Mengecilkan Perut dengan Minum Air Jeruk Nipis, Benarkah Terbukti?

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 02/07/2021

    Mengecilkan Perut dengan Minum Air Jeruk Nipis, Benarkah Terbukti?

    Kondisi perut yang buncit tidak hanya dikeluhkan wanita, pria pun juga sama. Katanya, ada cara mengecilkan perut yang cukup sederhana yakni dengan minum jeruk nipis. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui kebenarannya.

    Efektifkan cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis?

    jeruk nipis obat batuk

    Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang benar-benar dapat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang buncit. Anda masih tetap perlu menerapkan pola makan sehat yang diimbangi dengan olahraga untuk menggapai hal tersebut.

    Meski begitu, banyak orang yang percaya bahwa cara mengecilkan perut juga bisa dilakukan dengan minum jeruk nipis. Faktanya, anggapan tersebut mungkin bisa dipercaya mengingat banyak manfaat jeruk nipis yang ditawarkan oleh tubuh.

    Minum air jeruk nipis memang tidak secara langsung dapat mengecilkan perut yang buncit. Namun, cara ini setidaknya membantu menurunkan berat badan yang mungkin berpengaruh terhadap lingkar perut Anda. Mengapa demikian?

    1. Membantu menjaga berat badan

    Jeruk nipis adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan dipercaya dapat membantu menjaga berat badan.

    Bagaimana tidak, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ternyata bermanfaat dalam menurunkan berat badan, dengan cara:

    Meski begitu, cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis juga perlu diimbangi dengan rutin berolahraga dan mengontrol porsi makan. Minum jeruk nipis hanya membantu tubuh membakar kalori yang masuk, bukan menurunkan berat badan dengan cepat.

    2. Melancarkan pencernaan

    Sistem pencernaan yang terhambat tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk berat badan.

    Bila Anda ingin BAB lancar tanpa hambatan, cobalah menambahkan jeruk nipis ke air. Hal ini ternyata membantu melancarkan pencernaan. Pasalnya, jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang dapat merangsang sekresi pencernaan di perut.

    Selain itu, asam dari buah yang kaya akan vitamin C ini juga membantu air liur memecah makanan. Maka itu, minum jeruk nipis secara tidak langsung dapat mengecilkan perut buncit yang terisi penuh dengan makanan.

    3. Mencegah dehidrasi

    Minum air jeruk nipis ternyata bisa mencegah dehidrasi yang bisa memengaruhi penurunan berat badan. Begini, orang yang minum lebih banyak air dibandingkan minuman manis ternyata bisa membantu mengatur pola makan mereka.

    Hal ini dikarenakan orang yang minum air putih akan mengurangi asupan gula dan lemak yang mereka konsumsi setiap hari. Tidak hanya air biasa, Anda bisa mengkreasikan air tersebut dengan perasan jeruk nipis agar terasa lebih asam.

    Nantinya, rasa asam tersebut dipercaya dapat mendorong Anda untuk minum lebih banyak. Alhasil, perut terasa lebih kenyang dan Anda pun makan dengan porsi yang lebih sedikit.

    5 Makanan yang Membantu Bakar Lemak Saat Tidur Malam

    Cara membuat air jeruk nipis

    Jeruk nipis untuk obat batuk

    Setelah mengetahui cara kerja jeruk nipis membantu mengecilkan perut yang buncit. Sudah saatnya untuk mengenali bagaimana cara membuat air jeruk nipis.

    Di bawah ini langkah-langkah mudah membuat air jeruk nipis untuk membantu menurunkan berat badan.

    • Siapkan 1 – 2 buah jeruk nipis segar.
    • Cuci jeruk nipis sebelum dipotong.
    • Isi gelas dengan air dan peras air dari sepotong jeruk nipis ke dalam air.
    • Isi teko dengan air dan peras air jeruk nipis secara utuh.
    • Tambahkan irisan jeruk nipis ke dalam teko untuk menambah rasa.
    • Segera minum air jeruk nipis untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Bahaya minum air jeruk nipis

    Walaupun cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis terdengar menjanjikan, Anda tetap perlu berhati-hati.

    Minum air jeruk nipis terlalu banyak karena ingin menurunkan berat badan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa bahaya minum air jeruk nipis terlalu banyak yang perlu Anda waspadai.

    GERD

    Bahaya minum jeruk nipis yang perlu diwaspadai yakni GERD atau refluks asam lambung. Salah satu pemicu asam lambung naik ke kerongkongan yaitu makanan pedas atau asam, dan air jeruk nipis adalah salah satunya.

    Bila minum terlalu banyak, air lemon dapat mengiritasi lapisan esofagus yang dapat memperparah penyakit GERD. Alih-alih mendapatkan perut yang kecil, Anda justru mengalami gejala GERD yang tidak menyenangkan.

    Kerusakan gigi

    Selain GERD, minum air jeruk nipis terlalu banyak juga dapat memicu kerusakan gigi. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi.

    Hal ini dikarenakan asam yang tinggi melarutkan email dan pembusukan gigi yang berkembang menjadi dentin dapat memicu rasa nyeri di gigi.

    Meski memberikan manfaat, minum air jeruk nipis tetap perlu dilakukan sesuai kebutuhan. Selain itu, cara mengecilkan perut yang satu ini tetap perlu diimbangi dengan diet sehat dan rutin berolahraga.

    Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter atau ahli diet.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 02/07/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan