Dari Melindungi Sendi Hingga Mencegah Diabetes, Ini 5 Manfaat Hebat Sumsum Tulang Sapi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sumsum tulang sapi biasanya direbus untuk membuat kaldu atau disajikan dalam sup hangat. Namun, saat ini sudah banyak juga variasi masakan sumsum tulang seperti sumsum tulang bakar dan panggang. Ternyata selain lezat dan menggugah selera, sumsum tulang sapi punya banyak manfaat buat kesehatan. Apa saja manfaat sumsum tulang sapi yang bisa Anda dapatkan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan nutrisi sumsum tulang sapi

Sumsum yang ada dalam tulang sapi memang kandungan terbesarnya yaitu lemak. Bahkan, sekitar 96 persen kandungan utama sumsum adalah lemak. Akan tetapi, bukan berarti lemak ini tidak sehat buat kesehatan Anda. Sebuah penelitian dalam jurnal Cell Metabolism tahun 2014 justru membuktikan kalau jaringan-jaringan lemak dalam sumsum bisa jadi sumber hormon khusus bernama adiponektin dalam tubuh.

Tulangnya sendiri kaya akan berbagai jenis mineral penting seperti kalsium, magnesium, serta fosfor. Di samping itu, sumsum tulang sapi juga menawarkan kolagen serta glukosamin, yaitu zat kimia alami yang ada di persendian Anda.

Manfaat sumsum tulang sapi untuk kesehatan

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat makan sumsum tulang sapi bagi tubuh, simak ulasannya di bawah ini.

1. Melindungi sendi

Sumsum tulang tinggi akan kandungan kolagen dan glukosamin. Kedua zat ini bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan pada persendian sekaligus menjaganya agar tetap kuat dan lentur.

Baik kolagen dan glukosamin juga sama-sama berguna untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Karena itu, mengonsumsi sumsum tulang bisa membantu mencegah penyakit seperti osteoarthritis (pengapuran sendi) yang banyak dialami orang lanjut usia.

2. Melancarkan pencernaan

Kaldu sumsum tulang mengandung gelatin, yaitu protein khusus yang punya banyak manfaat penting bagi sistem pencernaan Anda. Di antaranya adalah memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan, meningkatkan kadar bakteri baik di usus, serta meredakan berbagai macam peradangan pada sistem pencernaan Anda.

3. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah penelitian oleh para ahli di Amerika Serikat menguak bahwa kandungan adiponektin berguna untuk mencegah diabetes. Diabetes bisa terjadi saat hormon insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik untuk mengolah gula.

Nah, penelitian ini membuktikan bahwa kadar adiponektin yang tinggi berarti hormon insulin Anda akan bekerja lebih efektif sehingga kadar gula dalam tubuh Anda tidak akan melonjak terlalu tinggi. Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Akan tetapi, perhatikan porsi makan Anda karena diabetes juga bisa dipicu oleh konsumsi lemak berlebihan. Pasalnya, sumsum tulang sendiri kandungan lemaknya tinggi.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seorang dokter spesialis kanker asal Swedia, dr. Astrid Brohult, melakukan uji coba dengan memberikan sumsum tulang belakang sapi pada anak-anak pengidap leukemia. Pasien-pasien cilik ini telah berkali-kali menjalani terapi radiasi sehingga pasokan sel darah putih dalam tubuh mereka berkurang.

Ternyata setelah mengonsumsi sumsum tulang sapi, para pasien menunjukkan peningkatan sel darah putih. Setelah diteliti lebih lanjut, ini karena sumsum tulang mengandung senyawa bernama alkilgliserol atau AKG. Senyawa unik ini rupanya berfungsi untuk menjaga keseimbangan sel darah putih dalam tubuh.

Nah, sel darah putih sendiri amat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan berbagai jenis penyakit. Inilah mengapa orang yang sedang sakit sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sup kaldu, terutama dari sumsum tulang.

5. Menjaga kulit agar awet muda

Anda membutuhkan kolagen untuk menjaga supaya kulit tetap lembut, cerah, dan kenyal. Apalagi kalau Anda sudah mulai mengalami proses penuaan yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus di wajah, kulit keriput, atau kulit jadi kering. Nah, kandungan gelatin dalam sumsum tulang sapi dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi sumsum tulang bisa membantu kulit Anda tampak awet muda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit