10 Pengganti Daging Paling Sehat untuk Vegetarian

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda seorang vegetarian, Anda kini tak perlu khawatir kekurangan protein. Protein yang lumrahnya didapatkan dari daging, memang menjadi ‘haram’ dikonsumsi bagi para vegetarian. Namun, kadar protein yang sama bisa Anda dapatkan dari 10 bahan makanan di bawah ini. Soal rasa, tentunya bisa sama lezatnya dengan daging. Berikut daftar beserta kadar proteinnya:

1. Telur (6 gram protein/butir)

Tidak hanya bentuknya yang menarik, telur juga merupakan sumber protein bagi para vegetarian yang amat mudah didapatkan. Begitu banyak menu sehat yang bisa Anda sajikan dengan telur, seperti: campuran salad, ditumis bersama sayuran, direbus, dan sebagai isi dari sandwich.

2. Susu (8 gram protein/gelas)

Susu mudah didapatkan. Selain itu, susu dapat menjadi bahan tambahan untuk banyak menu makanan dan minuman. Sebagai pelengkap sebuah sajian, susu merupakan pilihan yang tepat untuk vegetarian.

3. Tahu (20 gram protein/4 buah)

Dengan tekstur yang lembek, tidak semua orang menyukai tahu. Namun, ternyata kandungan protein yang terkandung dalam tahu cukup besar. Tahu terbuat dari susu kedelai dan koagulan. Memiliki rasa yang cenderung netral, tahu dapat disulap menjadi banyak menu sehat, seperti: ditumis dengan sayur, dikukus, bahkan menjadi campuran dalam puding cokelat.

4. Tempe (31 gram protein/4 potong)

Sama seperti tahu, tempe juga memiliki bahan dasar kacang kedelai. Karena kacang kedelai disajikan utuh tanpa dihancurkan seperti pada tahu, kadar protein pada tempe lebih unggul dari tahu. Jika dibandingkan, jumlah protein pada dua potong tempe sebanding dengan yang terdapat pada empat potong dada kalkun.

5. Selai kacang (32 gram protein/4 sendok makan)

Selai kacang merupakan sebuah tambahan untuk makanan yang berlimpah protein, vitamin, dan mineral. Lumrahnya, selai kacang merupakan isian untuk roti. Sering kita jumpai dengan kemasan yang tertutup dan tidak bau, selai kacang mudah dibawa ke mana-mana dan dapat dijadikan camilan sehari-hari.

6. Keju cottage (26 gram protein/mangkuk)

Keju cottage merupakan keju yang dilembutkan dan ditambahkan perasa sehingga teksturnya lebih mudah untuk disantap ketimbang keju utuh. Makanan ini dapat menjadi cemilan bagi para vegetarian dan bisa juga diolah menjadi menu lainnya seperti ricotta. Keju cottage dapat Anda temui di supermarket terdekat.

7. Kacang merah (16 gram protein/cangkir)

Kacang merah memiliki protein yang cukup pekat dan bisa dikatakan dapat menjadi pengganti gizi daging yang baik. Dua cangkir kacang merah setara dengan protein yang terdapat pada satu porsi burger ‘Big Mac’. Selain itu, kacang merah juga tergolong bahan yang fleksibel untuk dijadikan sajian lainnya, dari hidangan asin seperti sayur dan tumis, hingga dessert seperti es kacang merah.

8. Edamame (11 gram protein/cangkir)

Kacang asal Jepang yang biasa disebut dengan kacang kapri ini adalah cemilan kaya protein dan vitamin. Kandungan protein satu cangkir edamame setara dengan protein yang terkandung dalam dada satu ekor ayam. Tak perlu khawatir untuk mencari menu yang bisa disajikan dengan bahan ini, dimakan utuh pun edamame memiliki rasa yang cukup lezat.

9. Quinoa (8,5 gram protein/cangkir)

Quinoa merupakan sebuah biji-bijian yang berasal dari negara-negara sub-tropis. Di Indonesia Anda dapat menemuinya di supermarket terdekat. Dalam menu makanan, quinoa berperan sebagai makanan dasar seperti nasi. Quinoa yang kayak protein dan beragam vitamin cocok menjadi pengganti nasi.

10. Kacang polong (7,5 gram protein/cangkir)

Kacang polong memiliki protein tinggi, rendah kalori, dan lemak. Kadar protein yang terdapat dalam kacang polong hampir setara dengan kadar protein yang terdapat pada susu sapi. Kacang polong termasuk makanan yang serbaguna. Kacang polong dapat dinikmati sebagai topping untuk berbagai macam menu tumis, cocok untuk negara Indonesia yang kaya akan masakan tumis dan berbumbu.

Sepuluh bahan makanan di atas dapat menjadi alternatif masakan bagi para vegetarian yang tidak memakan daging. Gizi protein yang menjadi gizi primer dari daging dapat digantikan dengan kadar ya setara. Jadi, bagi Anda yang seorang vegetarian dan memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, jangan khawatir. Bahan-bahan bergizi di atas dengan mudah dapat diolah menjadi sajian-sajian lezat, yang tentunya tidak kalah dengan sajian-sajian daging.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Mengenal Jenis Beras, Mana yang Paling Sehat?

    Kita mungkin setiap hari makan nasi putih, tapi ada berbagai jenis berasa lain yang tersedia. Kira-kira beras jenis apa yang lebih sehat?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Fakta Gizi, Nutrisi 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

    Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

    Lemas habis makan mungkin masih wajar. Tapi kalau Anda gemetaran atau berkeringat, bisa jadi tanda gula darah turun. Hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
    Penyakit Diabetes 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

    5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

    Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

    9 Manfaat Kesehatan dari Makan Buah Belimbing

    Buah belimbing tak hanya lezat dan segar, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat mbuah belimbing?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Fakta Gizi 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    makanan untuk pankreatitis

    Panduan Pola Makan untuk Penyakit Radang Pankreas (Pankreatitis)

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
    Dipublikasikan tanggal: 9 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
    panduan memilih makanan untuk gastroparesis

    7 Panduan Memilih Makanan untuk Penderita Gastroparesis

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
    Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
    manfaat goji berry

    5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
    alergi pada telur

    Serba-serbi Alergi Telur yang Harus Anda Ketahui

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit