Kupas Tuntas Manfaat Daging Bebek Serta Kandungan Gizinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Daging bebek adalah salah satu sumber protein yang baik selain daging ayam dan daging sapi. Meski begitu, daging bebek juga terkenal dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Lalu apakah makan daging bebek itu sehat? Sebelum mengetahui jawabannya, yuk ketahui dulu manfaat daging bebek dan kandungan gizinya di sini.

Kandungan nutrisi di dalam daging bebek

Daging bebek sebagai sumber protein yang memiliki jumlah kalori yang tinggi dan kandungan lemak yang tinggi. Dalam 45 gram daging bebek (satu potong), terdapat sebanyak 7 gram protein, 150 kalori, dan 13 gram lemak. Jumlah ini setara dengan 45 gram daging ayam dengan kulit. Lalu apa saja zat gizi yang ada di dalamnya?

Protein

Protein merupakan zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi protein yang paling utama adalah sebagai zat pembangun tubuh. Protein juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, untuk melawan infeksi.

Dalam 100 gram daging bebek menyediakan 55 persen kebutuhan protein harian Anda.

Lemak

Konsumsi lemak jenuh memiliki efek lebih besar pada kadar kolesterol darah Anda daripada asupan kolesterol. Batasi asupan lemak jenuh Anda hingga tidak lebih dari 7-10 persen dari kalori harian Anda.

85 gram daging bebek yang dimasak tanpa kulit mengandung 4 gram lemak jenuh, dan mengandung 75 miligram kolesterol. Sementara,  85 gram daging bebek yang dimasak dengan kulit mengandung 8 gram lemak jenuh dan 70 miligram kolesterol.

sumber: thesra.org

Ini sekitar 25 persen dari batas yang disarankan yaitu 300 miligram kolesterol per hari untuk orang dewasa yang sehat. Jika Anda memiliki penyakit jantung atau kolesterol tinggi, batasi asupan kolesterol harian Anda hingga 200 miligram per hari.

Contohnya, kebutuhan kalori Anda dalam satu hari adalah 2.000 kalori. Maka 20 persen atau 40 persen dari asupan lemak jenuh yang disarankan pada hari itu, tergantung pada jenis daging bebek yang Anda.

Vitamin dan mineral

Daging bebek mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah. Ini termasuk, zat besi, zink, selenium, vitamin B, kalium, dan fosfor.

Bahkan daging bebek memberikan sumber zat besi yang sangat baik, yaitu zat besi heme. Ini merupakan kelompok zat besi yang sering ditemukan pada daging, tak hanya bebek, tapi juga pada sapi dan ayam, serta ikan. Zat besi ini lebih mudah diserap oleh tubuh Anda daripada zat besi non-heme yang ditemukan pada makanan nabati. Zat besi mengatur berbagai aktivitas metabolik, membantu mengatur pertumbuhan sel, dan membantu dalam produksi enzim tertentu.

Dalam daging bebek juga terdapat vitamin B12 dan B6. Vitamin B membantu tubuh Anda menghasilkan energi dari makanan yang Anda makan.

Selain itu, zink dan selenium merupakan komponen yang tidak dapat ditinggalkan. Setiap mengonsumsi 3,5 gram daging bebek mengandung 1,9 miligram zink (yaitu 17% dosis yang dibutuhkan oleh pria dan 24%  dosis yang dibutuhkan oleh wanita dalam satu hari) dan 14 mikrogram selenium. Keduanya dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Apa saja manfaat daging bebek untuk kesehatan?

Meski banyak yang mengatakan bahwa daging ini buruk bagi kadar kolesterol tapi daging bebek tetap memiliki manfaat bagi kesehatan. Bila dilihat dari kandungan gizinya, manfaat daging bebek adalah untuk mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, serta sebagai sumber protein yang baik.

Bila Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, pilihlah daging bebek yang dimasak tanpa banyak menambah lemak atau tanpa kulit. Batasi konsumsinya, tidak lebih dari satu porsi bebek tanpa kulit per hari.

Hindari mengonsumsi bebek yang renyah, karena biasanya bebek ini digoreng dengan kulitnya. Bebek panggang atau rebus adalah pilihan yang lebih baik daripada digoreng.

Konsumsilah makanan yang rendah koleseterol dan lemak jenuh untuk makanan pendamping daging bebek.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Makan Tempe bagi Kesehatan yang Sayang Anda Lewatkan

Manfaat tempe bagi tubuh kita bukan sekadar sumber protein saja, tapi juga ternyata baik disantap oleh Anda yang sedang diet, bahkan oleh bayi.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Gadis Rima Astari
Fakta Gizi, Nutrisi 29 November 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Ferritin, Protein Penentu Kadar Zat Besi dalam Tubuh

Tes ferritin menjadi salah satu pemeriksaan anemia untuk mengetahui kadar zat besi dalam tubuh. Apa yang harus dilakukan bila hasilnya abnormal?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

10 Makanan Lezat yang Mengandung Protein Tinggi

Protein adalah zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan tubuh manusia dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut 10 makanan sumber protein tinggi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susu penambah berat badan

Apakah Susu Penambah Berat Badan Betulan Ampuh Bikin Berisi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 7 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara membentuk otot

7 Rahasia Membentuk Otot Hanya Dalam Satu Minggu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
menyimpan daging

Berapa Lama Idealnya Harus Simpan Daging di Kulkas?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makan telur mentah

Makan Telur Mentah, Sehat atau Malah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit