home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Manfaat Buah Cermai yang Kaya Antioksidan untuk Kesehatan

6 Manfaat Buah Cermai yang Kaya Antioksidan untuk Kesehatan

Walaupun sudah jarang ditemui, sebagian besar orang termasuk Anda mungkin mengenali buah cermai. Buah berwarna hijau ini bisa dimakan secara langsung atau pun dibuat sebagai manisan. Apakah ada manfaat atau khasiat dari buah cermai yang kaya antioksidan ini? Lantas, apa saja kandungan buah cermain yang baik untuk kesehatan? Simak penjelasannya!

Kandungan gizi di dalam buah cermai

Dikutip dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, buah cermai atau ceremai mempunyai nama latin Phyllanthus acidus.

Buah ini mempunyai bentuk bulat, berwarna hijau, dan mempunyai rasa seperti belimbing wuluh karena rasanya yang asam.

Antioksidan menjadi manfaat atau khasiat utama dari buah cermai.

Tidak hanya itu saja, berikut adalah daftar kandungan gizi lainnya dari buah cermai.

  • Kalori: 44
  • Protein: 0,88 gram
  • Lemak: 0,58 gram
  • Karbohidrat: 10,18 gram
  • Serat: 4,3 gram
  • Kalsium: 25 mg
  • Zat besi: 0,31 gram
  • Magnesium: 10 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Kalium: 198 mg
  • Zinc: 0,12 mg
  • Vitamin C: 27,7 mg
  • Vitamin A: 290 IU atau 87 mcg
  • Vitamin B6: 0,08 mg
  • Thiamin: 0,04 mg
  • Folat: 0,006 ug

Manfaat buah cermai untuk kesehatan

manfaat atau khasiat buah cermai

Sudah dipaparkan sedikit dari fakta gizi di atas bahwa manfaat atau khasiat utama dari buah cermai adalah sebagai antioksidan sehingga mampu membantu melawan radikal bebas.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memanfaatkan bagian lainnya seperti daun, kulit, hingga batang dari buah yang juga dikenal sebagai star gooseberry ini.

Berikut adalah berbagai manfaat dari buah cermai yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah terjadinya peradangan

Anda bisa mengonsumsi buah cermai karena mempunyai manfaat untuk mencegah dan membantu meredakan peradangan di dalam tubuh.

Hal ini karena adanya kandungan antioksidan, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin E, serta vitamin A di dalam buah cermai.

Inflamasi atau peradangan dapat terjadi ketika terjadi reaksi pada sistem kekebalan tubuh. Berbagai reaksi ini misalnya iritasi, cedera, serta infeksi.

Ini merupakan kondisi yang normal dan merupakan bagaian dalam proses penyembuhan. Namun, Anda harus berhati-hati karena peradangan kronis bisa berdampak negatif pada tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat atau khasiat lainnya dari buah cermai adalah membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A di dalam buah cermai.

Dikutip dari Mayo Clinic, vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga penglihatan serta sel di dalam tubuh.

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin A, Anda berisiko mengalami kondisi xeropthalmia. Ini merupakan ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya redup yang rentan pada anak kecil dan wanita hamil.

3. Mencegah penuaan dini

Senyawa antioksidan di dalam buah cermai juga bermanfaat untuk mencegah dan membantu melawan penuaan dini. Hal ini karena antioksidan dapat melawan stres oksidatif juga kerusakan sel.

Tidak hanya itu saja, ada pula kandungan lainnya berupa vitamin C, vitamin E, serta fitonutrien.

Fitonutrien yang ada di dalam buah cermai dapat menjaga kesehatan dan melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

4. Menghasilkan energi

Ada pula kandungan lainnya di dalam buah cermai yaitu pantothenic acid atau vitamin B5.

Kandungan ini membuat buah cermai bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah serta membantu membuat asupan makanan yang masuk menjadi energi.

Saat tubuh kekurangan vitamin B5 yang terjadi adalah kelelahan, depresi, insomnia, hingga infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Lalu, ada pula manfaat lain dari buah cermai karena kandungan vitamin B5 di dalamnya yaitu, membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Tahukah Anda kalau tubuh tidak bisa memproduksi kalium dengan sendirinya?

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi buah cermai karena terdapat kandungan kalium atau potasium di dalamnya.

Manfaat kalium dari buah cermai untuk tubuh adalah mengatur keseimbangan asupan cairan serta membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Hal ini karena kalium dapat membantu meredakan ketegangan dinding di pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

6. Melancarkan pencernaan

Serat merupakan kandungan dari makan yang dibutuhkan tubuh karena dapat diserap dan dicerna dengan baik melalui usus kecil dan usus besar.

Kandungan serat pada buah cermai juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Selain itu, serat yang berasal dari buah juga dapat membantu mengontrol kadar gula, mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko penyakit kronis lainnya.

Hingga kini, penelitian mengenai manfaat buah cermai untuk kesehatan tubuh tergolong masih terbatas.

Namun, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi buah ini karena rendah kalori, kaya akan vitamin, mineral, dan juga anti-oksidan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gooseberries, raw. U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE. (2021). Retrieved 9 February 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173030/nutrients

Raya-LIPI, P. (2021). Kenali Manfaat dan Khasiat Buah Ceremai (Phyllanthus acidus (L)) . Retrieved 9 February 2021, from http://krbogor.lipi.go.id/id/Ceremai-Phyllanthus-acidus-L-Manfaat-dan-khasiatnya-Sebagai-Tanaman-Obat.html

Phyllanthus acidus. (2021). Retrieved 9 February 2021, from http://apps.worldagroforestry.org/treedb/AFTPDFS/Phyllanthus_acidus.PDF

Ceremai (Phyllanthus acidus (L.) Skeels). Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC). (2021). Retrieved 9 February 2021, from https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=116.

Vitamin A. (2021). Retrieved 9 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-a/art-20365945

Office of Dietary Supplements – Vitamin A. (2021). Retrieved 9 February 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-Consumer/

How to add more fiber to your diet. (2021). Retrieved 9 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983

Vitamin B5 (Pantothenic acid) Information | Mount Sinai – New York. (2021). Retrieved 9 February 2021, from https://www.mountsinai.org/health-library/supplement/vitamin-b5-pantothenic-acid

Potassium. (2020). Potassium: MedlinePlus. Retrieved 9 February 2021, from https://medlineplus.gov/potassium.html

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 06/03/2021
x