home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

10 Pengganti Daging Paling Sehat untuk Vegetarian

10 Pengganti Daging Paling Sehat untuk Vegetarian

Jika Anda seorang vegetarian, Anda kini tak perlu khawatir kekurangan protein. Protein yang lumrahnya didapatkan dari daging, memang menjadi ‘haram’ dikonsumsi bagi para vegetarian. Namun, kadar protein yang sama bisa Anda dapatkan dari makanan pengganti daging, lho. Soal rasa, tentunya bisa sama lezatnya dengan daging.

Makanan pengganti daging untuk pola makan vegetarian

Diet vegetarian sendiri adalah pola makan yang berfokus terhadap konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Bergantung dengan jenisnya, ada yang masih bisa mengonsumsi produk hewani selain daging, tapi ada pula yang benar-benar tidak mengonsumsi produk hewani.

Terlepas dari jenis diet vegetarian, memenuhi kebutuhan asupan protein sehari-hari tetap penting untuk Anda lakukan. Makanan berprotein akan menjauhkan Anda dari gangguan fungsi tubuh serta membantu organ-organ bekerja lebih baik.

Berikut adalah berbagai makanan pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein.

1. Telur

Tidak hanya bentuknya yang menarik, telur juga merupakan sumber protein bagi para vegetarian yang amat mudah didapatkan.

Tak hanya mengandung protein, telur juga mengandung berbagai zat gizi yang tak kalah penting seperti vitamin B kompleks, termasuk riboflavin dan folat.

Begitu banyak menu sehat yang bisa Anda sajikan dengan telur, seperti campuran salad, ditumis bersama sayuran, direbus, dan sebagai isi dari sandwich.

2. Susu

Susu mudah didapatkan. Selain itu, susu dapat menjadi bahan tambahan untuk banyak menu makanan dan minuman.

Tak hanya mengandung protein tinggi, susu juga mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan seperti kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

Sebagai pelengkap sebuah sajian, susu merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang masih bisa mengonsumsi makanan dari sumber hewani selain daging.

3. Tahu

Dengan tekstur yang lembek, tidak semua orang menyukai tahu. Namun, ternyata kandungan protein yang terkandung dalam makanan pengganti daging satu ini cukup besar.

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, tahu mengandung protein sebesar 10,9 gram dalam 100 gram penyajiannya.

Tahu terbuat dari susu kedelai dan koagulan. Memiliki rasa yang cenderung netral, tahu dapat disulap menjadi banyak menu sehat, seperti ditumis dengan sayur, dikukus, bahkan menjadi campuran dalam puding cokelat.

4. Tempe

Sama seperti tahu, tempe juga memiliki bahan dasar kacang kedelai. Karena kacang kedelai disajikan utuh tanpa dihancurkan seperti pada tahu, kadar protein pada tempe lebih unggul dari tahu.

Jika dibandingkan, jumlah protein pada dua potong tempe sebanding dengan yang terdapat pada empat potong dada kalkun.

5. Selai kacang

Selai kacang merupakan sebuah tambahan untuk makanan yang berlimpah protein, vitamin, dan mineral. Lumrahnya, selai kacang merupakan isian untuk roti.

Sering kita jumpai dengan kemasan yang tertutup dan tidak bau, selai kacang mudah dibawa ke mana-mana dan dapat dijadikan camilan sehari-hari. Tak hanya menyehatkan, selai kacang juga memiliki rasa yang lezat.

6. Keju cottage

Keju cottage merupakan keju yang dilembutkan dan ditambahkan perasa sehingga teksturnya lebih mudah untuk disantap ketimbang keju utuh. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat makanan ini dapat menjadi pilihan pengganti daging yang baik.

Secangkir keju cottage mengandung 13 gram protein kasein. Protein kasein adalah jenis protein yang dicerna lebih lambat dalam tubuh, berfungsi sebagai nutrisi untuk pemulihan dan pembangun massa otot.

Makanan ini dapat menjadi cemilan bagi para vegetarian dan bisa juga diolah menjadi menu lainnya seperti ricotta. Keju cottage dapat Anda temui di supermarket terdekat.

7. Kacang merah

Kacang merah memiliki protein yang cukup tinggi, yakni sejumlah 11 gram per 100 gram penyajian. Dua cangkir kacang merah setara dengan protein yang terdapat pada satu porsi burger.

Tentunya, kacang merah bisa menjadi pilihan pengganti daging yang tepat bagi Anda yang sama sekali tidak makan produk hewani.

Selain itu, kacang merah juga tergolong bahan yang fleksibel untuk dijadikan sajian lainnya, dari hidangan asin seperti sayur dan tumis, hingga dessert seperti es kacang merah.

8. Edamame

Kacang asal Jepang yang biasa disebut dengan kacang kapri ini adalah cemilan kaya protein dan vitamin. Edamame mengandung asam amino yang tentunya sangat dibutuhkan dalam proses kerja fungsi tubuh.

Kandungan protein satu cangkir edamame setara dengan protein yang terkandung dalam dada satu ekor ayam.

Tak perlu khawatir untuk mencari menu yang bisa disajikan dengan bahan ini, dimakan utuh pun edamame memiliki rasa yang cukup lezat.

9. Quinoa

Quinoa merupakan sebuah biji-bijian yang berasal dari negara-negara sub-tropis. Di Indonesia Anda dapat menemuinya di supermarket terdekat.

Dalam menu makanan, quinoa berperan sebagai makanan dasar seperti nasi. Quinoa yang kayak protein dan beragam vitamin cocok menjadi pengganti nasi sekaligus pengganti daging.

10. Kacang polong

Kacang polong memiliki protein tinggi, rendah kalori, dan lemak. Dalam secangkirnya, kacang polong mengandung protein yakni sebesar 7,9 gram, yang mana jumlah ini setara dengan kadar protein yang terdapat dalam susu sapi.

Kacang polong termasuk makanan yang serbaguna. Kacang polong dapat dinikmati sebagai topping untuk berbagai macam menu tumis, cocok untuk negara Indonesia yang kaya akan masakan tumis dan berbumbu.

Sepuluh bahan makanan di atas dapat menjadi pengganti daging bagi para vegetarian yang tidak memakannya. Gizi protein yang menjadi gizi primer dari daging dapat digantikan dengan kadar yang setara.

Jadi, Anda yang baru saja memutuskan untuk menjadi vegetarian tak perlu khawatir, sebab berbagai makanan ini mudah ditemukan dan dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat.

 

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Protein. (n.d.). Better Health. Retrieved 25 May 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/protein

8 High Protein Foods to Reach for (Dietitian Approved). (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 25 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/8-high-protein-foods-to-reach-for-dietitian-approved/

10 Vegetables That Can Substitute for Meat. (2020). One Green Planet. Retrieved 25 May 2021, from https://www.onegreenplanet.org/vegan-food/vegetables-that-can-substitute-for-meat/

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 19/01/2017
x