Suka Nonton Konser? Yuk, Intip Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di era modern seperti sekarang ini, musik nampaknya telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang. Tak heran, banyak orang yang mendengarkan musik sambil bekerja, belajar, maupun ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, semakin meningkatnya ketertarikan masyarakat akan musik, semakin menjamur pula konser musik yang menawarkan beragam genre musik favorit Anda. Nah, apakah Anda termasuk orang yang selalu tertarik untuk nonton konser musik? Ini manfaatnya bagi kesehatan menurut para peneliti.

Nonton konser ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kok, bisa?

Menonton konser musik memang menawarkan pengalaman menarik tersendiri yang sulit untuk dilupakan. Terlebih bagi Anda yang sudah cukup penat akibat aktivitas yang padat sehari-hari.

Jika Anda adalah seorang penikmat musik, tentu Anda tahu bahwa menikmati musik bisa memberikan efek rileks sekaligus mengusir stres. Entah mendengarkannya melalui HP, radio, komputer, televisi, atau bahkan secara langsung dengan nonton konser musik.

Dilansir dari laman Huffington Post, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Music di London, bahwa pergi nonton konser musik ternyata bisa meredakan stres dan kecemasan yang Anda rasakan. Bagaimana bisa?

Begini, ketika Anda sedang diselimuti oleh rasa cemas berlebih, maka produksi hormon kortisol, DHEA, progesteron, dan testosteron akan meningkat. Nah, sementara saat Anda menghadiri sebuah konser musik, kadar hormon kortisol itu mulai perlahan menurun. Itu sebabnya, nonton konser musik disinyalir mampu meredakan stres dan kecemasan.

Menikmati lagu di konser juga bisa memperpanjang usia

Menariknya lagi, menikmati musik saat konser dipercaya bisa memperbesar peluang hidup Anda. Pernyataan ini didukung oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa menghabiskan waktu selama 20 menit dengan menikmati alunan musik saat nonton konser, bisa meningkatkan rasa nyaman dan tenang hingga 21 persen lebih tinggi.

Tidak hanya sampai di situ, penelitian mengenai manfaat menonton konser terhadap kesehatan juga dilakukan oleh Patrick Fagan dan beberapa peneliti lainnya dari Goldsmith University.

Penelitian yang melibatkan responden dalam tes psikometri dan tes detak jantung ini, menunjukkan hasil bahwa orang yang menghadiri pertunjukan musik mengalami peningkatkan perasaan bahagia serta kedekatan dengan orang lain sebanyak 25 persen. Di sisi lain, konser musik mampu memperbaiki suasana hati dan kesehatan mental 75 persen lebih baik dari sebelumnya.

Temuan ini juga diperkuat oleh sebuah studi dari University of Missouri, penelitian yang dimuat dalam The Journal of Positive Psychology mendapatkan hasil bahwa musik yang bisa dinikmati dan membawa sensasi bahagia pada tubuh, ternyata bisa memberikan efek positif yang signifikan pada perubahan kesehatan yang lebih baik.

orang tuli menikmati musik

Tak menonton konser, ada cara lain untuk mendapatkan semua manfaat itu

Meski menghadiri pertunjukkan musik merupakan ide yang bagus, tapi Anda tidak harus selalu menghadiri konser musik untuk melepas penat dan stres yang melanda. Masih ada banyak cara lain untuk mendengarkan musik yang bisa Anda lakukan dalam aktivitas sehari-hari:

  • Dengarkan lagu menggunakan headphone saat sedang bekerja di kantor
  • Nikmati perjalanan Anda selama berada di mobil dengan menyetel lagu favorit Anda
  • Mendengarkan lagu saat sedang memasak bisa jadi pilihan selain menyetel televisi
  • Luangkan waktu untuk mempelajari cara memainkan alat musik
  • Sesekali, pilih restoran atau kafe yang menyediakan live music saat makan di luar rumah
  • Gunakan internet untuk mencari berbagai lagu favorit Anda

Pada intinya, menonton konser musik sah-sah saja untuk Anda lakukan. Namun tentu saja, konser musik bukan satu-satunya cara untuk menghibur diri. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk pergi menghadiri pertunjukkan musik, atau sudah terlalu sering datang ke konser musik dan ingin cara lainnya, cobalah menikmati lagu dengan cara lainnya. Misalnya, dengan sekadar menyalakan lagu di HP sambil menikmati waktu sendirian di kamar, juga bisa membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mencium bau badan

Kenapa, Sih, Kita Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit