home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Moon Face

Definisi moon face|Tanda dan gejala|Penyebab|Diagnosis dan pengobatan|Pengobatan di rumah
Moon Face

Definisi moon face

Moon face adalah kondisi ketika wajah membengkak secara bertahap hingga menjadi bulat. Kondisi yang juga disebut moon facies ini terjadi akibat penumpukan lemak berlebih pada sisi wajah.

Meski tidak berbahaya, salah satu gejala obesitas ini dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda. Selain obesitas, wajah yang bengkak dapat disebabkan oleh sindrom Cushing.

Itu sebabnya, kebanyakan orang menyebut kondisi ini sebagai tampilan Cushingoid. Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh terpapar kadar hormon kortisol yang tinggi secara jangka panjang.

Seberapa umum moon face itu?

Moon face dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari usia, jenis kelamin, dan kelompok ras tertentu. Namun, masalah ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan gejala

Kondisi dari moon face biasanya ditandai dengan wajah yang menjadi bulat, penuh, dan bengkak secara bertahap. Sisi wajah akan menjadi bulat karena menumpuknya lemak, sehingga telinga tidak terlihat dari depan.

Penumpukan lemak pada sisi tulang tengkorak juga dapat menyebabkan wajah terlihat bengkak atau lebih bulat.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan harus periksa ke dokter?

Bila Anda memiliki salah satu atau lebih gejala di atas atau pertanyaan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Pasalnya, tubuh setiap orang menimbulkan reaksi yang berbeda terhadap suatu penyakit.

Selalu diskusikan dengan dokter untuk menangani kondisi kesehatan yang Anda khawatirkan.

Penyebab

Apa penyebab kondisi ini?

Penyebab utama moon face akibat sindrom Cushing berasal dari kadar glukokortikoid yang berlebihan. Hal ini memberikan efek kuat pada jaringan adiposa yang menyebabkan penumpukan lemak pada wajah.

Meski begitu, para ahli belum mengetahui dengan pasti apa yang penyebab penyebaran lemak yang tidak normal pada sindrom Cushing.

Selain sindrom Cushing, ada sejumlah kondisi lainnya yang dapat menyebabkan wajah Anda tampak bulat atau gemuk, yakni:

  • reaksi alergi, seperti rhinitis dan sengatan lebah,
  • angioedema,
  • selulitis,
  • konjungtivitis,
  • reaksi dari obat-obatan, yakni aspirin, penisilin, dan glukokortikoid,
  • komplikasi dari operasi pada kepala, hidung, atau rahang,
  • malnutrisi yang parah,
  • obesitas,
  • kelainan kelenjar air liur,
  • cedera atau trauma pada wajah, seperti luka bakar,
  • sinusitis,
  • bintil dan pembengkakan pada mata yang terinfeksi,
  • abses gigi, serta
  • hypercortisolism, yakni tingginya hormon kortisol yang dihasilkan.

Apa faktor yang meningkatkan risiko terkena moon face?

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap gejala dari obesitas dan sindrom Cushing ini, yaitu:

  • penggunaan prednison atau kortikosteroid lainnya dalam waktu lama,
  • obesitas,
  • diabetes tipe 2 yang tidak dikendalikan dengan baik,
  • tekanan darah tinggi, dan
  • riwayat penyakit tumor endokrin.

Diagnosis dan pengobatan

Bagaimana mendiagnosis kondisi ini?

Umumnya, penyedia layanan medis akan menanyakan seputar riwayat kesehatan serta cedera yang baru terjadi.

Hal tersebut dapat menentukan perawatan atau tes lanjutan bila diperlukan. Dokter juga akan mencari tahu apa penyebab kondisi ini untuk menentukan perawatan.

Sebagai contoh, riwayat penggunaan obat-obatan akan ditanyakan, terutama ketika tengah mengonsumsi steroid. Penggunaan steroid jangka panjang, seperti prednison, dapat menimbulkan efek samping yang mirip dengan gejala sindrom Cushing.

Meski pemakaian obat steroid cukup sering dilakukan, banyak orang yang mengalami kondisi ini tidak menyadari penyebabnya.

Sementara itu, beberapa tes lanjutan untuk menentukan perawatan dari wajah yang membengkak meliputi:

Apa saja cara mengobati moon face?

Pada dasarnya, pengobatan kondisi ini tergantung dari apa penyebabnya. Berikut ini sejumlah cara mengobati moon face berdasarkan penyebab yang mendasarinya.

Mengurangi dosis obat steroid

Moon face dapat terjadi akibat efek samping dari penggunaan kortikosteroid, seperti prednison, dalam waktu yang lama.

Bila hal ini terjadi pada Anda, dokter mungkin akan mengurangi dosis obat steroid. Seiring dengan berjalannya waktu, dosis yang lebih rendah membantu mengurangi pembengkakan pada wajah.

Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan meminta Anda menghentikan penggunaan steroid, terutama ketika berefek samping. Meski begitu, cara ini biasanya dilakukan perlahan sampai tubuh dapat menyesuaikan diri.

Operasi

Jika moon face disebabkan oleh sindrom Cushing yang dihasilkan dari tumor, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi. Operasi pengangkatan tumor biasanya dilakukan oleh ahli bedah saraf.

Setelah operasi, Anda akan minum obat pengganti kortisol untuk menyeimbangkan hormon ini. Proses ini memakan waktu hingga satu tahun atau lebih hingga wajah tidak lagi terlihat membengkak.

Pengobatan lainnya

Selain kedua pengobatan di atas, cara mengobati moon face lainnya yang biasanya dianjurkan dokter antara lain:

  • terapi radiasi untuk mengecilkan tumor,
  • obat-obatan untuk mengatur jumlah kortisol, serta
  • mengambil bentuk sintesis dari hormon tiroid levothyroxine.

Perlu diingat bahwa daftar pengobatan yang disebutkan hanya untuk meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Tidak ada cara khusus untuk mengatasi moon face, sehingga Anda perlu tahu apa yang menyebabkan kondisi ini.

Bila kondisi sudah terkendali, tubuh akan mengalami lebih sedikit gejala. Hal tersebut mungkin dapat menghilangkan moon face secara bertahap saat Anda melanjutkan pengobatan.

Pengobatan di rumah

Nyatanya, perubahan gaya hidup ternyata diperlukan untuk mendukung pengobatan moon face yang diberikan dokter. Ada pun beragam pengobatan rumahan yang dapat membantu mengurangi moon face, yaitu:

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter guna memahami solusi yang tepat bagi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Facial swelling. (2020). MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 7 April 2020, from https://medlineplus.gov/ency/article/003105.htm

Cushing syndrome – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 7 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cushing-syndrome/symptoms-causes/syc-20351310

Hoenig, L. (2018). The “Moon Face” of Cushing Syndrome. JAMA Dermatology, 154(3), 329. https://doi.org/10.1001/jamadermatol.2017.5798. Retrieved 23 March 2021. 

8 Prednisone Side Effects + How to Minimize Them. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 23 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/8-prednisone-side-effects-how-to-minimize-them/ 

Moon Face. (n.d). Pacific Neuroinstitute Science. Retrieved 23 March 2021, from https://www.pacificneuroscienceinstitute.org/blog/glossary-term/moon-face/ 

Wilkins, L.W. (2008). Nurse’s Five-minute Clinical Consult: Signs and symptoms. Wolters Kluwer Health/Lippincott Williams & Wilkins. p. 364. ISBN 9781582557038. Retrieved 23 March 2021, from https://books.google.co.id/books?id=PhdtLQVtCMMC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal diperbarui 12/04/2021
x