 menit.

Sementara itu, Anda bisa memasak daging hewani dengan suhu 180 ° C selama 8 – 17 menit, tergantung pada ketebalan daging.

Bila Anda ingin memaksimalkan fungsi air fryer untuk memasak kue, perhatikan lagi waktu dan suhu oven atau microwave yang tertera pada resep.

Kurangilah suhu dan waktu masak yang telah dianjurkan pada resep kue. Turunkan suhu sebanyak 14 °C dan waktu masak 20 persen lebih sebentar.

Sebagai contoh, jika Anda ingin memasak kue menggunakan oven dengan suhu 250 °C selama 20 menit, Anda bisa gunakan air fryer dengan suhu sebesar 236 °C selama 16 menit.

3. Perhatikan kematangan makanan

Air fryer memang membantu memudahkan Anda memasak dengan sedikit atau tanpa minyak.

Meski begitu, desain perangkat ini membuat makanan matang lebih cepat di satu sisi saja, yakni yang bersentuhan dengan bagian bawah air fryer.

Hal ini pun membuat makanan tidak matang merata, atau bahkan gosong.

Untuk mengakalinya, tekan tombol pause sesaat, lalu buka air fryer dan balik makanan ke sisi lainnya agar matang merata.

Tips menggunakan air fryer

Gunakan wadah berbahan logam untuk menaruh adonan agar tidak mengotori air fryer. Jangan gunakan air fryer untuk menggoreng makanan dengan adonan tepung basah.

Manfaat mengolah makanan dengan air fryer

fungsi air fryer untuk memasak kentang

Karena menggunakan sedikit minyak atau bahkan tidak memakainya sama sekali, pengolahan makanan dengan air fryer bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan asupan lemak harian

Tentu, keunggulan fungsi air fryer yang menggunakan sedikit minyak ini berpengaruh terhadap asupan lemak harian.

Studi terbitan European Journal of Lipid Science and Technology (2017) mengamati bahwa memasak kentang goreng menggunakan air fryer mampu mengurangi kadar lemak hingga 70 persen.

Bila digoreng biasa, kentang mampu menyerap minyak sebanyak 3,8 – 5,4 gram dalam 100 gram kentang.

Sementara itu, kentang yang dipanggang di dalam air fryer hanya menyerap minyak sebanyak 0,1 – 1,4 gram dalam setiap 100 gram.

Menariknya lagi, metode memasak ini bahkan mampu mengurangi jumlah kalori hingga 45 kkal dalam 100 gram kentang goreng.

Tidak heran, manfaat ini bisa muncul karena air fryer tetap bisa “menggoreng” kentang meskipun hanya membutuhkan sedikit minyak.

Membatasi asupan minyak goreng diketahui bisa membantu menurunkan asupan lemak jenuh yang memicu kenaikan berat badan berlebih hingga penyakit jantung.

Jadi memasak menggunakan air fryer cocok sebagai tips makan sehat.

2. Mengurangi risiko pembentukan zat berbahaya

Proses penggorengan ternyata bisa memicu reaksi kimia yang menghasilkan senyawa akrilamida yang bisa meningkatkan risiko kanker.

Biasanya, senyawa ini lebih banyak ditemukan bila Anda menggoreng sumber makanan nabati, seperti kentang dan biji-bijian.

Jumlah akrilamida akan meningkat bila Anda memasak lebih lama dengan suhu yang lebih panas.

Penelitian terbitan Journal of Food Science (2015) menemukan bahwa memasak kentang goreng dengan air fryer membantu mengurangi kadar akrilamida hingga 90 persen.

Dalam penelitian ini, para ahli mengatakan bahwa fungsi air fryer dalam menghambat pembentukan akrilamida cukup kompleks sehingga cara kerjanya masih sulit diketahui.

Kemungkinan bahaya air fryer

Fungsi air fryer mungkin cocok untuk Anda yang ingin mengurangi asupan lemak.

Meski demikian, ternyata ada kemungkinan bahaya air fryer sedang dicari tahu oleh peneliti.

Pada tahun 2017, penelitian berbeda dari terbitan yang sama, Journal of Food Science, mengamati bahwa menggunakan air fryer bersuhu tinggi untuk memasak sarden bisa meningkatkan senyawa hasil oksidasi kolesterol.

Suhu panas nantinya akan memicu oksidasi kolesterol dan menghasilkan kadar radikal bebas yang besar.

Jika dikonsumsi, hasil oksidasi kolesterol ini meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

Tak hanya itu, studi ini juga mengamati berkurangnya omega-3 yang ada pada ikan.

Lagi-lagi, udara panas dari air fryer bisa memicu oksidasi omega-3 sehingga kandungan gizi ini rentan rusak.

Meski demikian, peneliti melihat bahwa pemberian rempah-rempah kaya antioksidan sebanyak 4% dari berat ikan bisa mengurangi efek oksidasi.

Fungsi air fryer yang utama adalah “menggoreng” tanpa minyak atau dengan sedikit minyak. Pengolahan ini bisa mengurangi jumlah asupan lemak harian Anda.

Meski demikian, tetap ada kemungkinan bahaya yang dihasilkan akibat pengaruh suhu yang terlalu tinggi.

Selalu terapkan pola makan sehat dan seimbang agar tidak menambah risiko penyakit dari asupan makanan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

ALjahdali, N., & Carbonero, F. (2019). Impact of Maillard reaction products on nutrition and health: Current knowledge and need to understand their fate in the human digestive system. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 59(3), 474-487.

Santos, C. S., Cunha, S. C., & Casal, S. (2017). Deep or air frying? A comparative study with different vegetable oils. European Journal of Lipid Science and Technology, 119(6), 1600375.

Galoburda, R., Murniece, I., & Karklina, D. (2013). The Amount of Fat Absorbed by Non-Stored and Stored Potatoes after Frying and Roasting. International Journal of Bioscience, Biochemistry and Bioinformatics, 3(4), 345.

Types of Fat. (2014). Retrieved 5 July 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/fats-and-cholesterol/types-of-fat/

Acrylamide Questions and Answers. (2022). Retrieved 5 July 2022, from https://www.fda.gov/food/chemical-contaminants-food/acrylamide-questions-and-answers

Sansano, M., Juan-Borrás, M., Escriche, I., Andrés, A., & Heredia, A. (2015). Effect of Pretreatments and Air-Frying, a Novel Technology, on Acrylamide Generation in Fried Potatoes. Journal of Food Science, 80(5), T1120-T1128. doi: 10.1111/1750-3841.12843

Ferreira, F., Sampaio, G., Keller, L., Sawaya, A., Chávez, D., Torres, E., & Saldanha, T. (2017). Impact of Air Frying on Cholesterol and Fatty Acids Oxidation in Sardines: Protective Effects of Aromatic Herbs. Journal of Food Science, 82(12), 2823-2831. doi: 10.1111/1750-3841.13967

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari Diperbarui a week ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan