Whey vs Soy: Sumber Protein Mana yang Lebih Ampuh untuk Membentuk Otot?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Makanan berprotein tinggi sering menjadi rekomendasi asupan utama bagi orang-orang yang ingin membentuk otot, bahkan hingga disarankan menggunakan suplemen protein. Kebanyakan suplemen protein diperkaya oleh dua jenis protein, yaitu soy dan whey. Keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh, tapi manakah yang lebih baik untuk membentuk otot: protein whey atau soy?

Apa bedanya protein whey dan protein soy?

Sebenarnya, kedua jenis protein ini memiliki fungsi yang sama di dalam tubuh: untuk membangun dan membentuk jaringan, termasuk jaringan otot. Namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda di dalam tubuh.

Protein whey adalah protein yang didapatkan dari sumber makanan hewani dan banyak ditemukan pada susu serta produknya. Sementara protein soy ditemukan di dalam makanan nabati, seperti kacang-kacangan.

Karena didapatkan dari sumber yang berbeda, tentu bentuk protein whey dengan protein soy akan berbeda. Hal ini juga menyebabkan keduanya diserap dengan cara yang berbeda pula. Whey cenderung lebih mudah diserap dengan baik oleh tubuh ketimbang soy.

Protein whey atau protein soy, mana yang lebih baik untuk membentuk otot?

Sampai saat ini banyak yang menyatakan bahwa protein whey jauh lebih ampuh untuk membuat otot Anda terbentuk. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of the American College of Nutrition menyatakan bahwa whey memiliki rangkaian asam amino yang lengkap dan baik untuk membentuk otot.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga diketahui jika whey dapat menurunkan kadar kortisol yang dapat menurunkan massa otot. Sehingga sangat tepat jika Anda mengonsumsi protein jenis ini jika sedang berencana membesarkan otot.

Namun beberapa penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyatakan bahwa manfaat protein soy terhadap pembentukkan otot tidak bisa diremehkan. Meski protein soy tidak memiliki rantai asam amino yang sempurna seperti protein whey, tetapi di dalam protein soy terdapat asam amino arginin dan glutamine.

Arginin merupakan asam amino yang berperan penting dalam membentuk jaringan otot. Begitu juga dengan glutamine yang dapat menurunkan kadar stres pada otot ketika melakukan olahraga – sehingga otot yang terbentuk lebih maksimal.

steroid untuk membesarkan otot

Apa yang harus saya pilih, protein whey ataukah soy?

Walau memang whey lebih terbukti lebih efektif untuk membuat otot Anda besar dan terbentuk, tetapi bukan berarti Anda bisa menghiraukan manfaat dari protein soy. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda dapat menggabungkan keduanya, yaitu mengonsumsi protein soy maupun whey.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen protein, Anda dapat memilih suplemen yang mengandung whey lebih banyak. Sementara, protein soy bisa Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi.

Tetapi ingat, mengonsumsi protein dalam jumlah banyak bukan lah kunci untuk mendapatkan bentuk otot yang Anda inginkan. Hal ini harus diiringi dengan latihan fisik yang rutin dan keras. Bila latihan fisik yang Anda lakukan tidak sebanding dengan protein yang Anda konsumsi, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan bentuk otot yang ideal.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit