backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Obat Alami Stres

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 29/10/2023

7 Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Obat Alami Stres

Matcha adalah bubuk teh hijau yang dihasilkan dengan cara menggiling daun dan beberapa bagian tanaman teh hijau hingga halus. Bahan makanan ini berasal dari Jepang dan telah populer di seluruh dunia karena rasanya yang khas. Berikut ulasan tentang manfaat matcha yang sayang untuk dilewatkan.

Kandungan matcha

Banyak orang menganggap matcha sama dengan teh hijau karena sama-sama berwarna hijau dan disajikan dalam bentuk minuman dingin atau panas.

Keduanya memang berasal dari tumbuhan yang sama yaitu Camellia sinensis, tetapi matcha diproses dengan cara yang berbeda dari teh hijau.

Sebelum panen, daun teh yang akan dihaluskan menjadi bubuk matcha ditutup dari sinar matahari guna meningkatkan kandungan asam amino dan klorofilnya.

Matcha yang telah dipanen selanjutnya dikeringkan dan barulah dihaluskan. Bubuk matcha ini bisa berasal dari bagian daun dan batang teh.

Oleh karena itu, matcha memiliki kandungan zat gizi yang jauh lebih kaya dari daun teh. Berikut ini kandungan zat gizi matcha yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan:

  • katekin,
  • kafein,
  • asam fenolik,
  • rutin,
  • quercetin,
  • vitamin C,
  • klorofil, dan
  • tanin.
  • Selain itu, satu sendok teh matcha atau 100 gram mengandung 50 gram karbohidrat, 50 gram serat, dan total kalorinya 500 kkal.

    Manfaat matcha untuk kesehatan

    Berkat kandungan zat gizi di atas, terdapat banyak manfaat matcha bagi kesehatan. Berikut daftarnya. 

    1. Meningkatkan fungsi kognitif

    Mengonsumsi matcha dapat meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini berkat kandungan katekin yang meningkatkan fungsi otak keseluruhan, kewaspadaan, dan memori.

    Selain itu, matcha mengandung kafein dan L-theanin yang dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kelelahan..

    2. Menjaga kesehatan organ hati

    Organ hati merupakan bagian penting dalam tubuh karena berfungsi membersihkan racun dan memproses zat gizi. Untuk menjaga kesehatan hati, Anda dapat mengonsumsi matcha.

    Beberapa penelitian menyebutkan matcha yang mengandung katekin bersifat antioksidan dan antiradang. Khasiat ini dapat mencegah kerusakan hati sekaligus menurunkan risiko penyakit hati, seperti hepatitis dan sirosis hati. 

    Matcha juga punya kemampuan detoksifikasi, yakni membersihkan racun dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi beban kerja organ hati.

    3. Kaya akan antioksidan

    Bubuk matcha yang enak untuk minuman

    Manfaat matcha lainnya yaitu bersifat antioksidan karena tingginya kandungan katekin.

    Beberapa jenis katekin yang ada pada matcha yaitu epikatekin (EC), epikatekin gallate (ECG), epigallocatechin (EGC), dan epigallocatechin gallate (EGCG).

    Antioksidan dalam matcha dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan sel yang berpotensi menyebabkan penyakit kronis.

    4. Mengurangi risiko kanker

    Manfaat matcha lainnya yaitu dapat menekan risiko munculnya kanker. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan salah satu jenis katekin yang memiliki sifat antikanker yang kuat.

    Studi dalam jurnal Current Research of Food Science melakukan penelitian laboratorium tentang katekin dalam matcha

    Hasil studi menyebutkan katekin berpotensi menekan kemunculan sel kanker, dengan cara membatasi perkembangan kanker dan menghambat penyebarannya.

    5. Menurunkan berat badan

    Kandungan katekin dalam matcha telah dikaitkan dengan peningkatan laju metabolisme dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan.

    Manfaat matcha ini berasal dari kandungan kafein yang membantu membakar kalori dan meningkatkan energi. Matcha juga mengandung klorofil yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan, sehingga metabolisme lebih cepat.

    Hal tersebutlah yang membuat matcha sering dimasukkan dalam kandungan suplemen penurun berat badan. 

    Akan tetapi, konsumsi matcha saja belum tentu efektif mengurangi bobot tubuh. Anda tetap perlu membatasi asupan kalori harian dan olahraga secara rutin.

    6. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat matcha lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung secara umum karena kandungan katekin di dalamnya.

    Senyawa dalam matcha ini dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan memperbaiki pembuluh darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung. 

    Matcha juga mengandung antioksidan, terutama EGCG (epigallocatechin gallate), yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit jantung.

    7. Menghilangkan stres

    stres cepat tua

    Matcha juga bermanfaat untuk membantu meredakan stres. Pasalnya, matcha mengandung kafein yang dapat memperbaiki suasana hati, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan fokus.

    Selain itu, kandungan L-theanin, salah satu jenis asam amino, dalam matcha memiliki sifat menenangkan dan meningkatkan efek dari kafein.

    Nah, itu tadi adalah manfaat matcha untuk kesehatan. Namun, beberapa khasiat masih perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

    Jika Anda hendak mengonsumsi matcha untuk pengobatan penyakit tertentu atau sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. 

    Catatan akhir

    Salah satu cara terbaik untuk menikmati matcha adalah dengan diseduh menggunakan air panas. Namun, Anda juga bisa mengolah produk bubuk matcha dalam bentuk matcha latte, kue, kukis, mufin, bronis, dan puding.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 29/10/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan