Suka Nonton Konser? Yuk, Intip Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di era modern seperti sekarang ini, musik nampaknya telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang. Tak heran, banyak orang yang mendengarkan musik sambil bekerja, belajar, maupun ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, semakin meningkatnya ketertarikan masyarakat akan musik, semakin menjamur pula konser musik yang menawarkan beragam genre musik favorit Anda. Nah, apakah Anda termasuk orang yang selalu tertarik untuk nonton konser musik? Ini manfaatnya bagi kesehatan menurut para peneliti.

Nonton konser ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kok, bisa?

Menonton konser musik memang menawarkan pengalaman menarik tersendiri yang sulit untuk dilupakan. Terlebih bagi Anda yang sudah cukup penat akibat aktivitas yang padat sehari-hari.

Jika Anda adalah seorang penikmat musik, tentu Anda tahu bahwa menikmati musik bisa memberikan efek rileks sekaligus mengusir stres. Entah mendengarkannya melalui HP, radio, komputer, televisi, atau bahkan secara langsung dengan nonton konser musik.

Dilansir dari laman Huffington Post, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Music di London, bahwa pergi nonton konser musik ternyata bisa meredakan stres dan kecemasan yang Anda rasakan. Bagaimana bisa?

Begini, ketika Anda sedang diselimuti oleh rasa cemas berlebih, maka produksi hormon kortisol, DHEA, progesteron, dan testosteron akan meningkat. Nah, sementara saat Anda menghadiri sebuah konser musik, kadar hormon kortisol itu mulai perlahan menurun. Itu sebabnya, nonton konser musik disinyalir mampu meredakan stres dan kecemasan.

Menikmati lagu di konser juga bisa memperpanjang usia

Menariknya lagi, menikmati musik saat konser dipercaya bisa memperbesar peluang hidup Anda. Pernyataan ini didukung oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa menghabiskan waktu selama 20 menit dengan menikmati alunan musik saat nonton konser, bisa meningkatkan rasa nyaman dan tenang hingga 21 persen lebih tinggi.

Tidak hanya sampai di situ, penelitian mengenai manfaat menonton konser terhadap kesehatan juga dilakukan oleh Patrick Fagan dan beberapa peneliti lainnya dari Goldsmith University.

Penelitian yang melibatkan responden dalam tes psikometri dan tes detak jantung ini, menunjukkan hasil bahwa orang yang menghadiri pertunjukan musik mengalami peningkatkan perasaan bahagia serta kedekatan dengan orang lain sebanyak 25 persen. Di sisi lain, konser musik mampu memperbaiki suasana hati dan kesehatan mental 75 persen lebih baik dari sebelumnya.

Temuan ini juga diperkuat oleh sebuah studi dari University of Missouri, penelitian yang dimuat dalam The Journal of Positive Psychology mendapatkan hasil bahwa musik yang bisa dinikmati dan membawa sensasi bahagia pada tubuh, ternyata bisa memberikan efek positif yang signifikan pada perubahan kesehatan yang lebih baik.

orang tuli menikmati musik

Tak menonton konser, ada cara lain untuk mendapatkan semua manfaat itu

Meski menghadiri pertunjukkan musik merupakan ide yang bagus, tapi Anda tidak harus selalu menghadiri konser musik untuk melepas penat dan stres yang melanda. Masih ada banyak cara lain untuk mendengarkan musik yang bisa Anda lakukan dalam aktivitas sehari-hari:

  • Dengarkan lagu menggunakan headphone saat sedang bekerja di kantor
  • Nikmati perjalanan Anda selama berada di mobil dengan menyetel lagu favorit Anda
  • Mendengarkan lagu saat sedang memasak bisa jadi pilihan selain menyetel televisi
  • Luangkan waktu untuk mempelajari cara memainkan alat musik
  • Sesekali, pilih restoran atau kafe yang menyediakan live music saat makan di luar rumah
  • Gunakan internet untuk mencari berbagai lagu favorit Anda

Pada intinya, menonton konser musik sah-sah saja untuk Anda lakukan. Namun tentu saja, konser musik bukan satu-satunya cara untuk menghibur diri. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk pergi menghadiri pertunjukkan musik, atau sudah terlalu sering datang ke konser musik dan ingin cara lainnya, cobalah menikmati lagu dengan cara lainnya. Misalnya, dengan sekadar menyalakan lagu di HP sambil menikmati waktu sendirian di kamar, juga bisa membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit